PENGGUNAAN MODEL ELPSA DENGAN ALAT PERAGA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Buku
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti. (2011). Penyusunan proposal PTK dalam Pembelajaran
Matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Guntoro, T. W. (2010). Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran
Matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Suprijono. (2010). Cooperative Learning.
Jakarta: CTSD.
Syaifudin Udin, S. (2014). Inovasi Pendidikan
. Bandung: Alfabeta.
Wijaya. (2014). Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Amalina. (2018). Keefektifan Penerapan Pendekatan ELPSA dengan
setting kooperatif dalam Pembelajaran matematika materi sistem
Koordinat Kartesius pada kelas VIII SMPN 2 Kab. pangkep. e-
prints. Diakses September 27, 2018
http://eprints.unm.ac.id/6869/
Dolhasair, G. (2017). Penggunaan Media Geoborad untuk
meningkatkan Pemahaman Konsep bangun datar Pada Siswa
Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, Volume 5 No. 3. Diakses
September 27, 2018
Dwijopitoyo, B. F. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap
Pelajaran Matematika SMP Menggunakan Kerangka Pembelajaran
ELPSA. Prosiding Seminar ELPSA. Mataram NTB: IKIP Mataram.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode
Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan kemampuan
representatif dan Pemecahan masalah matematis siswa SMP.
Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, Vol. 13 No.2 .
Hajar, J. d. (2016). Implementation of ELPSA Framework in Teaching
Integral. International Journal of Science and Applied Technology,
IJSAT, Vol. 1, No. 1, December 2016 .http://IJSAT.unri.ac.id/
Diakses September 27, 2018
Hartati. (2010). Pengembangan Alat peraga gaya Gesek untuk
meningkatkan Ketrampilan berpikir Kritis Siswa SMA. JPFI, volume
No. 2. Diakses September 4, 2018
Ikasari, J. (2017). Identifikasi bentuk Partisipasi Siswa SMP dalam
Pembelajaran Matematika berbasis ELPSA. JMPM, volume 5 No. 2.
Diakses September 27, 2018, dari http://
ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm/ user/register
Imas, M. d. (2017). Pengaruh penggunaan alat peraga Geoboard
terhadap Pembelajaran Geometri. Banten: IAIN Sultan Maulana
Hasanudin. Diakses September 4, 2018, dari http://
repository.uinbanten.ac.id/637/
Ismah. (2016, Desember). Perbandingan tingkat Pemahaman Konsep
matematika Siswa melali media interaktif Mischief dan
konvensional. Jurnal Teknodik, Volume 20 No. 2.
Johar, H. d. (2016). Implementation of ELPSA Framework in Teaching
Integral. International Journal of Science and Applied
Technology, Vol. 1, No. 1, December 2016. Diakses September 4,
, dari http://IJSAT.unri.ac.id/
Laila, F. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe
Group Investigation (Gi) Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Universitas
Sebelas maret. Diakses September 27, 2018, dari
https://eprints.uns.ac.id/id/ eprint/8621.
Masturoh, I. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard
terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Geometri. Primary,
Volume 9 No. 02. Diakses September 27, 2018
Patahudin, T. L. (2015). ELPSA As a Lesson Design Framework.
IndoMS-JME, Volume 6, No. 2, pp.1-15.
Patahudin, T. L. (2015). ELPSA- Kerangka Kerja untuk Merancang
Pembelajaran Matematika. Jurnal didaktik Matematika.
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/
view/2390/2256Diakses September 27,
Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar
Mahasiswa menggunakan MIND MAP Berbantuan E.Learning.
Jurnal Teknodik, Volume 21, No. 1. Diakses September 8, 2018.
Lain-lain
Supinah. (2015). Aktifitas Siswa, http:// p4tkmatematika.org., Diakses 21 Agustus 2018.