EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MEDIA EASY JAVA SIMULATIONS
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Annisa Rahmatika. 2009. Meningkatkan Kreatifitas dan Efektifitas dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivis di kelas VII MTS AL-Ma’had An-Nur Bantul. Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Christian, W. & Esquembre, F. 2007. Modeling Physics with Easy Java Simulations. Journal The Physics Teacher, 45 (8), 475-480. American Institute of Physics (AIP) Publishing, 1305 Walt Whitman Road, Suite 300, Melville, NY 11747. Sumber: https://aapt.scitation.org/ doi/10.1119/1.2798358
Esquembre, F, 2004. Easy Java Simulations: A Software Tool to Create Scientific Simulations in Java. Journal Computer Physics Communications. vol. 156, 2004, pp. 199-204.
Kuswoyo, A. 2009. Belajar Fisika Itu Asyik, artikel di dalam jurnal Fisik@net : Portal Informasi Ilmiah Terkait dengan Ilmu Fisika. ISSN 2086- 5325. (diakses tanggal 25 Mei 2015).
Surgaria, F., dkk. Aplikasi visualisasi pembentukan bayangan benda untuk pembelajaran Fisika SMA Materi lensa tipis bikonveks dan bikonkaf. Surabaya. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Informatika ITS. Sumber: http://digilib.its.ac.id/public/ITSUndergraduate-9795-Paper (diakses tanggal 28 Mei 2015).
Wee Loo Kang L. 2009. EJS Open Source Converging & Diverging Lens Object Image High School Java Applet. Sumber: http://iwant2 study.org/lookangEJSs/04waves_13light/ (diakses tanggal 29 Mei 2015).
Tawil, Muh. 2014. Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa, artikel di dalam Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, Jilid 20, nomor 1. Juni 2014. hlm 100-106. Sumber: http://journal.um.ac.id/index. php/jip/ article/view/4384/1051 (Diakses tanggal 29 September 2017).
Yuliana, F. H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Sabtu, 07 November 2015. ISBN: 978-602-8580-19-9. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Esquembre, F. 2002. Easy Java Simulations, the Manual for EJS version 3.1. 2002. Sumber: http://webs.um.es/jmz/IntroFisi Compu/ EJS/EJSAppendices3.1.pdf (diunduh 10 Mei 2015)
Esquembre, F & Sanchez, J. 2005. Easy Java Simulations. 9th Workshop on Multimedia in Physics Teaching and Learning.Sumber:http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/ download?doi=10.1.1.462.4312&rep=rep1& type=pdf (diunduh 10 Mei 2015).