PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 5 PONOROGO, JAWA TIMUR
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Reynold, D. R. (2010). Cerdas dan Terampil Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kemendiknas.
Pustekkom. (2016). Pedoman Implementasi Penerapan Model
Pembelajaran Inovatif. Tangerang Selatan: Pustekkom-
Kemendikbud.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur No. 10.
Dewi, S. Z. dan Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai sumber
dan media pembelajaran inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian
Journal of Primary Education Vol 2, No 2. Bandung: UPI.
Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/
upload/131656344/penelitian/
Penggunaan+Teknologi+Informasi+
dan+komunikasi+dalam+peningkatan+kualitas+
pembelajaran.pdf (diunduh 5 Februari 2018).
Istiyarti dan Purnama, E. K. (2014). Pemanfaatan TIK untuk
Pembelajaran. Jurnal Kwangsan Vol. 2 - Nomor 1.
Miru, A. S. (2009). Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap
Prestasi Belajar Mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3
Makassar. Jurnal Medtek Volume 1 Nomor 1. http:// e l e k t r o
. u n m . a c . i d / j u r n a l /
Jurnal_MEDTEK_VOL.1.%20No.%201_2009/
Alimuddin%20SM.pdf (diunduh 9 Januari 2018).
Ridho, T., Wulan, H. S. dan Wahyono, E. H. (2018). Pengaruh Budaya
Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru
Terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel
Intervening (Studi Kasus pada Guru SMK Teuku Umar Semarang).
Journal of Management Vol 4, No 4.
Suleman, S. dan Ruliaty. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan
Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Disiplin Guru Terhadap
Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I
Jeneponto. Jurnal Competitiveness Vol. 10, Nomor 2.
Triyanto, E., Anitah,S. dan Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai
upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal
Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2.
Warsihna, J. (2012). E-Learning Melalui Portal Rumah Belajar. Jurnal
Teknodik Vol. XVI No. 2.
Warsihna, J. (2013). Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan (e-learning)
di SMP. Jurnal Teknodik Vol. 17 Nomor 1.
Widoyoko, E. P. (2009). Kompetensi Mengajar Guru IPS SMA
Kabupaten Purworejo. http:// www.umpwr.ac.id/publikasi-
ilmiah/347- kompetensi-mengajar-guru-ips-sma- kabupaten-
purworejo.html (diunduh 5 Maret 2018).
Wijaya, M. (2007). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
dalam
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur No 08/Th VI.
Lain-lain
Internetworldstats. (2017). Top 20 Countries with the Highest
Number of Internet Users. http:// www.internetworldstats.com/top20.htm (diunduh 6 Februari 2018).
Prensky, M. (2017). Digital Natives, Digital Immigrants.
http://www.marcprensky.com/ writing/ Prensky%20-
%20Digital%20Natives,
%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf (diunduh 22 Oktober 2018).
Pustekkom. (2016). Keputusan Kepala Pustekkom Nomer:
/I2.3/KP/2016 tentang Penetapan Sekolah Model
Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK dengan Memanfaatkan
Rumah Belajar. Tangerang Selatan: Pustekkom- Kemendikbud.
Siahaan, S. (2009). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) dalam Pembelajaran (Modul Pelatihan Pengembangan dan
Pemanfaatan Konten Jardiknas). Tangerang Selatan: Pustekkom,
Depdiknas.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Teori-teori Motivasi.
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/ 02/06/teori-teori-
motivasi/ (diunduh 9 Januari 2018).
Yanuarti, R. (2016). Modul Pemanfaatan Sumber Belajar Online.
Tangerang Selatan: Pustekkom, Kemdikbud.