PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA VERSI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.414

Keywords:

laboratorium maya, android, konsep sudut

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi sudut di kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sudut menggunakan laboratorium maya versi android. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami konsep sudut setelah belajar menggunakan laboratorium maya versi android pada siklus pertama dengan teman sebangku dan laboratorium maya versi android secara individu pada siklus kedua. Indikasi peningkatan hasil belajar didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua.

 

The background of this research is the less mastery of Grade VIII E Junior High School students of Muhammadiyah 1 Surabaya on Mathematical concept of angle. It is caused by the selection of learning media to be used in the classroom. The objective of this research is to improve the students’ understanding on mathematical concept of anglesby using virtual laboratory of android version. This research isconducted in two cycles and each cycle begins with planning, action, observation, and reflection. The sample of this research is 36 students of Grade VIII E Junior High School students of Muhammadiyah 1 Surabaya in 2018/2019 school year.The data collected in this study is based on the process assessment obtained from the students learning activities and assessment at the end of each cycle. Then, the data is analyzed to obtain an overview of the success or failure of the learning that has been conducted. The result shows that there is an increase in the students’ learning achievement inunderstanding the mathematical concept of angles after having learned the use of (1) virtual laboratory of android version in the first cycle with peer; and (2) virtual laboratory of android version individually in the second cycle. The indicatoion of learning achievement increase is based on the scores at the first and second cycles.

Author Biography

Raden Roro Martiningsih, SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Education

References

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Amin, A. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran

Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan

Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, (Penelitian Dilakukan

Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran

/2015). Jurnal Magistra No. 94 Th. XXVII Desember

ISSN 0215-9511. Semarang: Universitas Wahid

Hasyim.

Astuti, Irnin Agustina Dwi. (2018). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan

Aplikasi Appyre di SMK Bina Mandiri Depok.Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 24 No. 2, April -

Juni 2018 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-

Medan: Universitas Negeri Medan.

Dasmo, dkk. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning

Berbasis Android.Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika

JRKPF UAD Vol.4 No.2 Oktober 2017. Yogyakarta:

Universitas Ahmad Dahlan.

Ependi. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android

sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmiah Matrik Vol.17 No.2, Agustus 2015:109-122.

Palembang:Palembang Universitas Bina Darma.

Hardinata, Restu. (2018). Pengembangan Mobile

Learning Sistem Koordinasi Berbasis

Android.Jurnal Bioeduscience 2018, 2 (1): 53- 58..

Jakarta: UHAMKA.

Hikmah, dkk. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.Jurnal

EduChemia,(Jurnal Kimia dan Pendidikan) Vol.2, No.2, Juli

Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Iqbal. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika

pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Peserta didik SMA

Berbasiss Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.

, No.02, hlm 20-24, 2016. Aceh:Universitas Syiah Kuala.

Irfan, M. (2016). Pemanfaatan Gadget dalam Pembelajaran

Matematika Serta Pengaruhnya pada Mahasiswa yang

Mengalami Math Anxiety di Universitas Sarjanawiyata

Tamansiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial.

Jurnal Pembelajaran Matematika Tahun III Nomor 1, Januari

Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Irwanto. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran

Kimia SMA. Holistik Journal For Islamic Social Sciences,

Agustus 2017. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android oleh

Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi dalam Mengakses

Informasi Edukatif (Studi Pada Mahapeserta didik Ilmu

Komunikasi Fispol Unsrat). Jurnal UNSRAT Volume III. No. 1.

Tahun 2014. Manado:UNSRAT.

Jumarlis, Mila. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah

Berbasis Augmented Reality. IlkomMakassar: ILKOM Jurnal

Ilmiah Volume10 Nomor 1, April 2018.Makassar:Universitas

Muslim Indonesia.

Kuswanto, Joko. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android

Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.

Jurnal Media Infotama Vol. 14 No. 1, Februari 2018.

Bengkulu:Universitas Dehasen.

Mamentu. (2013). Manajemen Pendidikan Dan Pengajar Pada

SMA Negeri Remboken Kabupaten Minahasa. IOSR Journal

of Research & Method in Education (IOSR- JRME) e-ISSN:

–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 3, Issue 5 (Nov.–

Dec. 2013), pp.58-66.New Delhi:International Organization

Of Scientific Research (IOSR).

Marlinda, Linda. (2015). Pengaruh CD Education dan Animasi

Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SMU IPA .

Prosiding, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran

Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015. Bandung:

Institut Teknologi Bandung.

Murtiwiyati. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran

Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis

Android. Jurnal Ilmiah Komputasi Volume 12 Nomor: 2,

Desember 2013, ISSN: 1412-9434. Jakarta:STMIK Jakarta

STI&K.

Mutmainah, Siti. (2017). Studi Kelayakan Pengembangan

Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajar. Jurnal TEKNODIK

Vol. 21 No.1, Juni 2017. Ciputat-Tangerang Selatan:

Pustekkom Kemendikbud.

Muyaroah, Siti. (2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan

Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran

Biologi.Jurnal UNESInnovative Journal of Curriculum and

Educational Technology IJCET 6 (2) (2017).

Semarang:UNES.

Nirwana, Ratih Rizqi. (2011). Pemanfaatan Laboratorium Virtual

dan E-Reference dalam Proses Pembelajaran dan Penelitian

Ilmu Kimia. Jurnal Phenomenon, Volume 1 Nomor

, Juli 2011. Semarang: Universitas IslamNegeri Walisongo.

Pujakusuma, Galih Agustinus. (2018). Game “Incredible Mathâ€

Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Virtual

Reality. Prosiding. SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika,

Maret 2018.Cirebon: Unswagati.

Pujiati, Anik. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran

(Berbantuan Laboratorium Virtual dan Minat Belajar

terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Kimia. Jurnal Formatif

(3): 182-189 ISSN: 2088- 351XJakarta: Univerisitas

Indraprasta PGRI. Sulisworo, D. (2014). Pengembangan

Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif Secara

Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Journal of

Curriculum and Educational Technology Studies. IJCETS 3

(1) (2014): 56-63. Semarang: Universitas Negeri

Semarang.

Wijaya, Etistika Yuni. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21

Sebagai Tuntutan Perkembangan Sumber Daya Manusia di

Era Global . Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan

Matematika 2016 di Universitas Kanjuruhan Malang.

Volume 1 Tahun 2016- ISSN 2528-259X. Malang:

Universitas Kanjuruhan.

Yulianti, D. (2012). Penerapan Virtual Experiment Berbasis

Inkuiri untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa.

Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) 127-134.

Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yuliawati, Lilik. (2018). Pemanfaatan Mobile Assisted Language

Learning (MALL) Melalui Aplikasi Berbasis Android

dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Mandiri.

Prosiding. Seminar Nasional Kaluni Volume

-2018 Gedung Guru DKI Jakarta 21 April

Jakarta: Keluarga Alumni Universitas

Indraprasta PGRI.

Yuntoto, Singgih. (2015). Pengembangan Aplikasi Android

Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian

Sistem Pengendali Elektronik Pada Peserta didik

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Martiningsih, R. R. (2020). PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA VERSI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT. Jurnal Teknodik, (2), 61–72. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.414

Citation Check