PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR PUZZLE PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SD
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Agung, I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru.
Jakarta: Bestari Buana Murni.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Arifah, F. (2016). Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif
dan Profesional. Yogyakarta: Araska.
Arsyad, A. (1995). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Perkasa.
Barnawi & Arifin, M. (2014). Pengembangan Keprofesionalan
Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media.
Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran.
Semarang: IKIP Semarang Press.
Djamarah, S. B. & Aswan Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ischak. (2004). Pendidikan IPS di Sekolah Dasar.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media
Mulyono, 1995. Pengertian dan Karakteristik IPS. Jakarta: P3C
Rismiyati, C. (2008). Pembelajaran IPS yang Kontekstual.
Yogyakarta: USD.
Ristasa, R. & Prayitno. (2006). Panduan Penulisan Laporan Perbaikan
Pembelajaran. Purwokerto: UPBJJ UT Purwokerto.
Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, N. S dan Erliana. S. (2012). Kurikulum & Pembelajaran
Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sumaatmaja, N. (2003). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas
Terbuka
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran.
Jakarta: Kata Pena.Jurnal/Skripsi/Tesis/Disertasi
Darmawan, D., (2013). Teknologi Pembelajaran.
Jurnal Istoria Vol.12 , No.1, pp 31 – 40.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik Vol. 21 No. 2
Desember 2017, pp123 - 132.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia 7, pp 128- 133.
Sadiman, Rahardjo, Haryono A, dan Rahardjito. (2007). Media
Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Jurnal Kwangsan. Vol. I - Nomor 1, pp 57 – 69.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2008). Motivation in
Education, Theory, Research, and Applications. Third Edition.
Jurnal Psikologi Vol.41 , No.2, Desember 2014: pp 218 – 228.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 02,
pp 410 – 419.
Sunaengsih, C. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu
Pembelajaranpada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Teknodik
Vol. 22 No. 1, pp 35.
Susiana, N. (2015). Program Pembelajaran Kimia untuk
Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA. e-Journal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi
Pendidikan Dasar Volume 5, pp 1 – 11
Suyono, M. (2018). Media Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif
dan Desain Aplikasinya. Jurnal Teknodik Vol. 22 No. 2, pp 133 –
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya
– Analisis di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi dan
Komunikasi Vol. 3 No.1, pp 49 – 53.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2013). Strategi Pembelajaran
Aktif. Jurnal Pendidikan Biologi Unnes . Volume 5, Nomor 1, pp
-95
Yunniartien, E. (2017). Penggunaan Media Roda Pintar Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 1 Dasan
Tereng.Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Pratiwi, Y. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial Melalui Media Gambar Berbentuk Puzzle Pada Siswa Kelas
IV SD Bangunharjo Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.