PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IKATAN ION

Authors

  • Rubiman dan Siti Raudhatul Kamali Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - LIPI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.3

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mendukung proses belajar-mengajar kimia. Pemilihan media pembelajaran berdasarkan materi yang diajarkan pada materi kimia sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini digunakan media pembelajaran bongkar pasang untuk mempermudah pemahaman konsep ikatan ion. Media bongkar pasang ikatan ion merupakan seperangkat alat yang terdiri dari dua jenis model yang menggambarkan ion positif dan ion negatif yang berfungsi untuk membantu penulisan rumus senyawa kimia yang terbentuk pada proses pembentukan ikatan ion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar berbantuan media bongkar pasang ikatan ion dengan yang tidak berbantuan media pembelajaran. Pada penelitian diperoleh ada perbedaan perolehan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media pembelajaran bongkar pasang ikatan ion dengan siswa yang tidak menggunakan media bongkar pasang ikatan ion pada siswa SMU kelas X dan XI IPA.

Author Biography

Rubiman dan Siti Raudhatul Kamali, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - LIPI

STKIP Hamzanwadi Selong Lombok Timur Universitas Negeri Mataram NTB-Fakultas MIPA

Published

2013-08-04

How to Cite

Siti Raudhatul Kamali, R. dan. (2013). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IKATAN ION. Jurnal Teknodik, Hal. 1 – 8. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.3

Citation Check