MATERI MATEMATIKA YANG BELUM DIKUASAI SISWA: Analisis Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C Tahun 2003/2004

Main Article Content

Safari Safari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan berikut. Materi-materi mana yang belum dikuasai siswa pesersta ujian nasioal Paket A, B, dan C tahun 2003/2004 untuk mata pelajaran Matematika? Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 40 butir soal mata pelajaran Matematika yang masing-masing dijawab oleh peserta Paket A= 12855 siswa, Paket B= 35497 siswa, Paket C IPA= 413 siswa, maka diperoleh tiga hasil penelitian seperti berikut ini. Pertama, penguasaan materi Matematika pada Paket A yang kurang dari 50% adalah 14 (35%) materi, penguasaan materi 50%-70% adalah 16 (40%) materi, dan penguasaan materi di atas 70% adalah 10 (25%) materi. Kedua, penguasaan materi Matematika pada Paket B yang kurang dari 50%  adalah 11 (28%) materi, penguasaan materi 50%-70% adalah 22 (55%) materi, dan penguasaan materi di atas 70% adalah 7 (17%) materi. Ketiga, penguasaan materi Matematika pada Paket C IPA yang kurang dari 50%  adalah 31 (77,5%) materi, penguasaan materi 50%-70% adalah 9 (22,5%) materi, dan penguasaan materi di atas 70% adalah 0 (0%) materi.  Untuk mengetahui nama-nama kemampuan/materi yang dimaksud, pembaca dapat membaca pada hasil penelitian ini. Selamat membaca!

Article Details

How to Cite
Safari, S. (2018). MATERI MATEMATIKA YANG BELUM DIKUASAI SISWA: Analisis Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C Tahun 2003/2004. Jurnal Teknodik, 4(15), 117–134. https://doi.org/10.32550/teknodik.v4i15.386
Section
Articles

References

Devito, Affred. (1990). Creative Wellstrings for Science Teaching.(Second Edition). USA.Ebel, Robert L. and Frisbie, David A. (1991). Essentials of EducationalMeasurement. New Jersey: Prentice Hall.Gonczi, Andrew (Editor). (1992). Developing a Competent Workforce.Adelaide: National Centre for Vocational Education Research Ltd.Haladyna, Thomas M. (1994). Developing and Validating Multiple-choiceTest Items. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.Heaton, J.B. (1990). Classroom Testing. London: Longman.Holland, P.W. & Thayer, D.T. (1988). Test Validity. New Jersey: LawrenceErlbaum Associates, Publishers.Linn, Robert L. and Gronlund, Norman E. (1995). Measurement andAssessment in Teaching. (Seventh Edition). Ohio: Prentice-Hall, Inc.

Lord, F.M. (1952). A Theory of Test Scores. USA: Educational TestingService.Marzano, Robert J. et al. (1988). Demensions of Thingking: A Frameworkfor Curriculum and Instruction. Virginia: Association for Supervisionand Curriculum Development.Messick, Samuel. (1993). “Validity,†Educational Measurement, ThirdEdition, ed. Robert L. Linn. New York: American Council on Educationand Macmillan Publishing Company, A Division of Macmillan, Inc.Millman, Jason and Arter, Judith A. Issues in Item Banking. In Journalof Educational Measurement, Volume 21, No. 4, Winter 1984, p.315.Millman, Jason and Greene, Jennifer. (1993). The Specification andDevelopment of Tests of Achievement and Ability. In EducationalMeasurement. Third Edition. Edited by Robert L. Linn. Phoenix:American Council on Education, Series on Higher Education, OryxPress.Mueller, Daniel J. (1986). Measuring Social Attitudes: A Handbook forResearchers and Practitioners. New York: Teacher College,Columbia University.Nitko, Anthony J. (1996). Educational Assessment of Students, SecondEdition. Ohio: Merril, an imprin of Perntice Hall.Oosterhof, Albert C. (1990). Classroom Applications of EducationalMeasurement. Ohio: Merrill Publishing Company.Popham, W. James. (1995). Classroom Assessment: What TeachersNeed to Know. Boston: Allyn and Bacon.Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, BalitbangDikbud. (1993/1994). Bahan Penataran Pengujian Pendidikan.Jakarta.Raths, L. E. et al. (1996). Value and Teaching: Working with Value inClassroom . Clumbus: Charles E. Merill Publishing, Co.Safari. (2000). Kaidah Bahasa Indonesia dalam Penulisan Soal. Jakarta:PT Kartanegara.Stufflebeam, Daniel L. et al. (1971). Educational Evaluation and DecisionMaking. Illinois: F. E. Peacock Publishers, Inc.Tinkelman, S.N. (1971). Planning the Objective Test. EducationalMeasurement (Second Ed.). Washington D.C.: American Countcilon Education.