FLIPPED CLASSROOM MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT TECHNOPRENEUR SISWA SMK

Main Article Content

Ali Basyah

Abstract

Abstrak: Kemajuan negara dicapai dari seberapa besar lulusan pendidikannya dapat menghasilkan wirausaha. Apabila lebih dari 4% lulusan dapat menjadi wirausaha maka kemajuan negara mudah dicapai. SMK memiliki aims pada lulusannya yang dikenal dengan BMW yaitu bekerja, melanjutkan dan berwirausaha. Kelas wirausaha Multimedia diharapkan meningkatkan minat dan kemampuan siswa terjun dalam wirausaha khususnya technopreneur. Minat siswa SMK setelah lulus hampir 65% ingin bekerja, 33% ingin melanjutkan, hanya 2% siswa yang berminat berwirausaha terutama yang berlatar belakang keluarga pengusaha. Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Kurilkulum 2013 revisi 2017 ini menerapkan program Kelas Terbalik (Flipped Classroom) untuk menumbuhkan semangat berwirausaha yang maksimal. Studi pada tahun 2017 didapatkan bahwa minat awal siswa berwirausaha hanya 3%, pada semester ganjil dapat tumbuh hingga mencapai 30% sedangkan diakhir semester genap (kelulusan) berdasarkan penelusuran minat terjun dalam technopreneur mencapai 55%. Dengan rincian 34% murni berwirausaha baru, 12% melanjutkan usaha keluarga dan melanjutkan studi, 54% berwirausaha sambil melanjutkan studi. Kesimpulan dari studi ini adalah melalui Flipped Classroom Material dapat menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa Kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Mojokerto.

Article Details

How to Cite
Basyah, A. (2018). FLIPPED CLASSROOM MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT TECHNOPRENEUR SISWA SMK. Jurnal Teknodik, 21(3), 25. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.320
Section
Articles
Author Biography

Ali Basyah, Dinas Pendidikan Jawa Timur SMKN 1 Mojokerto

Mengajar : Guru MultimediaInstansi : SMKN 1 MojokertoPangkat /Golongan : Penata Tk. I / III.dJabatan : Guru Muda 

References

Ardichvili, A., Cardozo, R. N., Tune, K, & Reinach, J. (2002). The role of angel investors in the assembly of non-financial resources of newventures: conceptual framework and empirical evidence. Journal of Enterprising Culture, 8(2), 103-119

Ardichvili, A., Cardozo, R., & Ray, S. (2003). A theory of entrepreneurial opportunity identification and development. Journal of Business Venturing, 18(1), 105-123.

Ardichvili, A. & Gasparishvili, A. (2003). Russian and Georgian entrepreneurs and non-entrepreneurs: A study of value differences. Organization Studies 24(1), 29-46.

Artikata.com (online). Kamus difinisi.

Fayolle, Alain, 2007, Handbook of Reseach in Entrepreneurship Education, Vol 2, Edward Elgar Publishing Limited, Glos GL50 1 UA, UK

Friedman, T., (2005). The World Is Flat. New York: Farrar, Straus and Giroux.

Goldberg, D. E., Sastry, K., Ohsawa, Y. (2002). Discovering Deep Building Blocks for Competent Genetic Algorithm Using Chance Discovery via KeyGraphs. Download Publication

http://www.merriam-webster.com/ (online). Kamus istilah online.

Tomlinson, C. (2003). Differentiation in Practice: A Resource Guide for Differentiating Curriculum. Alexandria, VA: ASCD.

____, World Economic Forum, on https://www.weforum.org/reports/the-global-competitiveness-report-2016-2017-1