DAMPAK BIMTEK DARING PEMBATIK LEVEL DUA TERHADAP KEMAMPUAN TIK GURU PROVINSI JAWA TIMUR

Main Article Content

Raden Roro Martiningsih

Abstract

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan Pustekkom, yang kini bernama Pusdatin, dalam menyosialisasikan Portal Rumah Belajar kepada guru sehingga guru perlu menjaring Duta Rumah Belajar Tahun 2018 melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang dilaksanakan tahun 2018 secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Bimtek PembaTIK Level 2 yang diikuti oleh peserta dari Jawa Timur. Bagaimanaupaya peserta Bimtek menyelesaikan tugasnya? Apa manfaat Bimtek bagi peserta? Apa hambatan yang dialami peserta selama Bimtek berlangsung? Bagaimana  solusi pemecahan masalahnya? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan online survey. Responden dalam penelitian ini adalah 240 pendidik yang menjadi peserta Bimtek Daring PembaTIK Level 2. Data diperoleh dari online survey, observasi, dan wawancara 76 guru dinyatakan lulus. Dampak Bimtek Daring bagi peserta adalah memudahkan guru untuk mengikuti pelatihan. Mereka dapat mengikuti pelatihan dari mana saja, kapan saja, dan tentunya dengan biaya yang lebih murah. Hambatan yang dialami peserta adalah rasa tidak percaya diri. Mereka khawatir bersaing dengan guru lain yang lebih hebat. Selain itu, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung aktivitas peserta Bimtek Daring PembaTIK Level 2 juga merupakan pemicu peserta menjadi tidak aktif. Hambatan tersebut diatasi dengan komunikasi yang baik antara peserta dan fasilitator. Ambassador of Rumah Belajar is an extension of Pustekkom, which is now named Pusdatin, in socializing the Rumah Belajar Portal to teachers, so it is necessary to capture the Ambassador of Rumah Belajar in 2018 through Online Technical Training. The objective of this study is to describe the impact of Level 2 of PembaTIK Online Technical Training in 2018 in East Java: How the participants do their assignments; What benefit they can get from the Online Technical Training; What obstacles they face during the training; and How they solve the obstacles. This study is a descriptive study with online survey. The respondents of this study are 240 teachers who participate in PembaTIK Online Technical Training of Level Two. The data is acquired from online survey, observation, and interview. Seventy- six teachers are declared to pass the training. The impact of PembaTIK Online Technical Training is that the participants find it easier for them to attend a training. They do not have to come to Pusdatin. They can attend a training from anywhere, at any time, and with lower budget. The obstacles that the participants face is that they are unconfident to compete with other teachers. Besides, the lack of infrastructure that can support the participants’ activities in PEMBATIK Online Technical Training of Level Two is also an obstacle that contribute to the participants’ inactivity. The obstacle is solved by performing good communication between the participants and the facilitators.

Article Details

How to Cite
Martiningsih, R. R. (2021). DAMPAK BIMTEK DARING PEMBATIK LEVEL DUA TERHADAP KEMAMPUAN TIK GURU PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Teknodik, 25(1), 43–54. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.378
Section
Articles
Author Biography

Raden Roro Martiningsih, SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Duta Rumah Belajar

References

Adiyanta, F.C. Susila. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris.Universitas Diponegoro.Adminitrative Law & Governance Journal. Volume 2 Issue 4, Nov 2019 ISSN. 2621 – 2781 Online

Administrative Law & Governance Journal. Volume 2 Issue 4, November 2019.

Astuti, Ratih Artwiantini. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Empat Pilar Pendidikan dengan Tema Pantai untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP/MTs. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Inkuiri. Vol 5, No. 2, 2016ISSN: 2252-7893,

(hal 40-51).

Damanik, Renata DN. (2020). Tata Kelola Pelaksanaan E-Learning Dalam Peningkatan Kinerja Penyelenggaraan Pelatihan Dalam Masa Covid-19. Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Kementerian Pertanian RI. Jurnal Agri Widya (Menginspirasi Untuk Pelatihan Yang Lebih Baik). VOLUME 1 NO. 3 - SEPTEMBER 2020.

