PERSEPSI GURU PESERTA TOT PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2015 TERHADAP KELAS MAYA

Main Article Content

Arie Kurniawan

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai persepsi guru peserta Training of Trainer (TOT) tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2015 terhadap salah satu fitur yang terdapat pada portal Rumah Belajar, yaitu fitur Kelas Maya. Artikel ini meliputi bagaimana persepsi guru terhadap tampilan kelas maya, kemudahan memanfaatkannya, keuntungan memanfaatkannya dan hambatan yang dihadapi dalam memanfaatkan Kelas Maya. Penelitian ini menggunakan kuesioner serta wawancara dan hasilnya disajikan secara deskriptif kuantitatif. Hasil kajian menyatakan bahwa Kelas Maya menarik dari segi tampilan, mudah digunakan dari sisi navigasi namun perlu dibuat lebih sederhana terutama prosedur ketika akan membuat materi ajar. Keuntungan memanfaatkan Kelas Maya antara lain bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, namun ada hambatan yang dihadapi yaitu keterbatasan sarana dan prasarana serta rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. (2017). PERSEPSI GURU PESERTA TOT PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2015 TERHADAP KELAS MAYA. Jurnal Teknodik, 21(1), 001. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.264
Section
Articles

References

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. 2014. Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Chaeruman, Uwes Anis. 2005. Integrasi Teknologi Telekomunikasi dan Informasi ke dalam Pembelajaran. Makalah di dalam buku Teknologi Pembelajaran: peningkatan daya saing sumber daya manusia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Permendikbud No. 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompas.com. 2011. “Belajar Tanpa Batas di Rumah Belajarâ€. Sumber: Website: http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/15/18332747/Belajar.Tanpa.Batas.di. Rumah.Belajar (diakses tanggal 16 Februari 2015)

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, Ai Sri, dkk. 2014. Teknologi Rumah Belajar. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Pustekkom. 2013. Kelas Maya: Panduan Pengguna Sistem-Guru.

Pustekkom. 2014. Bahan Presentasi Bimbingan Teknis Pengelolaan PPB. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Solikin. 2013. Persepsi Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi, dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. artikel di dalam Jurnal ilmiah pendidikan bimbingan dan konseling Fakultas ilmu pendidikan IKIP Veteran Semarang Vol 1, No 1. Semarang. Fakultas ilmu pendidikan IKIP Veteran Semarang

Sulastri. 2012. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Terorisme di Televisi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suwito. 2012. Tinjauan Teori tentang Persepsi. http://www.academia.edu/6123394/Teori_persepsi (diakses tanggal 24 Maret 2015)

Telkom. 2014. Laporan Akhir Tahun Pelaksanaan Pekerjaan Jasa Sewa Bandwidth Zona Sekolah Tahun 2014. Jakarta. PT. Telkom

Thoha, Miftah. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trilling, B & Hood, P. 1999. Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age, or “We’re Wired, Webbed, and Windowed, Now What?â€. Educational Technology.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.

Yaniawati, R. Poppy. 2005. Virtual Learning: Pembelajaran Masa Kini dan Masa Datang. Makalah di dalam bukuTeknologi Pembelajaran: peningkatan daya saing sumber daya manusia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Website:http://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/( diakses tanggal 23 Maret 2015)

Website:http://kbbi.web.id/persepsi (diakses tanggal 23 Maret 2015)

Website:http://www.prowebpro.com/articles/navigasi_yang_baik_pada_sebuah_website.html (diakses tanggal 5 Mei 2015)

Website:http://www.zainalhakim.web.id/posting/tampilan-web-terbaik.html (diakses tanggal 7 Mei 2015)