STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN APLIKASI BANK SOAL DALAM RUMAH BELAJAR

Main Article Content

Siti Mutmainah

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dunia pendidikan dalam pengembangan alat penilaian hasil belajar siswa. Pemanfaatan teknologi dalam penilaian memberikan potensi yang tinggi serta nilai tambah melalui pengumpulan dan analisis data yang akurat. Keberadaan bank soal bermanfaat untuk mengatasi masalah guru ketika ingin melakukan penilaian. Setiap kali akan mengkonstruksi tes untuk penilaian, para guru tinggal mengambil butir-butir soal yang telah ada di bank soal. Selain mempermudah dalam penyusunan instrumen tes, juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai. Portal Rumah Belajar sebagai portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyediakan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran. Guna mendukung tugas guru dalam melakukan penilaian, Rumah Belajar mengembangkan fitur Bank Soal yang diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian soal dan aktivitas penilaian dari dan untuk komunitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui petikan hasil evaluasi aplikasi Bank Soal yang telah dikembangkan sebelumnya. Dari hasil studi yang dilakukan diperoleh bahwa pada pengembangan aplikasi Bank Soal, masih ada kekurangan yang signifikan pada tampilan, navigasi, dan database. Sehingga disimpulkan bahwa aplikasi Bank Soal masih perlu perbaikan agar dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Article Details

How to Cite
Mutmainah, S. (2017). STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN APLIKASI BANK SOAL DALAM RUMAH BELAJAR. Jurnal Teknodik, 21(1), 014. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.263
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 2014, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Febriyana, Ikfan. 2015. Pengembangan Aplikasi Bank Soal Matematika Berbasis Web Untuk Mendukung Proses Evaluasi Dan Belajar Mandiri Siswa Di SMA Negeri 1 Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/26577/7/BAB%20II.pdf diakses pada tanggal 11 Januari 2016.

Kurniawati, Ika. 2011. Modul Pelatihan: Pengujian Prototipa Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Maslan, Andi. Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0. Universitas Putera Batam. https://www.academia.edu/7939246/PENGUKURAN_KUALITAS_LAYANAN_WEBSITE_PEMERINTAH_KOTA_BATAM_MENGGUNAKAN_METODE_WEBQUAL_4.0 diakses pada tanggal 23 Januari 2016.

Mudjijo. 2005. Tes Hasil Belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Mutmainah, Siti. 2014. Modul Pelatihan: Evaluasi Media dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Purwanto, M.Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rauschenberger, Maria, dkk. 2013. Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. International Journal of Artificial Intelligence and Interactive Multimedia, Vol. 2, No. 1. http://www.ueq-online.org/wp-content/uploads/EfficientMeasurementOfTheUserExperienceOfInteractiveProducts.pdf. Diakses tanggal 23 Januari 2016.

Schrepp, Martin. 2015. User Experience Questionnaire Handbook. www.ueq-online.org. diakses pada tanggal 23 Januari 2016.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumardyono dan Wiworo. 2011. Program Bermutu: Pengembangan dan Pengelolan Bank Soal Matematika di KKG/MGMP. PPPPTK Matematika.

Suyata, Pujiati, dkk. 2011. Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan, Volume 41, Nomor 2, November 2011. http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2218/1830. Diakses bulan April 2016.

Yusuf, A. Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Website: http://survei.belajar.kemdikbud.go.id/index.php/675982?lang=id

Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/ISO_9241

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003.