HUBUNGAN ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DATA TIMSS

Main Article Content

Sitti Hajrah

Abstract

Indonesian students’ Mathematics learning Achievement which is internationally measured through TIMSS is still very low. Their attitudes are highly influenced by the attractiveness or not the teaching-learning activities in the class. One of the students’ interest in the teaching-learning activities in the class is the availability of learning media. The objective of this study is to find out the correlation between the students attitudes and the learning media. The data used for this study is the TIMSS data of 2011 which is the result of the questionnaire consisting of 25 questions on students’ attitudes and 5 questions on learning media. The samples are the participants of TIMSS 2011 for Mathematics which is amounting of 5.795 students of 8th grade from all over Indonesia. Students’ Mathematics learning attitudes meant here are students’ interest in Mathematics, their appreciation to Mathematics, and their confidence on Mathematics as well as its usage in their life. The result shows that there is a positive and significant correlation between students’ interest on Mathematics, their appreciation to Mathematics as well as to the teacher, their confidence on their competence on Mathematics as well as its usage, and the learning media (computer, computer software, and audio-video media). For calculator media, it has correlation only with few questions. The interesting thing in this study is that the media used by the teacher is highly correlated with students’ attitudes in learning Mathematics as well as in understanding its usage in their life and their future.

Hasil belajar Matematika siswa Indonesia yang diukur secara internasional melalui TIMSS masih sangat rendah.Sikap siswa sangat dipengaruhi oleh menarik-tidaknya kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu hal yang menarik siswa adalah ketersediaan media pembelajaran. Dalam kaitan ini, peneliti mencoba mencari hubungan antara sikap siswa dengan media pembelajaran di sekolah. Data yang digunakan adalah data TIMSS 2011 yang berupa data hasil angket kuesioner yang terdiri dari 25 pertanyaan tentang sikap dan 5 pertanyaan tentang media. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta TIMSS 2011 untuk mata pelajaran Matematika yang berjumlah 5795 orang siswa kelas VIII perwakilan dari seluruh Indonesia. Sikap belajar Matematika yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kesukaan siswa terhadap Matematika, sikap menghargai Matematika, serta kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan matematikanya dan kegunaannya untuk kehidupannya dan masa depannya. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara perasaan senang atau suka belajar Matematika, sikap menghargai pelajaran Matematika dan gurunya, serta rasa percaya diri terhadap kemampuannya dan kegunaan Matematika dengan media pembelajaran (komputer, perangkat lunak komputer, dan media audio visual). Untuk media kalkulator, hanya berkorelasi pada sebagian kecil dari item yang ditanyakan. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah bahwa media yang digunakan guru sangat berhubungan dengan sikap siswa dalam belajar Matematika dan memahami kegunaan Matematika untuk kehidupannya dan masa depannya.

Article Details

How to Cite
Hajrah, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DATA TIMSS. Jurnal Teknodik, 99–100. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.343
Section
Articles
Author Biography

Sitti Hajrah, LPMP Sulawesi Selatan

PTP Pertama

References

Darhim. 2004. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual terhadap Sikap Siswa Sekolah Dasar. http://file.upi.edu/Direktori/ FPMIPA/Jur. Pend. Matematika/ 195503031980021-DARHIM/Makalah_Artikel/ JurnalSikapSiswa.pdf (diunduh: 10 Oktober 2017).

Gani, Abdul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Daya Matematis Vol. 3 No. 3. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/ view/1700(diunduh: 30 Agustus 2017).

Herdianto, Prasetyo. 2012. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar. http:/ /sainsjournal-fst11.web.unair.ac.id/ artikel_detail-45907-PENDIDIKANFaktorfaktor%20yang%20berpengaruh% 20terhadap%20motivasi%20belajar.html (diunduh: 10 Oktober 2017).

Kafit, M. 2010. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTS NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kabupaten Kudus. https://core.ac.uk/ download/pdf/12350648.pdf (diunduh: 7 September 2017).

Khotimah, Husnul. 2017. Hubungan Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas IX di SMPN 28 Palembang. Skripsi UIN Raden Fatah Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/ 1067/1/HUSNUL%20KHOTIMAH% 2012210116.pdf (diunduh: 4 Oktober 2017).

Kurniawan, Heru.dkk. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Kontekstual. Surabaya. UNS. http:// math.fkip.uns.ac.id/wp content/uploads/2014/ 06/Ruang-5.pdf (diunduh: 7 September 2016).

Panjaitan, Lena Nessyana. 2009.Penerapan Cara Pembelajaran yang Memuat Harapan Positif Guru. (Disertasi). http://karya-ilmiah.um.ac.id/ index.php/disertasi/article/view/3859 (diunduh: 10 Oktober 2017).

Risdanto, Batara. 2014. Pengembangan ELearning Berbasis WEB Menggunakan CMS(Content Management System) Wordpress di SMA Negeri 1 Kota Magelang.http://eprints.uny.ac.id/24564/1/ Batara%20Risdanto-07520241043.pdf (diunduh: 17 Oktober 2017).

Rusmalini. 2014.Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. http://download.portalgaruda.org/ article.php?article=152715&val= 2338 & title= Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (diunduh: 12 Oktober 2017).

Setyani, Ricka Intan. 2016. Hubungan antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2015/2016. https://media.neliti.com/ media/publications/13801-ID-hubunganantara-pemanfaatan-media-pembelajarandan-minat-belajar-dengan-hasil-be.pdf (diunduh: 28 September 2017).

Susanti, Try. 2013. Sikap Siswa terhadap Matematika. http://download.portalgaruda. org/article.php?article=252577&val=6807& title=Sikap Siswa terhadap Matematika (diunduh: 13 Oktober 2017).

Taradipa, Reda. 2013. Pengaruh Kombinasi Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Jupe UNS Vol.2 No. 1, Hal 146-154. https://media.neliti.com/media/ publications/13515-ID-pengaruh-kombinasimedia-pembelajaran-terhadap-minat-belajarmahasiswa-pada-mata.pdf (diunduh: 30 Agustus 2017).

Wahyuningsih, Rani Anggi. 2011.Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas X Man 1 Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/4339/1/ Rani.%2006204241038.pdf (diunduh: 11 Oktober 2017).

Wijaya, Ariyadi. 2017. Pemanfaatan Data TIMSS untuk Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Yulianti, Kartika.2005.Menghubungkan Ide-Ide Matematik Melalui Kegiatan Pemecahan Masalah.http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/ Jur._Pend._Matematika/198207282005012- Kartika Yulianti/koneksi_dg_prob_solv_ %28upi%29.pdf (diunduh: 12 Oktober 2017).

Ewintri. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. http://ewintri bengkulu. blogspot.com/2013/04/faktor-faktor-yang mempengaruhi-motivasi-belajar.html (diunduh: 9 Oktober 2017).

Lismurtini. 2013. Media Audio Visual dan Multimedia. https://lismurtini270992. wordpress.com/2013/06/18/media-audiovisual-dan-multimedia/ (diunduh: 4 Oktober 2017). Pusat Penilaian Pendidikan. 2017.

Panduan Penyelenggaraan Workshop Pemanfaatan Data TIMSS untuk Kajian dan Penelitian Ilmiah. Makassar. Tidak Dipublikasikan.

Pusat Penilaian Pendidikan. 2017. Data Almanac Hasil TIMSS 2011. Jakarta. Tidak Dipublikasikan.