PENINGKATAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8

Main Article Content

Raden Roro Martiningsih

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya  pemahaman peserta didik dalam materi himpunan di kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami himpunan menggunakan aplikasi iSpring Suite 8. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII B SMP Muhammadiyah 1  Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil dengan jumlah peserta didik 38 orang. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami himpunan setelah belajar menggunakan aplikasi iSpring Suite 8 tanpa animasi pada siklus pertama dan aplikasi iSpring Suite 8 dengan variasi animasi, penambahan video, background yang lebih menarik pada siklus kedua. Indikasi peningkatan hasil belajar didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua

Article Details

How to Cite
Martiningsih, R. R. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8. Jurnal Teknodik, 21(3), 35. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.344
Section
Articles
Author Biography

Raden Roro Martiningsih, SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Education

References

Alhamuddin. 2012. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jakarta: Jurnal UPI jurnal.upi.edu/file/PEMANFATAN_ICT_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf diunduh tanggal 12 September 2014 jam 13.00.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ibrahim, Nurdin, 2004. Studi Penyelenggaraan Jaringan Sekolah. Jakarta: Jurnal Teknodik No 14/VIII/TEKNODIK/ JUNI/2004

Mulyasa. 2012. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: rineka Cipta

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suhardjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru.

Suryadi, Ace. 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98 http://lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/01-acesuryadi.pdf diunduh tanggal 12 September 2014 jam 15.00.

Tamimuddin, Muh 2014. Membuat Konten Pembelajaran dengan PowerPoint dan iSpring. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Wati, Ristya. 2007. Iklim Kelas dan Prestasi Belajar. http://fai.elcom.umy.ac.id/mod/ forum/discuss.php?d=112 diunduh tanggal 12 September 2014 jam 14.00