PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Main Article Content

Bambang - Warsita

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah melahirkan model pembelajaran baru yaitu pembelajaran online atau pembelajaran berbasis web. Salah satu web pembelajaran adalah Portal Rumah Belajar, dengan alamat url: http://belajar.kemdikbud.go.id. Permasalahan yang ada kemudian adalah bagaimana pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar, sarana pembelajaran kelas maya, dan sarana untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar, sarana pembelajaran kelas maya, dan sarana untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai hasil kajian maupun hasil penelitian yang relevan dengan pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan sebagai: (1) sumber belajar untuk memperoleh konten atau bahan belajar; (2) sarana pembelajaran kelas maya, yaitu untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online antara peserta didik dan guru kapan saja dan di mana saja; dan (3) sarana untuk meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Simpulannya, pemanfaatan Portal Rumah belajar terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar para peserta didik, guru, dan masyarakat luas, atau siapa pun yang mau belajar, dapat memanfaatkan Portal Rumah Belajar.Utilization of Information and Communication Technology (ICT) has been creating a new model of learning, i.e. online learning or web-based learning. One of the learning webs is Rumah Belajar, with url address of: http:// belajar.kemdikbud.go.id. Now, the problem is how the utilization of Rumah Belajar as a learning resource, a means of virtual classroom, and as a means to improve learning quality is. This study aims to describe the utilization of Rumah Belajar as a learning resource, as a means of virtual classroom, and a means to improve the quality of learning. The method applied in this study is literary review of various research results relevant to portal Rumah Belajar. The result shows that Rumah Belajar can be utilized as: (1) a learning resource to get learning content or materials; (2) a means of virtual classes, i.e. to facilitate online learning between learners and teachers at anytime and anywhere; and (3) a means to improve students’ learning outcomes which in turn can improve the quality of learning. The conclusion is that the utilization of Rumah Belajar is proved effective to improve the quality of learning. It is therefore recommended that students, teachers, and society, or anyone who wants to learn, can utilize Rumah Belajar.

Article Details

How to Cite
Warsita, B. .-. (2020). PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 65–78. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.355
Section
Articles
Author Biography

Bambang - Warsita, Pustekkom Kemdikbud

Pustekkom Kemdikbud

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Imanuddin, M., dkk.(2014). Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Indonesia Tahun 2014, Jakarta: Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Yayasan

Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) dan Yayasan

Rajawali.

Nurhayati, A. S. (2012). Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar,

Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Jurnal/prosiding/disertasi/thesis/skripsi

Chabibie, M. H.. (2012). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan

Kegunaan Web Studi Kasus Portal Rumah Belajar

http://belajar.kemdikbud. go.id, Jakarta: Tesis Program Ilmu

Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas

Indonesia.

Dykman, C. A. dan Davis, C. K. (2008). Online Education Forum: Part

Two – Teaching Online Versus Teaching Conventionally. Journal of

Information System Education, Vol. 19 (2):

-164.

Ilmy, N. A.. (2014). Pengaruh Pembelajaran Direct Instruction dengan

Suplemen Rumah Belajar (Situs E-Learning Kemdikbud) Terhadap

Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia, Jakarta:

Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan

Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,

UIN Syarif Hidayatullah.

Kusnandar.(2013). Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning

Object, Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 1, Maret 2013.

Kusnohadi. (2014). Pendidik Online: Perluasan Tugas dari Kelas

Konvensional menuju Kelas Maya, Jurnal Teknodik Vol. 18 -

Nomor 3, Desember 2014.

Kusumaningrum, Indah, W.,Wahyu, H., dan Murwatiningsih.(2014).

Model Manajemen Pelatihan Berbasis Partisipatif Untuk

Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Mendayagunakan E-

Learning Pada Portal Rumah Belajar, Jurnal Penelitian Tindakan

Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1. No. 2. Oktober 2014 hal 80-

Kurniawan, A. (2017). Persepsi Guru Peserta TOT Propinsi Kepulauan

Riau tahun 2015 terhadap Kelas Maya, Jurnal Teknodik Vol. 21 -

Nomor 1, Juni 2017.

Martiningsih.(2013). Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan melalui

Penggunaan Portal Rumah Belajar, Jurnal Teknodik Vol. 17 -

Nomor 1 Maret 2013: 34 -45.

Mulyadi, R. (2015). Pengaruh Pemanfaatan ELearning Menggunakan

“Portal Rumah Belajar Kemendikbud†Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi

Eksperimen di SMPN 1 Lembang Materi Pokok Sistem gerak pada

manusia, Bandung: Tesis Program Kurikulum dan Teknologi

Pendidikan, FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Rumiyanti. (2014). Pengaruh Media InteraktifBerbasis Kelas Maya

Terhadap Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada

Konsep Getaran Gelombang Bunyi Kelas XI SMK Negeri Jumo

Temanggung. Tesis pada Fakultas Pasca Sarjana Universitas

Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Salma, D. Istianty, A., dan Ariany, D. (2014). Penerapan Prinsip

Desain Pembelajaran dan Learning Object Situs Kelas Maya Mata

Kuliah Gizi Terapan, Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 1, April

, hal 94- 113.

Simanjuntak, D. (2014). Pembelajaran Dengan Kelas Maya Untuk

Meningkatkan Mutu dan