MEDIA E-LEARNING BERBASIS CMS JOOMLA: PELENGKAP PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Main Article Content

Fauzi Bakri
Farah Fajriani
Dewi Muliyati

Abstract

Pembelajaran abad 21 harus dilakukan tanpa dipengaruhi batasan ruang dan waktu. Pembelajaran ini harus ditunjang dengan media belajar yang kontekstual, dan multi representasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat e-learning berbasis Content Management System (CMS)  Joomla yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan model Dick and Carey. Perangkat e-learning menampilkan paparan materi secara multi representasi. Materi diperkaya video pembelajaran, latihan soal, perangkat evaluasi pembelajaran, serta forum diskusi untuk memudahkan interaksi antar siswa dan guru. Siswa belajar secara mandiri, tanpa terbatas ruang maupun waktu. Perangkat media e-learning sudah melalui tahap evaluasi formatif dengan menggunakan instrumen skala likert 1-5. Hasil uji kelayakan materi medapat nilai 86,33, kelayakan media 86,3, kelayakan pembelajaran 92,14, uji coba lapangan untuk guru Fisika 91,78, dan uji coba lapangan dengan kuisioner 85,44. Hasil uji coba penggunaan media e-learning sebagai pelengkap pembelajaran memberikan nilai-gain sebesar 0,323. Dari hasil uji kelayakan dan uji lapangan tersebut maka media E-learning berbasis CMS Joomla yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran fisika SMA dengan kualitas sangat baik. Siswa mendapatkan tambahan pengetahuan cukup signifikan setelah melakukan pembelajaran secara mandiri melalui perangkat e-learning fisika ini. Hal ini mengindikasikan media e-learning fisika SMA yang dikembangkan dengan CMS Joomla dapat digunakan sebagai pelengkap pembelajaran fisika didik SMA.

Article Details

How to Cite
Bakri, F., Fajriani, F., & Muliyati, D. (2018). MEDIA E-LEARNING BERBASIS CMS JOOMLA: PELENGKAP PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Jurnal Teknodik, 21(2), 99. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.346
Section
Articles
Author Biographies

Fauzi Bakri, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA

Farah Fajriani, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA

Dewi Muliyati, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA

References

Altun, A., Y. Gulbahar, O. Madran. 2008. Use of A Content Management System for Blended Learning: Perceptions of Pre-Service Teachers, dalam Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE October 2008 ISSN 1302-6488 Volume: 9 Number: 4, pp 138-153.

Bakri, F, D. Muliyati, 2017, Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Matakuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS CHAMILO, dalam, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Februari 2017 Vol.2 No.1, ISSN: 2338-1027, hal 25-30.

Daru, A. F. (2013). Integrasi CMS dan LMS untuk Membangun Web Berbasis E-learning dengan Single Login, dalam Jurnal Transformatika, Univ Semarang, Vol 11 No 1, Juli 2013, hal 23-31.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. United States of America: Pearson.

Goyal S, 2012. E-Learning: Future of Education, dalam Journal of Education and Learning. Vol.6 Issue 2, hal. 239-242.

Haryono. 2017. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21, dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Banjarmasin, 15 Juli 2017, hal. 425-436

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning): Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Jethro, O.O., A.M. Grace, dan A.K. Thomas.2012. E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age, dalam International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, January 2012, Vol 2 Issue 1, hal. 203-210.

Kurniawan, B. P., Bektiarso, S., & Subiki. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) disertai Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-A MTS Nurul Amin Jatiroto, dalam Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember Volume 1, Nomor 3, Desember 2012, ISSN : 2301-9794, hal. 328-333.

Pujianto, A., Nurjannah, & Darmadi, I. W. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus, dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Vol 1 No 1 2013, hal. 16-21.

Ninoriya, S., P.M. Chawan, B.B. Meshram. 2011. CMS, LMS and LCMS for e-Learning, dalam International Journal of Computer Science Issues, Vol. 8, Issue 2, March 2011, hal. 644-647

Sari, A. T., Bektiarso, S., & Yushardi. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Generatif dengan Metode Demostrasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember Volume 1, Nomor 3, Desember 2012 ISSN : 2301-9794, hal145-148.

Srihartini. 2014. Pengembanan Sumber Belajar E-Learning, dalam Jurnal Widya Wacana Vol. 9 Nomor 1 Januari 2014, hal. 67 – 75.

Wijaya, E.Y., D.A. Sudjimat, A. Nyoto. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matema-tika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, Vol 1 Tahun 2016, hal. 263-278.