PROSES BELAJAR: TANTANGAN DALAM PENELITIAN BIDANG PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

Authors

  • Joko Susanto

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.392

Abstract

Mulitmedia Interaktif adalah suatu medium yang menyediakan interaktivitas yang lebih luas bila dibandingkan dengan media lain. Salah satu bentuk dari interaktivitas yang disediakan oleh multimedia adalah learner control. Learner control adalah suatu kontrol yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menjelajahi isi dari multimedia. Ada 3 jenis learner control: content control, pace control, and display control. Adanya learner control memberikan suatu nilai tambah di dalam multimedia yakni memberikan pilihan bagi pengguna (personalize) sesuai dengan selera dan kemampuannya. Di dalam suatu multimedia , dengan adanya GUI (Graphical User Interface), mungkin saja suatu learner control telah tersedia secara inheren; tetapi akan lebih bermanfaat bagi pengguna bila learner control ini dirancang sejak awal sehingga learner control ini menyatu dengan materi yang diberikan. Tulisan ini mencoba membedah sedikit interaktivitas pada umumnya dan learner control pada khususnya serta mengkaji bagaimana penerapan learner control dalam suatu multimedia pembelajaran interaktif.

References

Ausubel, D.P., J.D. Novak and H. Hanesian. Educational

Psychology A Cognitive View. 2nd Ed. Hot, Rinehart and Winston Inc. New York, Chicago, Sab

Francisco, Toronto, London

Deutsche Gessellschaft Fur Technische Zusammenarbeit (D-GTZ).

ZOPP An Introduction To The Method, 1988.

Fukuyama, F. The Great Disruption Human Nature and The

Reconstitution Of Social Order.

Simon and Schuster, New York, London, Toronto, Sidney and

Singapore, 1999.

Popenoe, D. Sociology. 7th Ed. New Jersey: Prentice Hall, Englewood

Cliffs, 1989.

Ruben, B:D: Communication And Human Behavior: 2nd Ed: Macmillan

Publishing Company, New York, 1988:

Sen, A. Poverty and Famines An Essay on Entitlement and Deprivation.

Glarendon Press, Oxford, 1982.

Thorndike, R.L. The Concept of Over and Under Achievement. New

York: Columbia University Teachers College, 1963.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

Susanto, J. (2018). PROSES BELAJAR: TANTANGAN DALAM PENELITIAN BIDANG PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MASYARAKAT. Jurnal Teknodik, 10(19), 039–055. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.392

Citation Check