BAHAN AJAR FLIPBOOK ONLINE MATAKULIAH PTI MENGGUNAKAN PENDEKATAN AUGMENTED REALITY

Main Article Content

Budi Arifitama

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu fondasi dari berdirinya sebuah bangsa, bangsa yang maju selalu diiringi dengan tingkat pelaksanaan pendidikan yang baik. Sayangnya, di Indonesia penerapan teknologi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam kelas, masih tergolong minim dan konvensional, dengan menggunakan cara tatap muka dan presentasi, sehingga membatasi peserta didik kerap bosan dan tidak tercapinya transfer knowledge yang baik. Melihat permasalahan tersebut maka dibutuhkan inovasi di bidang teknologi agar dapat meningatkan proses transfer knowledge dan rasa ingin tahu oleh peserta didik. Penelitian ini membahas mengenai pengembangan materi ajar pada flipbook dengan pendekatan teknologi augmented reality. Teknologi augmented reality digunakan sebagai inovasi dalam proses pembelajaran dengan cara menampilkan objek pada materi matakuliah seolah-olah nyata sehingga peserta didik mampu melakukan interaksi dan meningkatkan rasa keingintahuan dari peserta didik.

Article Details

How to Cite
Arifitama, B. (2018). BAHAN AJAR FLIPBOOK ONLINE MATAKULIAH PTI MENGGUNAKAN PENDEKATAN AUGMENTED REALITY. Jurnal Teknodik, 21(3), 15. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.336
Section
Articles
Author Biography

Budi Arifitama, Universitas Trilogi

Program Studi Teknik Informatika

References

Aguston, R. L., dkk.2016.Pemanfaatan Augmented Reality Pada Permainan Othello.Jurnal TEKNIKA,pp.1-9

Arifitama, Budi; Syahputa, Ade.2017. Cultural Heritage Digitalization on Traditional Sundanese Music Instrument Using Augmented Reality Markerless Marker Method. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer,p. 101-105

Azuma, R.T. 2017. Making Augmented Reality a Reality. Imaging and Applied Optics 2017 (3D, AIO, COSI, IS, MATH, pcAOP), OSA Technical Digest (online) (Optical Society of America, 2017), paper JTu1F.1.

Gagne, R.M. 1985. The Condition of Learning Theory of Instrucion. New York:Rinehart.

Haryanti,F.,Saputro,B.A.2016.Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantukan Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga.Jurnal Pendidikan Matematika,pp.147-161

Hidayatullah,M.S.,Rakhmawati,L.2016.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,pp.83-88

Jacobs, Dr. Paul E. products/augmented-reality. www.qualcom.co.id. [Online] 2012. http://www.qualcomm.co.id/products/augmentedreality.

Mulyaningsih,N.N.,Saraswati,D.L.2017.Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker.Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro,pp 25-32

Perez,S.R.2017.Discovering Language Through Augmented Reality and The Interactive Digital White Board.Educare Electronic Journal,pp.1-13

Rasiman.2014.Efektivitas Resource-Based Learning Berbantukan Flip Book Maker Dalam Pembelajaran Matematika SMA.Jurnal JKPM,pp 34-41

Rikawarastuti.,Anggreni,E.2017.The Use of "KakAyu Dental Flipbool" in Oral Health Knowldege Improvement for Elementary School Students in Depok".Kesmas: National Public Health Journal,pp.163-167

Rosa,A.S. dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Website: https://library.vuforia.com/

Websiite: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/12/jalur-dan-jenjang-pendidikan-menurut-uu.html