PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA VERSI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.414Keywords:
laboratorium maya, android, konsep sudutAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi sudut di kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sudut menggunakan laboratorium maya versi android. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami konsep sudut setelah belajar menggunakan laboratorium maya versi android pada siklus pertama dengan teman sebangku dan laboratorium maya versi android secara individu pada siklus kedua. Indikasi peningkatan hasil belajar didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua.
Â
The background of this research is the less mastery of Grade VIII E Junior High School students of Muhammadiyah 1 Surabaya on Mathematical concept of angle. It is caused by the selection of learning media to be used in the classroom. The objective of this research is to improve the students’ understanding on mathematical concept of anglesby using virtual laboratory of android version. This research isconducted in two cycles and each cycle begins with planning, action, observation, and reflection. The sample of this research is 36 students of Grade VIII E Junior High School students of Muhammadiyah 1 Surabaya in 2018/2019 school year.The data collected in this study is based on the process assessment obtained from the students learning activities and assessment at the end of each cycle. Then, the data is analyzed to obtain an overview of the success or failure of the learning that has been conducted. The result shows that there is an increase in the students’ learning achievement inunderstanding the mathematical concept of angles after having learned the use of (1) virtual laboratory of android version in the first cycle with peer; and (2) virtual laboratory of android version individually in the second cycle. The indicatoion of learning achievement increase is based on the scores at the first and second cycles.
References
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Amin, A. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran
Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan
Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, (Penelitian Dilakukan
Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran
/2015). Jurnal Magistra No. 94 Th. XXVII Desember
ISSN 0215-9511. Semarang: Universitas Wahid
Hasyim.
Astuti, Irnin Agustina Dwi. (2018). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan
Aplikasi Appyre di SMK Bina Mandiri Depok.Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 24 No. 2, April -
Juni 2018 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-
Medan: Universitas Negeri Medan.
Dasmo, dkk. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning
Berbasis Android.Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
JRKPF UAD Vol.4 No.2 Oktober 2017. Yogyakarta:
Universitas Ahmad Dahlan.
Ependi. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android
sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar.
Jurnal Ilmiah Matrik Vol.17 No.2, Agustus 2015:109-122.
Palembang:Palembang Universitas Bina Darma.
Hardinata, Restu. (2018). Pengembangan Mobile
Learning Sistem Koordinasi Berbasis
Android.Jurnal Bioeduscience 2018, 2 (1): 53- 58..
Jakarta: UHAMKA.
Hikmah, dkk. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.Jurnal
EduChemia,(Jurnal Kimia dan Pendidikan) Vol.2, No.2, Juli
Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Iqbal. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika
pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Peserta didik SMA
Berbasiss Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.
, No.02, hlm 20-24, 2016. Aceh:Universitas Syiah Kuala.
Irfan, M. (2016). Pemanfaatan Gadget dalam Pembelajaran
Matematika Serta Pengaruhnya pada Mahasiswa yang
Mengalami Math Anxiety di Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial.
Jurnal Pembelajaran Matematika Tahun III Nomor 1, Januari
Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Irwanto. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran
Kimia SMA. Holistik Journal For Islamic Social Sciences,
Agustus 2017. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android oleh
Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi dalam Mengakses
Informasi Edukatif (Studi Pada Mahapeserta didik Ilmu
Komunikasi Fispol Unsrat). Jurnal UNSRAT Volume III. No. 1.
Tahun 2014. Manado:UNSRAT.
Jumarlis, Mila. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah
Berbasis Augmented Reality. IlkomMakassar: ILKOM Jurnal
Ilmiah Volume10 Nomor 1, April 2018.Makassar:Universitas
Muslim Indonesia.
Kuswanto, Joko. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android
Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.
Jurnal Media Infotama Vol. 14 No. 1, Februari 2018.
Bengkulu:Universitas Dehasen.
Mamentu. (2013). Manajemen Pendidikan Dan Pengajar Pada
SMA Negeri Remboken Kabupaten Minahasa. IOSR Journal
of Research & Method in Education (IOSR- JRME) e-ISSN:
–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 3, Issue 5 (Nov.–
Dec. 2013), pp.58-66.New Delhi:International Organization
Of Scientific Research (IOSR).
Marlinda, Linda. (2015). Pengaruh CD Education dan Animasi
Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SMU IPA .
Prosiding, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran
Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015. Bandung:
Institut Teknologi Bandung.
Murtiwiyati. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran
Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis
Android. Jurnal Ilmiah Komputasi Volume 12 Nomor: 2,
Desember 2013, ISSN: 1412-9434. Jakarta:STMIK Jakarta
STI&K.
Mutmainah, Siti. (2017). Studi Kelayakan Pengembangan
Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajar. Jurnal TEKNODIK
Vol. 21 No.1, Juni 2017. Ciputat-Tangerang Selatan:
Pustekkom Kemendikbud.
Muyaroah, Siti. (2017). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan
Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran
Biologi.Jurnal UNESInnovative Journal of Curriculum and
Educational Technology IJCET 6 (2) (2017).
Semarang:UNES.
Nirwana, Ratih Rizqi. (2011). Pemanfaatan Laboratorium Virtual
dan E-Reference dalam Proses Pembelajaran dan Penelitian
Ilmu Kimia. Jurnal Phenomenon, Volume 1 Nomor
, Juli 2011. Semarang: Universitas IslamNegeri Walisongo.
Pujakusuma, Galih Agustinus. (2018). Game “Incredible Mathâ€
Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Virtual
Reality. Prosiding. SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika,
Maret 2018.Cirebon: Unswagati.
Pujiati, Anik. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran
(Berbantuan Laboratorium Virtual dan Minat Belajar
terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Kimia. Jurnal Formatif
(3): 182-189 ISSN: 2088- 351XJakarta: Univerisitas
Indraprasta PGRI. Sulisworo, D. (2014). Pengembangan
Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif Secara
Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Journal of
Curriculum and Educational Technology Studies. IJCETS 3
(1) (2014): 56-63. Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Wijaya, Etistika Yuni. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21
Sebagai Tuntutan Perkembangan Sumber Daya Manusia di
Era Global . Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan
Matematika 2016 di Universitas Kanjuruhan Malang.
Volume 1 Tahun 2016- ISSN 2528-259X. Malang:
Universitas Kanjuruhan.
Yulianti, D. (2012). Penerapan Virtual Experiment Berbasis
Inkuiri untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa.
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) 127-134.
Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yuliawati, Lilik. (2018). Pemanfaatan Mobile Assisted Language
Learning (MALL) Melalui Aplikasi Berbasis Android
dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Mandiri.
Prosiding. Seminar Nasional Kaluni Volume
-2018 Gedung Guru DKI Jakarta 21 April
Jakarta: Keluarga Alumni Universitas
Indraprasta PGRI.
Yuntoto, Singgih. (2015). Pengembangan Aplikasi Android
Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian
Sistem Pengendali Elektronik Pada Peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):