PENGEMBANGAN PERANGKAT BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL

Main Article Content

Subyantoro Subyantoro

Abstract

Tujuan penelitian tentang bagaimanakah model bercerita berbasis analisis fungsi tokoh cerita anak-anak adalah untuk mendapatkan prototipa model bercerita dengan berbasis analisis fungsi tokoh cerita anak-anak yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia operasional konkret melalui pendekatan penelitian dan pengembangan.  Penggunaan model bercerita melalui buku panduan bercerita dan VCD bercerita ternyata memampukan anak-anak mendapatkan gambaran dan melaksanakan kegiatan bercerita yang mengarah pada pengembangan kecerdasan emosional. Keadaan yang demikian ini terlihat dari kecenderungan meningkatnya kecerdasan emosional anak-anak usia operasional konkret yang dijadikan sebagai uji coba model. Pelaksanaan pembelajaran bercerita atau pemberian cerita kepada anak akan bermakna apabila cerita yang dipilih memperhatikan aspek-aspek psikologis anak yang mencakup jenis cerita, cara bercerita, tema cerita, tokoh cerita, alur cerita, dan latar cerita; adanya penjalinan interaksi dalam proses penceritaan antara penyimak dan pencerita, dan diberikannya tindak lanjut yang bermakna bagi anak.

Article Details

How to Cite
Subyantoro, S. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Jurnal Teknodik, 12(1), 055–063. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.420
Section
Articles