PENGARUH PEMBERIAN BAHAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH RANGKAIAN DASAR LISTRIK

Main Article Content

Faried Wadjdi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian bahan ajar terhadap hasil belajar pada matakuliah rangakain dasar listrik. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta pada bulan Agustus 2003 sampai dengan September 2004. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Langkah penelitian yang dilakukan dengan membuat dua kelompok sampel, kelompok X1 diberikan bahan ajar, dan kelompok X2 ditugaskan membaca buku literatur diperpustakaan. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji persyaraatan. Ujian persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji lilliefors, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan c2 Dari hasil uji normalitas pada taraf signifikan a = 0.05 diperoleh Lhitung < Lhitung atau 0.1721 < 0.190, maka dapat dinyatakan data penelitian berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas dilakukan dengan c2 pada taraf signifikan a = 0.05 diperoleh Lhitung < Ltabel atau 0.1767 < 0.190 Berdasarkan hasil perhitungan dengan mengunakan t-tes diperoleh thitung sebesar 1,43 dan bila dikonsultasikan pada tabel distribusi t pada taraf signifikan a = 0.05 diperoleh ttabel 0.05: (38) = 1.68, atau thitung < ttabel , 1,43 < 1,48, berarti pengaruh pemberian

Article Details

How to Cite
Wadjdi, F. (2018). PENGARUH PEMBERIAN BAHAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH RANGKAIAN DASAR LISTRIK. Jurnal Teknodik, 4(15), 104–116. https://doi.org/10.32550/teknodik.v4i15.385
Section
Articles

References

Arief S. Sadiman. Perencanaan Sistem Instruksional. Jakarta: PPS IKIP, Jakarta, 1992.

B.R. Bugelski. The Psichologi of Learning applied to Teaching. New York: The Bobb Merril co., 1984.

Cony Semiawan Stambioel, Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. 1990.

Fred Percival dan Hendry Ellington. Teknologi Pendidikan, diterjemahkan oleh Sudjarwo. Jakarta: Erlangga, 1988.

Gordon H. Bower & Ernes R. Hilgard. Theories of Learning. Englewood Cliffs New Yersey: Prentice Hall, Inc., 1981.

Margaret E. Bell Gredler. Belajar dan Membelajarkan. Terjemahan oleh Munandir. Jakarta: Rajawali, 1991.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung:PT.Nana Sudjana, Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru Bandung,1991

Nana Syaodih Sukmadinata. Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum . Jakarta: Depdikbud Proyek PLPTK. 1988.

Paulina Pannen dan Purwanto, Penulisan Bahan Ajar, Dalam Mengajar di Perguruan Tinggi, (Program Applied Approach) Bagian 4. Jakarta: UT. 1997

Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar: Jakarta, Erlangga, 1984.

Robert M. Gagne dan L.J. Briggs. Principles of Instructional Desing. New York: Holt, Rinehard and Winston, 1989

Robert M. Gagne. Essential of Learning for Instruction. Hinsdale, illinois:The Dryden Press, 1975.

Robert M. Gagne. The Conditions of Learning. New Yord: Holt, Rinehard and Winston, 1987.

Sabarti. A.M.K. Evaluasi Dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti, 1988

Yusufhadi Miarso, Defenisi Teknologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali,198