EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO GELARIA (GERAK DAN LAGU ANAK CERIA)

Main Article Content

Kulsum Nur Hayati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media audio Gelaria dalam menstimulasikemampuan seni dan fisik motorik anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan teknik surveydi 8 propinsi, yaitu: DIY, Sulawesi Barat, NTT, Jawa Barat, Bengkulu, Jawa Timur, Banten, dan Kalimantan Selatan.Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 24 guru dan 80 anak didik. Judul mediaaudio Gelaria yang digunakan dalam pembelajaran yaitu “Angsaâ€. Teknik pengumpulan data dengan observasipemanfaatan model, kuesioner tentang pemanfaatan Gelaria untuk pendidik PAUD, dan lembar pengamatan surveyor.Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menafsirkan data tentang ketercapaian tujuan pengembangan model.Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa dapat menyanyikan lagu sesuai nada dan irama musik dengan baik (85%);dan 2) siswa dapat melakukan gerakan sesuai lirik lagu dan irama musik dengan baik (85%). Gerakan yang dilakukanberagam, mulai dari menggerakkan kepala sampai menggerakkan kaki. Hasil penelitian juga menunjukkan jenis-jenisgerakan yang siswa mengalami kesulitan dalam melakukannya. Berdasar hasil penelitian saran yang perlu ditindaklanjutiyaitu Gelaria perlu dikembangkan lebih lanjut dengan jenis gerakan yang lebih bervariasi dan simpel serta lagu yangmudah dihafalkan oleh anak usia dini. Gelaria perlu dikembangkan lebih lanjut agar kemampuan fisik motorik anakdapat distimulasi dengan tepat dan membantu guru yang kesulitan dalam menumbuhkembangkan fisik motorik anak.Kata Kunci: evaluasi, seni, fisik motorik, media audio Gelaria.Abstract: This study aimed to evaluate the use of audio media Gelaria in stimulating artistic ability and physical motorskills of young children. This study is the evaluation of the survey technique in 8 provinces of Yogyakarta, WestSulawesi, East Nusa Tenggara, West Java, Bengkulu, East Java, Banten and South Kalimantan. The sampling techniqueused purposive sampling with a sample of 24 teachers and 80 students. Title Gelaria audio media used in the learningof “Angsaâ€. Data collection techniques with the use of a model observation, a questionnaire on the use Gelaria forearly childhood educators, and surveyor observation sheet. The data were analyzed descriptively to interpret data onthe achievement of the objectives of model development. The results showed: 1) students can sing songs to suit thetone and rhythm of the music with a good (85%); and 2) students can perform corresponding movements song lyricsand rhythm of the music with a good (85%). Movements performed diverse, ranging from moving the head to move thelegs. The results also suggest the kinds of movements that students have difficulty in doing so. Based on the resultsof research that need to be followed that advice Gelaria should be developed further with more varied types ofmovement and is simple and easy songs memorized by younger children. Gelaria need to be developed further sothat the physical capabilities of the child’s motor can be stimulated with the right and help teachers develop physicalmotor difficulties in children.Keywords: evaluation, art, physical motor skills,, audio media Gelaria.

Article Details

How to Cite
Nur Hayati, K. (2017). EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO GELARIA (GERAK DAN LAGU ANAK CERIA). Jurnal Teknodik, 20(2), 171. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.245
Section
Articles

References

Erlinda, Esti. 2014. Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Permainan Melempar dan Menangkap Bola.

Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Hildayani, R. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, Elizabeth, B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud No 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Kemdikbud.

Mini, Rose, dkk. 2007. Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak. Jakarta: Indocom Prima.

Muller, Jan, dkk. 2015. Motor training of sixty minutes one per week improves motor ability in children with congenital heart

disease and retarded motor development: a pilot study. Cardiology in the Young, 23, 717-721. Cambridge Universitr

press.

Nurhayati, Kulsum. 2012. Implementasi pendidikan karakter melalui pemanfaatan media audio PAUD. Proceeding Seminar

Nasional UNY: Implementasi Pendidikan Karakter dalam membangun Bangsa. Yogyakarta: IKA UNY Press.

Utami, Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Berbasis Soft Skill melalui Pembelajaran Senam Fantasi

pada Siswa Kelompok A RA Muslimat NU Magelang. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y. Rudianto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan anak TK. Jakarta: Dikti.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sundari, S., Rumini, S. 2004. Perkembangan Anak Remaja. Jakarta: Rinneka Cipta.

Vist, Torill. 2011. Music experience in early childhood: potential for emotion Knowledge?. IJEC. 43: 277-290. Norway:

University of Stavanger.

Kulsum Nur Hayati: Evaluasi Pemanfaatan Media Audio Gelaria (Gerak dan Lagu Anak Ceria)

Wang, MV., dkk. 2012. Co-occuring development of early childhood communication and motor skills: results from a populationbased longitudinal study. Child: care, health, and development. Norway: Norwegian Institute of Public Health.