Elyas, Ananda Hadi. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Universitas Dharmawangsa. Jurnal Warta. Edisi: 56 April 2018 | ISSN: 1829-7463

Universitas Dharmawangsa.

Fitriyadi, Herry. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 21, Nomor 3, Mei 2013.

Hariani, Pipit Putri, dkk. (2020). Pemanfaatan E- Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. | Vol. 3 No. 2 Juli 2020.

Hidayat. (2017). Pengaruh Diklat (Pendidikan Dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Bank BPR Rokan Hulu. Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 6 No. 1 Januari 2017.

Julifan, Joko Ahmad. (2015). Efektifitas Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol.XXII No. 2 Oktober 2015.

Kornelius. (2014). Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 27 Sendawan Kabupaten Kutai Barat. Universitas Mulawarman. eJournal Administrative Reform. 2014, 2 (3): 1811-1823 ISSN 2338-7637, ar.mian.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2014.

Kurnianingsih, Indah. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.

Universitas Negeri Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. JPKM. Vol. 3, No. 1, September 2017, Hal 61-76 DOI: http://doi.org/10.22146/jpkm.25370.ISSN 2460-9447 (print), ISSN 2541-5883 (online).

Kurniati, Dian. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Analisis Real Berbasis Web Dalam Bentuk E-Learning. Universitas Jember. Jurnal Kadikma. Vol. 5, No. 3, hal 1-

, Desember 2014.

Landistyas, Lutfandita. (2012). Rancang Bangun Pengelolaan Data Peserta Diklat Berbasis Web (Studi Kasus: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY). Universitas Amikom Yogyakarta. Jurnal Dasi. Vol. 13 No. 1 Maret 2012 ISSN: 1411-3201.

Linarwati, Mega. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Universitas Pandanaran Kudus. Journal of Management. Vol. 2 No. 2, Maret 2016.

Mardawani, dkk. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Google Classroom Bagi Guru Di SMP Negeri 6 Sintang 2020. STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang. Jurnal PEKAN. Vol.5 No.2 Edisi November 2020.

Marti. (2018). Pelajar Abad 21 Harus Kuasai Empat Pilar Hidup. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Surabaya. Majalah Online. PWMU.https://pwmu.co/70728/07/30/pelajar- abad-21-harus-kuasai-empat-pilar-hidup- seperti-ini/.

Mulyadi, Rindy. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Menggunakan “Portal Rumah Belajar Kemendikbud†Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. repository.upi.edu.

Mustofa, Mokhamad Iklil. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud. go.id).

Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019): 151-160 DOI: http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067 Copyright © 2019 WJIT: Walisongo Journal of Information Technology WJIT: Walisongo Journal of Information Technology – Vol.1 No. 2 (2019) 151.

Mutmainah, Siti. (2017). Studi Kelayakan Pengembangan Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajar. Jurnal Teknodik. Pustekkom Kemendikbud.

Nova, Sari Puti. (2018). Efektivitas Komunikasi

Pekanbaru. Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa. JOM JOM FISIP. Vol. 5 No. 1 April 2018 FISIP Vol. 5 No. 1 April 2018.

Permatasari, Indah. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang. LPPM STMIK Atma Luhur. Jurnal SISFOKOM. Volume 07, Nomor 01, Maret

Richardo, Rino. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan profesionalisme Guru di Abad 21. Universitas Sebelas Maret. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978-602- 6122-20-9 hal 777-785 November 2016 http:/

/jurnal.fkip.uns.ac.id.

Sadikin, Ali. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic) Ali Sadikin. BIODIK Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224.

Salsabila, Unik Hanifah. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN 2685-7642 | e- ISSN 2685-8207 Vol.2 No.2 Desember 2020 Hal 1-13 1.

Setiawan, Tabah Heri. (2020). Pelatihan Daring Teknologi Pembelajaran. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion. Vol. 01 No. 01, Agustus 2020.

Susilawati, Eni. (2016). Analisis SWOT Penyelenggaraan Diklat Online Teknologi Informasi dan Komuikasi (TIK) Bagi Guru. Kemdikbud. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 1, Nomor 3, Desember

Yanti, Minanti Tirta. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya.

Aplikasi telegram Sebagai Media Informasi

Pegawai PT Pos Indonesia (Persero) Kota