MEDIA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS 3 SD BANYURIPAN

Main Article Content

NFn Isyani

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar yang diproyeksikan untuk meningkatkankualitas pembelajaran dan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas III SD.Penelitian ini menggunakan metodePenelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDBanyuripan yang berjumlah 16 siswa pada tahun pelajaran 2015-2016. Terdapat 4 indikator dalam penelitian ini,yaitu: (1) memperhatikan penjelasan guru tentang pembuatan puisi melalui gambar yang diproyeksikan, (2) menuliskanide puisi dengan bantuan gambar yang diproyeksikan, (3) menentukan 4 kata kunci dengan bantuagambar yangdiproyeksikan, dan (4) mengembangkan kata kunci menjadi bait puisi. Ada 4 indikator kompetensi menulis puisi,yaitu: (a) bunyi/rima, (b) diksi/pilihan kata, (c) bentuk visual, dan (d) makna. Hasil penelitian ini menunjukkanpembelajaran menggunakan media gambar yang diproyeksikan lebih tinggi daripada metode ceramah. Hal ini bisadilihat pada: (1) prosentase ketuntasan menulis puisi yang lulus KKM mencapai 87,5%, (2) Kualitas proses pembelajarannaik dari 70,83% menjadi 90,62%, (3) Nilai rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 68,50 (denganmetode ceramah) menjadi 77,69 pada siklus I menjadi 81,06% pada siklus II, (4) Temuan dalam penelitian ini adalahmedia gambar yang diproyeksikan dapat meningkatkan kompetensi menulis puisi siswa, namun diperlukan tambahanaktifitas pembelajaran yang berupa: (a) latihan menebak gambar, (b) menambah daftar kosa kata, dan (c) pemberianpedoman struktur kalimat lengkap dan tak lengkap.Kata Kunci: Media gambar yang diproyeksikan, keterampilan menulis, puisi.Abstract:The purpose of this research is to describe the application of slide image media in improving the skill ofpoem writing on the third grade of Banyuripan Elementary School, Kasihan, Bantul, Jogjakarta Province.This researchwas classroom action research method using Stephen Kemmis and Mc Taggart model. The subject of the researchwere sixteen students in the third grade of SD Banyuripan in the academic year 2015-2016. It was handle with twocycles. There are four indicators of learning process, thatare (1) giving the teacher’s explanation about how to makea poem, (2) writing the idea of poem based on the slide’s images (3) finding the four keywords based on the slide’simages proyected, (4) developing the keywords become the poem. A good poem has four basic characteristics,included: (a) rhyme, (b) diction, (c) visual type, and (d) meaning. The analysis technique was quantitative descriptiveapproach.The concludes is the result of theresearch using slides’ images is higher than ekspository method, they are:(1) the percentage of class competenceon poem writing over KKM (minimum competences) is 87,5%. It is higher thanthe first cycle that was 50%, (2) the quality of learning process increased from 70,83% to 90,62%. (3) the averageclassscore increased from 68,50 (using ekspository method) became 77,69% at first cycle to 81,06% at second cycleusing slide’s images proyected media, (4) the research findings is to increase the students’ capability on writing poemis required three adding activities, those are: (a) excercises for guessing picture’s content, and (b) providing vocabularies,(c) providing grammer guide, complete and uncomplete structure.Keywords: Slide’s images projected media, writing skill, poem.

Article Details

How to Cite
Isyani, N. (2017). MEDIA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS 3 SD BANYURIPAN. Jurnal Teknodik, 20(2), 155. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.244
Section
Articles

References

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.2010.

Arsyad, Azhar. 2015, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsini dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, Rina Ayu Sih. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas III

SDN Wonosari IV Kabupaten Gunung Kidul. Laporan Penelitian. FIP UNY.

Majid, Abdul.2012. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Maryanto, Joni. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Picture and Picture dengan Media Gambar

Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 01. Laporan Penelitian FIP UNS.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Group.

Sardjiyo,dkk, 2014. Pedidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Suryaman, Maman. 2005. Unsur Bentuk dan Makna Puisi. Yogyakarta: FB UNY.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif.Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Wachid B. S, Abdul, 2009, Analisis Struktural Semiotik, Yogyakarta: AK Group.

Waluyo, Herman J. 2005. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Wardhani, IGAK.dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.