EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO DAILY ENGLISH CONVERSATION PADA SISWA SMP DI YOGYAKARTA

Main Article Content

Suparti - Suparti

Abstract

Abstrak: Belajar bahasa Inggris idealnya mempelajari semua keterampilan berbahasa yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Namun, keterampilan menyimak dan berbicara merupakan hal sulit di kalangan pebelajar. Daily English Conversation (DEC) berusaha menjawab permasalahan tersebut dengan menyediakan sumber belajar yang relevan. Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas model DEC ditinjau dari aspek kualitas isi/materi dan materi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, kuesioner dan wawancara. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2016 dengan populasi siswa-siswa SMP di lembaga bimbingan belajar SSC-I Yogyakarta. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yang melibatkan 36 responden siswa. Selain siswa, dilibatkan juga dua praktisi pendidikan/pengajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: 1) ditinjau dari aspek isi/materi pembelajaran yang meliputi pengembangan kemampuan menyimak dan berbicara, cakupan materi, penyajian materi, tingkat kesulitan materi, dan penggunaan bahasa menunjukkan tingkat efektifitas sebesar 74,7%; 2) ditinjau dari aspek media yang meliputi kecepatan ucapan, kejelasan dan kemenarikan suara, tune program, penggunaan efek suara, ilustrasi musik, durasi, dan kemudahan penggunaan efektifitas model media audio DEC menunjukkan persentase sebesar  70,1%. Secara umum, model media audio DEC dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris khususnya menyimak dan berbicara. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terkait pengembangan materi dan pengemasan program pada pengembangan model berikutnya.Kata kunci: evaluasi, media audio, Daily English Conversation. Abstract: Learning English ideally learns listening, speaking, reading, and writing skills. In fact, speaking and listening are not easy for English learners. Daily English Conversation (DEC) is one of the solutions to overcome the problem by providing English learning resources. The study aimed at evaluating the quality of DEC audio media from the content and media aspects. The population of this research was SSC-I Yogyakarta students. The sample was taken by using simple random sampling. There were 36 students and two practitioners involved in this study. The data were collected by using some instruments namely, observation sheet, questionnaire and interview guide. The result showed that: 1) the appropriatness of the content aspect showed an average percentage of 74.7% whereas 2) the media aspect showed an average percentage of 70.1%. The content aspect included the development in speaking and listening skills, material depth, presentation order, difficulty level, and language use whereas the media aspect included the voice speed, the clarity, voice quality, tune music, sound effect usage, music illustration, and duration. In fact, this audio media could be used as English learning resources to improve speaking and listening skills. However, some improvements were needed regarding to the material development and the packing of the program in the next audio media development.Key words: evaluation, audio media, Daily English Conversation

Article Details

How to Cite
Suparti, S. .-. (2018). EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO DAILY ENGLISH CONVERSATION PADA SISWA SMP DI YOGYAKARTA. Jurnal Teknodik, 21(2), 167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.288
Section
Articles

References

PUSTAKA ACUAN

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman TeoritisPraktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, A.E, Sunardi, dan Nurkamto, Joko. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play dan Story Telling Berbantuan Video terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2 No.3 Mei 2014.

Alzuhdy, Yosa A. 2014. Meningkatkan Keterampilan Listening Lewat

Sumber-sumber Belajar Online, [online]. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/yosa-abduh-alzuhdy-ss-mhum/artikel-ppm-belajar-listening-lewat-online.pdf. Diakses 1 Agustus 2017.

Citra, Shelvy Dwi. 2016. Ini Hasil Survei EF Soal Skill Berbahasa Inggris Masyarakat Indonesia, [online]. http://marketplus.co.id/2016/05/ini-hasil-survei-ef-soal-skill-berbahasa-inggris-masyarakat-indonesia/. Diakses 1 Agustus 2017.

Forest, Ed. 2014. ADDIE Model: Instructional Design, [online]. https://educationaltechnology.net/the-addie-model-instructional-design/. Diakses 8 Agustus 2017.

Larasati, Rinu. 2017. Media Audio Pembelajaran, [online], https://civitas.uns.ac.id/rinularasati/2017/05/07/media-audio-pembelajaran/. Diakses 10 Agustus 2017.

Mulyati, Yeti. _____. Modul 1. Hakikat Keterampilan Berbahasa. [online], www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/.../pdfmk/PDGK4101-M1.pdf. Diakses 10 Agustus 2017.

Nurhayati. 2008. Studi Perbandingan Metode Sampling antara Simple Random dengan Stratified Random. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS. Vol. 3 No.1 Mei 2008.

Nurkamto, Joko. ___. Problema Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. http://linguistik-indonesia.org/images/files/ProblemPengajaranBahasaInggrisdiIndonesia.pdf. Diakses 9 Agustus 2017.

Rahadi, Aristo. 2016. Evaluasi Pengembangan dan Pemanfaatan Media. Yogyakarta: Bahan Pelatihan Penyusunan Instrumen Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran tanggal 13 April 2015 di hotel Sahid Raya, Yogyakarta.

Risa, S. 2015. Hubungan antara Keterampilan Menyimak Informasi melalui Media Audio Visual dan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Widya Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2014/2015. Tanjungpinang: Fakultas Kepengajaran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Suparti. 2016. Evaluasi Model Media Audio Permata Nusantara untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Teknodik Vol. 20 - Nomor 1, Juni 2016.

Susanti, Mariana, 2017. Sesjen Kemdikbud: Tingkatkan Peran Lembaga dan Sinergi Organisasi, [online], http://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/1552/sesjen-kemdikbud-tingkatkan-peran-lembaga-dan-sinergi-organisasi.html. Diakses 11 Agustus 2017.

Sayuri. 2017. English Speaking Problems of EFL Learners of Mulawarman University. Indonesian Journal of EFL and Linguistics

Vol. 1 No. 1, 2016.

Tumlos, James. 2010. Audio Media Resources. [online]. https://www.slideshare.net/JamesTumlos/audio-media-resources. Diakses 10 Agustus 2017.

Valentina, Jessicha. 2016. Indonesia ranks 32nd in English Proficiency, [online], http://www.thejakartapost.com/youth/2016/12/15/indonesia-ranks-32nd-in-english-proficiency-index.html. Diakses 1 Agustus 2017.

Wang, Victor C.X. 2010. Assessing and Evaluating Adult Learning in Career and Technical Evaluation. Hangzhou: Zhejiang University Press.