PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.266Keywords:
Keywords, writing ability, jigsaw, cooperative learning, Kata Kunci, Kemampuan menulis, pembelajaran kooperatifAbstract
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Objek penelitian ini adalah mahasiswa UT Pekanbaru Semester VI Tahun Ajaran 2015.2 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data ini dilakukan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk memeroleh data kemampuan menulis mahasiswa, sedangkan teknik nontes digunakan untuk memperoleh data observasi dosen dan mahasiswa. Data kemampuan menulis dianalisis dengan memberikan penilaian terhadap karangan mahasiswa, yaitu ide/topik karangan (20%), isi (40%), ejaan yang disempurnakan (EYD) (20%), dan sistematika penulisan (20%). Setiap item diberikan skor untuk mengetahui ketuntasan mahasiswa secara individu. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan setiap proses pembelajaran baik aktivitas dosen maupun aktivitas mahasiswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa UT Pekanbaru dilihat dari jumlah mahasiswa yang tuntas setiap siklus. Mahasiswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 orang dan pada siklus II sebanyak 21 orang. Dalam pemilihan tema/topik karangan rata-rata kelas adalah 67,64, isi atau kualitas karangan 67,50, penilaian EYD 68,68, dan sistematika penulisan 67,77. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai 67,82. Namun, pada siklus II terjadi peningkatan dalam pemilihan tema/topik karangan rata-rata kelas adalah 74,32, isi atau kualitas karangan 75,55, rata-rata skor EYD 75,79, dan sistematika penulisan 75,14. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai 75,23.Kata Kunci: Kemampuan menulis, jigsaw, pembelajaran kooperatifDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):