KELAYAKAN MODUL PRAKTIK DASAR-DASAR AKUTANSI BERBASIS SPREADSHEET DENGAN PENDEKATAN SIKLUS TRANSAKSI

Main Article Content

I Made Ariana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menguji kelayakan modul praktik dasar-dasar akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model Borg & Gall yang difokuskan pada tahap pengujian kelayakan modul. Subjek uji coba adalah kelompok ahli dan pengguna. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif, dan data kuantitatif  dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase yaitu dengan membandingkan jumlah jawaban dalam 1(satu) butir dengan jumlah jawaban ideal dalam 1(satu) butir. Kelayakan modul praktik dasar-dasar akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi ditentukan dengan membandingkan persentase aspek yang diukur dengan skala penilaian kelayakan. Simpulan penelitian ini adalah: (1) modul  praktik dasar-dasar akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi dikembangkan berdasarkan aplikasi akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi, dan (2) modul  praktik dasar-dasar akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi sangat layak dari aspek isi, penyajian, kegrafikaan, dan kebahasaan. Sebagai tindak lanjut hasil penelitian disarankan untuk menggunakan modul praktik dasar-dasar akuntansi berbasis spreadsheet dengan pendekatan siklus transaksi dalam pembelajaran karena berdasarkan hasil penelitian, modul ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Modul ini juga sangat membantu dosen pengampu mata kuliah dan peserta didik dalam pembelajaran praktik dasar-dasar akuntansi.

Article Details

How to Cite
Ariana, I. M. (2018). KELAYAKAN MODUL PRAKTIK DASAR-DASAR AKUTANSI BERBASIS SPREADSHEET DENGAN PENDEKATAN SIKLUS TRANSAKSI. Jurnal Teknodik, 21(2), 145. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.271
Section
Articles

References

Ariana, I Made. 2016. Pengembangan Aplikasi Akuntansi dengan Microsoft Excel dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Mataram. Jurnal Valid. Vol. 13, No. 2.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dikti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar. Sumber: www.http://dikti.go.id/files/atur/ KTSP. Diakses tanggal 1 Maret 2014.

Harijanto, Mohammad. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Yogyakarta. Jurnal Didaktika, Vol. 2 No.1.

Kemdikbud. 2011. Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Pamungkas, Bambang dan Triandi. 2007. Telaahan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Akuntansi (Menggunakan Microsoft Excel) dalam Penyajian Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Kesatuan. Bogor. Volume 9 No. 2.

Pujiati. 2007. Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntansi untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Yogyakarta. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 4 No. 2.

Ramdani, Yani. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 13 No. 1.

Samryn. 2012. Pengantar Akuntansi, Mudah Membuat Jurnal dengan Pendekatan Siklus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarta, I Komang. 2008. Metode Pembelajaran Laboratorium Pengantar Akuntansi Menggunakan Microsoft Excel pada Jurusan Akuntansi di Politeknik Negeri Bali. Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksa. No. 2.

Triandi dan Stephanie, Thresia. 2010. Penerapan Proses Akuntansi Menggunakan Microsoft Excel pada Perusahaan Sinar Harapan. Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading. Volume 10 No. 2.

Trisnaningsih, 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik. Yogyakarta. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 4 Nomor 2.

Universitas Brawijaya. 2010. Pedoman Umum Penulisan Bahan Ajar. Malang: Pascasarjana Unibra.

Universitas Islam Indonesia. 2009. Panduan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Program Studi di Lingkungan Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Universitas Padjadjaran. 2011. Pedoman Penulisan Buku Ajar. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Widodo, S. Chomsin dan Jasmadi. 2008. Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.