PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.355Keywords:
Rumah Belajar, sumber belajar, kelas maya, kualitas pembelajaranAbstract
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah melahirkan model pembelajaran baru yaitu pembelajaran online atau pembelajaran berbasis web. Salah satu web pembelajaran adalah Portal Rumah Belajar, dengan alamat url: http://belajar.kemdikbud.go.id. Permasalahan yang ada kemudian adalah bagaimana pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar, sarana pembelajaran kelas maya, dan sarana untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar, sarana pembelajaran kelas maya, dan sarana untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai hasil kajian maupun hasil penelitian yang relevan dengan pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan sebagai: (1) sumber belajar untuk memperoleh konten atau bahan belajar; (2) sarana pembelajaran kelas maya, yaitu untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online antara peserta didik dan guru kapan saja dan di mana saja; dan (3) sarana untuk meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Simpulannya, pemanfaatan Portal Rumah belajar terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar para peserta didik, guru, dan masyarakat luas, atau siapa pun yang mau belajar, dapat memanfaatkan Portal Rumah Belajar.
Utilization of Information and Communication Technology (ICT) has been creating a new model of learning, i.e. online learning or web-based learning. One of the learning webs is Rumah Belajar, with url address of: http:// belajar.kemdikbud.go.id. Now, the problem is how the utilization of Rumah Belajar as a learning resource, a means of virtual classroom, and as a means to improve learning quality is. This study aims to describe the utilization of Rumah Belajar as a learning resource, as a means of virtual classroom, and a means to improve the quality of learning. The method applied in this study is literary review of various research results relevant to portal Rumah Belajar. The result shows that Rumah Belajar can be utilized as: (1) a learning resource to get learning content or materials; (2) a means of virtual classes, i.e. to facilitate online learning between learners and teachers at anytime and anywhere; and (3) a means to improve students’ learning outcomes which in turn can improve the quality of learning. The conclusion is that the utilization of Rumah Belajar is proved effective to improve the quality of learning. It is therefore recommended that students, teachers, and society, or anyone who wants to learn, can utilize Rumah Belajar.
References
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Imanuddin, M., dkk.(2014). Top 99 Inovasi Pelayanan Publik
Indonesia Tahun 2014, Jakarta: Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Yayasan
Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) dan Yayasan
Rajawali.
Nurhayati, A. S. (2012). Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar,
Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.
Jurnal/prosiding/disertasi/thesis/skripsi
Chabibie, M. H.. (2012). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan
Kegunaan Web Studi Kasus Portal Rumah Belajar
http://belajar.kemdikbud. go.id, Jakarta: Tesis Program Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Indonesia.
Dykman, C. A. dan Davis, C. K. (2008). Online Education Forum: Part
Two – Teaching Online Versus Teaching Conventionally. Journal of
Information System Education, Vol. 19 (2):
-164.
Ilmy, N. A.. (2014). Pengaruh Pembelajaran Direct Instruction dengan
Suplemen Rumah Belajar (Situs E-Learning Kemdikbud) Terhadap
Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia, Jakarta:
Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
UIN Syarif Hidayatullah.
Kusnandar.(2013). Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning
Object, Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 1, Maret 2013.
Kusnohadi. (2014). Pendidik Online: Perluasan Tugas dari Kelas
Konvensional menuju Kelas Maya, Jurnal Teknodik Vol. 18 -
Nomor 3, Desember 2014.
Kusumaningrum, Indah, W.,Wahyu, H., dan Murwatiningsih.(2014).
Model Manajemen Pelatihan Berbasis Partisipatif Untuk
Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Mendayagunakan E-
Learning Pada Portal Rumah Belajar, Jurnal Penelitian Tindakan
Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1. No. 2. Oktober 2014 hal 80-
Kurniawan, A. (2017). Persepsi Guru Peserta TOT Propinsi Kepulauan
Riau tahun 2015 terhadap Kelas Maya, Jurnal Teknodik Vol. 21 -
Nomor 1, Juni 2017.
Martiningsih.(2013). Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan melalui
Penggunaan Portal Rumah Belajar, Jurnal Teknodik Vol. 17 -
Nomor 1 Maret 2013: 34 -45.
Mulyadi, R. (2015). Pengaruh Pemanfaatan ELearning Menggunakan
“Portal Rumah Belajar Kemendikbud†Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi
Eksperimen di SMPN 1 Lembang Materi Pokok Sistem gerak pada
manusia, Bandung: Tesis Program Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan, FIP Universitas Pendidikan Indonesia.
Rumiyanti. (2014). Pengaruh Media InteraktifBerbasis Kelas Maya
Terhadap Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada
Konsep Getaran Gelombang Bunyi Kelas XI SMK Negeri Jumo
Temanggung. Tesis pada Fakultas Pasca Sarjana Universitas
Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Salma, D. Istianty, A., dan Ariany, D. (2014). Penerapan Prinsip
Desain Pembelajaran dan Learning Object Situs Kelas Maya Mata
Kuliah Gizi Terapan, Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 1, April
, hal 94- 113.
Simanjuntak, D. (2014). Pembelajaran Dengan Kelas Maya Untuk
Meningkatkan Mutu dan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):