PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR DI SMP PESAT BOGOR

Main Article Content

Eni Susilawati

Abstract

Tahun 2016 dan 2017 merupakan tahun pertama dan kedua bagi SMP Pesat menerapkan rancangan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan Pustekkom. Namun demikian, belum semua guru menerapkannya dalam pembelajaran. Intensitas penerapan model pembelajaran inovatif tersebut masih rendah. Oleh karena itu, perlu diobservasi dan dievaluasi penerapannya sebagai bahan masukan terhadap penyempurnaan model pembelajaran tersebut di tahun-tahun berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan model pembelajaran inovatif di SMP Pesat Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis kuantitatif deskriptif. Subyek/Responden penelitian ini adalah semua guru SMP Pesat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inovatif melalui pemanfaatan Portal Rumah Belajar secara offline dan online di SMP Pesat Bogor; dan 2) dampak positif penerapan model pembelajaran inovatif dirasakan cukup besar bagi guru, terutama dalam meningkatkan kompetensi TIK-nya. Beberapa saran upaya peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continuous quality improvement) dalam penerapan model pembelajaran ini antara lain adalah 1) peningkatan jumlah guru dan siswa yang terlibat dalam penerapan model pembelajaran; 2) peningkatan kualitas aplikasi Portal Rumah Belajar secara keseluruhan, baik dari sisi kemasan fitur, konten maupun media yang tersedia agar lebih mudah diakses dan dimanfaatkan guru dan siswa; 3) peningkatan kompetensi TIK guru; 4) peningkatan dukungan sarana prasarana TIK dan internet di sekolah; dan 5) kesiapan siswa dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar pada kegiatan pembelajaran di kelas. The years of 2016 and 2017 are the first and second years for Pesat Junior High School (SMP) in implementing innovative learning model designed by Pustekkom. However, not all teachers have implemented the model in their teaching-learning process. The implementation is still in low frequency. Therefore, it needs to be observed for the shake of better implementation in the following years. The objective of this research is to get insight on the implementation of innovative learning model in the Pesat Junior High School in Bogor. This research applies quantitative approach with descriptive quantitative method. The samples are all teachers in Pesat Junior High School. The data gathering is carried out through observation, interview, and questionnaire. The result shows that 1) the implementation of innovative learning model through the utilization of “Portal Rumah Belajar†(Portal House of Learning) offline as well as online in the Pesat Junior High School; and 2) positive impact of innovative learning model is fairly significant to the teachers, especially in term of their ICT competence improvement. Some recommendations for continuous quality improvement in this learning model implementation are such as the increasing number of teachers and students involved in this learning model implementation; improving the quality of Portal Rumah Belajar, in term of its features, content, as well as accessibility; improving teachers’ competence in ICT; increasing ICT infrastructure and internet at school; and improving the students’ readiness in utilizing Portal Rumah Belajar in their learning. 

Article Details

How to Cite
Susilawati, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR DI SMP PESAT BOGOR. Jurnal Teknodik, 41–54. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.367
Section
Articles

References

Webster, L. & Murphy, D. (2008). Enhancing Learning through

Technology. Research on Emerging Technologies and Pedagogies,

-16.

Chaeruman, U. dan Nurhayati, A. (2016). Modul Perancangan

Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Pustekkom.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Martiningsih. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan Melalui

Penggunaan Portal Rumah Belajar. Jurnal Teknodik Vol. 17,

Nomor 1. https:// jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ (diakses

tanggal 4 April 2018).

Megawaty dan Helda. (2016). Analisis Kualitas Portal Rumah Belajar

Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0: Studi Kasus Pada

SMA Negeri di kota Palembang. Seminar Nasional DISC,

Bandung. http://eprints. binadarma.ac.id/2695/ (diakses: 4 April

.

Mulyadi, R. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Menggunakan

“Portal Rumah Belajar Kemendikbud†Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi Eksperimen

Di SMPN 1 Lembang Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia. S1

Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://

Repository.Upi.Edu/16515/ (diakses: 14April 2018).

Rumiyanti. (2014). Pengaruh Media Interaktif Berbasis Kelas Maya

Terhadap Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada

Konsep Getaran Gelombang Bunyi Kelas XI SMK Negeri Jumo

Temanggung (Tesis).

Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sudiarta, I. G. P. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif

yang Mengacu Pada Permen Diknas N0.41/ 2007. Bali: Modul

Diklat MGMP Matematika SMK, Kabupaten Karangasem.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8 No. 1.

Susilawati, E. (2016). Analisis Swot Penyelenggaraan Diklat Online

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Bagi Guru. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1 Nomor 3.

Warsihna, J. (2012). E-Learning Melalui Portal “Rumah Belajarâ€. Pustekkom- Kemendikbud. Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1. https:// jurnalteknodik. kemdikbud.go.id/ (diakses: 14 April 2018).

Lain-lain

Pustekkom. (2016). Laporan Kegiatan Pendampingan Sekolah Inovatif

yang memanfaatkan Rumah belajar di SMP Pesat (Dokumen).

Jakarta: Pustekkom.

Pustekkom. (2016). Rancangan sistem/model pembelajaran inovatif

yang memanfatkan Rumah belajar (Dokumen). Jakarta:

Pustekkom.

Pustekkom. (2017). Laporan Kegiatan Pendampingan Sekolah Inovatif

yang memanfatkan Rumah belajar di SMP Pesat (Dokumen).

Jakarta: Pustekkom.

Sabri. (2016). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam

Pembelajaran: Solusi Atau Utopia?.

https:// mafiadoc.com/ integrasi- teknologi-informasi- dan

komunikasi- dalam-5a1c644b1723dd93cfc12375.html. (diakses:

Maret 2018). https://belajar.kemdikbud.go.id/

(diakses: 23 Maret 2018).