PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR PUZZLE PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SD

Authors

  • Nike kurnia Dewi SDN Sindangsari 05, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.335

Keywords:

Roda Putar Puzzle Pintar, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran IPS dengan kompetensi dasar membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga; (2) Meningkatkan hasil belajar IPS; dan (3) Menghasilkan media pembelajaran IPS inovatif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negaranegara tetangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Media ini dilatarbelakangi penguasaan siswa terhadap materi pelajaran rendah, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sangat kurang, siswa kurang tertarik pada metode dan media yang digunakan peneliti. Karya inovasi ini terdiri dari dua jenis media yaitu Roda Putar dan Puzzle Pintar. Roda Putar ini bahan bakunya menggunakan besi dan plat bekas parabola. Sedangkan Puzzle Pintar ini dibuat dari styrofoam dan kertas asturo. Roda Putar akan berhenti mengarah pada suatu negara untuk disusun puzzle pintarnya oleh siswa. Adapun hasil yang diperoleh dalam aplikasi praktis media ini adalah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI pada materi kenampakan alam dan keadaan sosial negaranegara tetangga. Terbukti pada siklus I dari 33 siswa yang mencapai tuntas belajar, 16 siswa atau 48,5% memperoleh nilai rata-rata 68,2. Kemudian siswa tuntas meningkat lagi pada siklus kedua menjadi 28 siswa atau 84,9% dengan nilai ratarata 77,6 yang melampaui target pencapaian indikator sebesar 70. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran ini masuk kategori baik.

 

 This research aims to: (1) improve student’s activity during Social Studies (IPS) learning process with the basic competency of comparing  natural feature and social condition of neighbor countries; (2) improve students IPS learning outcomes; and (3) produce innovative IPS  learning media that can improve students motivation and outcomes in learning natural features and social condition of neighbour countries. The method of this research is a classroom action research that using Kemmis and Mc. Taggart model. The background of this research are students low mastery on thismaterial; students less activity during the learning process; students less interes in the method and media applied by the researcher. This innovative work consists of two kinds of media, namely Roda Putar (Swivel Wheel) and Puzzle Pintar (Smart Puzzle). Roda Putar (Swivel Wheel) is made of iron and plate of used parabole. Puzzle Pintar (Smart Puzzle) is made of styrofoam and asturo paper.Swivel wheel stop and point to a country of which its smart puzzle should be arranged by the students. The results of this media application is the increase of grade VI students motivation and outcomes in learning IPS on natural features and social condition of neighbour countries. The result shows that at cycle-I, out of 33 students who accomplished the material learning, 16 students or 48,5% got average score of 68,2. At cycle-II, 28 students or 84,9% accomplished the material learning with the average score of 77,6, which is over the targeted score, i.e 70. Based on the observation, the learning process is categorized good.

Author Biography

Nike kurnia Dewi, SDN Sindangsari 05

UPT DINAS P DAN K KECAMATAN MAJENANG

PENATA MUDA TK.I / III B

References

Agung, I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru.

Jakarta: Bestari Buana Murni.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Arifah, F. (2016). Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif

dan Profesional. Yogyakarta: Araska.

Arsyad, A. (1995). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Perkasa.

Barnawi & Arifin, M. (2014). Pengembangan Keprofesionalan

Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran.

Semarang: IKIP Semarang Press.

Djamarah, S. B. & Aswan Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ischak. (2004). Pendidikan IPS di Sekolah Dasar.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media

Mulyono, 1995. Pengertian dan Karakteristik IPS. Jakarta: P3C

Rismiyati, C. (2008). Pembelajaran IPS yang Kontekstual.

Yogyakarta: USD.

Ristasa, R. & Prayitno. (2006). Panduan Penulisan Laporan Perbaikan

Pembelajaran. Purwokerto: UPBJJ UT Purwokerto.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, N. S dan Erliana. S. (2012). Kurikulum & Pembelajaran

Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumaatmaja, N. (2003). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas

Terbuka

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran.

Jakarta: Kata Pena.Jurnal/Skripsi/Tesis/Disertasi

Darmawan, D., (2013). Teknologi Pembelajaran.

Jurnal Istoria Vol.12 , No.1, pp 31 – 40.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik Vol. 21 No. 2

Desember 2017, pp123 - 132.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Fisika

Indonesia 7, pp 128- 133.

Sadiman, Rahardjo, Haryono A, dan Rahardjito. (2007). Media

Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jurnal Kwangsan. Vol. I - Nomor 1, pp 57 – 69.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2008). Motivation in

Education, Theory, Research, and Applications. Third Edition.

Jurnal Psikologi Vol.41 , No.2, Desember 2014: pp 218 – 228.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 02,

pp 410 – 419.

Sunaengsih, C. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu

Pembelajaranpada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Teknodik

Vol. 22 No. 1, pp 35.

Susiana, N. (2015). Program Pembelajaran Kimia untuk

Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA. e-Journal Program

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi

Pendidikan Dasar Volume 5, pp 1 – 11

Suyono, M. (2018). Media Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif

dan Desain Aplikasinya. Jurnal Teknodik Vol. 22 No. 2, pp 133 –

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya

– Analisis di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi dan

Komunikasi Vol. 3 No.1, pp 49 – 53.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2013). Strategi Pembelajaran

Aktif. Jurnal Pendidikan Biologi Unnes . Volume 5, Nomor 1, pp

-95

Yunniartien, E. (2017). Penggunaan Media Roda Pintar Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 1 Dasan

Tereng.Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Pratiwi, Y. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan

Sosial Melalui Media Gambar Berbentuk Puzzle Pada Siswa Kelas

IV SD Bangunharjo Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

Dewi, N. kurnia. (2020). PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR PUZZLE PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SD. Jurnal Teknodik, 79–89. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.335

Citation Check