DESAIN INSTRUKSIONAL PROGRAM GURU PEMBELAJAR MODA DARING DAN DUKUNGANNYA TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBELAJAR DEWASA

Authors

  • Indarti Indarti PPPPTK Matematika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.259

Keywords:

desain pembelajaran, guru pembelajar, karakter pembelajar dewasa

Abstract

Guru memiliki peranan sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Berkenaan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Program Guru Pembelajar untuk menjamin keberlangsungan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru. Program ini berbasis pada data nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015. Salah satu representasi program ini adalah pelatihan guru. Modalitas pelatihan yang digunakan antara lain adalah daring murni. Modalitas ini membutuhkan desain pembelajaran yang khusus untuk dapat memfasilitasi peserta dengan latar belakang literasi komputer yang sangat beragam, serta karakteristik khusus mereka sebagai pembelajar dewasa yang akan mempengaruhi keberhasilan tujuan pembelajaran dari program ini. Tulisan ini akan membahas karakter khusus tersebut berkaitan dengan keterlibatan mereka sebagai pembelajar dewasa dalam kelas digital, serta desain pembelajaran (instructional design) yang ditujukan untuk memfasilitasi peserta mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan naskah ini adalah literatur review dan studi kasus tehadap sejumlah peserta Guru Pembelajar yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika tahun 2016. Hasil studi memperlihatkan bahwa Program Guru Pembelajar Moda Daring memiliki desain instruksional yang relatif memenuhi kebutuhan peserta dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran para pesertanya.

Author Biography

Indarti Indarti, PPPPTK Matematika

Pengembang Teknologi Pembelajaran

References

Brey R. 1998. Constructivism in Mass Higher Education: A Case Study, British Journal of Education Technology.

Brown. 2000. Growing Up Digital: How The Web Changes Work, Education, And The Ways People Learn, Change: The Magazine of Higher Learning, Vol. 32, 2000-Issue 2, pp 11 – 20.

Cercone, K. 2008. Characteristics Of Adult Learners With Implications For Online Learning Design, AACE Journal, 16(2), pp 137-159.

Donal, E. 1999. Toward a Phylosophy of Instructional Technology: Thirty Years On, British Journal Of Educational Technology, Vol. 3 No. 4, 1999 pp 305-310

Huang, H. 2002. Toward Constructivism For Adult Learners In Online Learning Environment, Britislh Jourrnal of Educational Teclznology, Vol. 33 No. 1, 2002 pp 27-37.

Jonassen, D., Davidson, M., Collins M., Campbell J., Haag B. 1995. Constructivism and Computer Mediated Communication in distance Education. http://www.themedfomscu.org/media/elip/ jonassen95.pdf diakses 28 Oktober 2016

Kemdikbud. 2016. Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring, Jakarta: Kemdikbud

Kumar, S. Dan Dutta, K. 2011. Investigation on security in LMS Moodle, International Journal of Information Technology and Knowledge Management, Vol. 4, No. 1, 2011, pp 233-238.

Mayes, Terry dan de Freitas, Sara. 2010. JISC e-Learning Models Desk Study, Stage 2: Review of e-learning theories, frameworks and model, https://www.jisc.ac.uk/, diakses 17 Maret 2017.

McGill, Tanya J. And Klobas, Jane E. 2009. A Task-technology Fit View of Learning Management System Impact, Jurnal Computer & Education. No. 52, 2009, pp 496-508.

PPPPTK Matematika. 2015. E-Learning untuk PKB Guru, Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Rahima Sari I, dkk. 2016. Suplemen Modul Berbasis Pembelajaran Aktif: Fasilitasi oleh Mentor pada Kelas Daring. Jakarta: Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Steen, H.L. 2008. Efective eLearning Design, MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, Vol. 4, No. 4, December 2008.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Vonderwell, S., Liang, X, dan Alderman, K. 2007. Asynchronous Discussions and Assessment in Online Learning, Journal of Research on Technology in Education, Vol. 39, No.3, pp 309-328

Widodo. 2014. Three Training Strategies for Improving Mathematics Teacher Competencies in Indonesia 2015-2019 Based on Teacher Competency Test (TCT) 2012-2014. Electronic Proceedings of The 19th Asian Technology Conference in Mathematics (ATCM) 2014, Yogyakarta, November 2014.

Published

2018-02-13

How to Cite

Indarti, I. (2018). DESAIN INSTRUKSIONAL PROGRAM GURU PEMBELAJAR MODA DARING DAN DUKUNGANNYA TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBELAJAR DEWASA. Jurnal Teknodik, 21(2), 111. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.259

Citation Check