MEDIA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS 3 SD BANYURIPAN
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.244Keywords:
Media gambar yang diproyeksikan, keterampilan menulis, puisi, Slide’s images projected media, writing skill, poemAbstract
kualitas pembelajaran dan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas III SD.Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD
Banyuripan yang berjumlah 16 siswa pada tahun pelajaran 2015-2016. Terdapat 4 indikator dalam penelitian ini,
yaitu: (1) memperhatikan penjelasan guru tentang pembuatan puisi melalui gambar yang diproyeksikan, (2) menuliskan
ide puisi dengan bantuan gambar yang diproyeksikan, (3) menentukan 4 kata kunci dengan bantuagambar yang
diproyeksikan, dan (4) mengembangkan kata kunci menjadi bait puisi. Ada 4 indikator kompetensi menulis puisi,
yaitu: (a) bunyi/rima, (b) diksi/pilihan kata, (c) bentuk visual, dan (d) makna. Hasil penelitian ini menunjukkan
pembelajaran menggunakan media gambar yang diproyeksikan lebih tinggi daripada metode ceramah. Hal ini bisa
dilihat pada: (1) prosentase ketuntasan menulis puisi yang lulus KKM mencapai 87,5%, (2) Kualitas proses pembelajaran
naik dari 70,83% menjadi 90,62%, (3) Nilai rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 68,50 (dengan
metode ceramah) menjadi 77,69 pada siklus I menjadi 81,06% pada siklus II, (4) Temuan dalam penelitian ini adalah
media gambar yang diproyeksikan dapat meningkatkan kompetensi menulis puisi siswa, namun diperlukan tambahan
aktifitas pembelajaran yang berupa: (a) latihan menebak gambar, (b) menambah daftar kosa kata, dan (c) pemberian
pedoman struktur kalimat lengkap dan tak lengkap.
Kata Kunci: Media gambar yang diproyeksikan, keterampilan menulis, puisi.
Abstract:The purpose of this research is to describe the application of slide image media in improving the skill of
poem writing on the third grade of Banyuripan Elementary School, Kasihan, Bantul, Jogjakarta Province.This research
was classroom action research method using Stephen Kemmis and Mc Taggart model. The subject of the research
were sixteen students in the third grade of SD Banyuripan in the academic year 2015-2016. It was handle with two
cycles. There are four indicators of learning process, thatare (1) giving the teacher’s explanation about how to make
a poem, (2) writing the idea of poem based on the slide’s images (3) finding the four keywords based on the slide’s
images proyected, (4) developing the keywords become the poem. A good poem has four basic characteristics,
included: (a) rhyme, (b) diction, (c) visual type, and (d) meaning. The analysis technique was quantitative descriptive
approach.The concludes is the result of theresearch using slides’ images is higher than ekspository method, they are:
(1) the percentage of class competenceon poem writing over KKM (minimum competences) is 87,5%. It is higher than
the first cycle that was 50%, (2) the quality of learning process increased from 70,83% to 90,62%. (3) the averageclass
score increased from 68,50 (using ekspository method) became 77,69% at first cycle to 81,06% at second cycle
using slide’s images proyected media, (4) the research findings is to increase the students’ capability on writing poem
is required three adding activities, those are: (a) excercises for guessing picture’s content, and (b) providing vocabularies,
(c) providing grammer guide, complete and uncomplete structure.
Keywords: Slide’s images projected media, writing skill, poem.
References
Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.2010.
Arsyad, Azhar. 2015, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsini dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, Rina Ayu Sih. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas III
SDN Wonosari IV Kabupaten Gunung Kidul. Laporan Penelitian. FIP UNY.
Majid, Abdul.2012. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Maryanto, Joni. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Picture and Picture dengan Media Gambar
Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 01. Laporan Penelitian FIP UNS.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Group.
Sardjiyo,dkk, 2014. Pedidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Suryaman, Maman. 2005. Unsur Bentuk dan Makna Puisi. Yogyakarta: FB UNY.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif.Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Wachid B. S, Abdul, 2009, Analisis Struktural Semiotik, Yogyakarta: AK Group.
Waluyo, Herman J. 2005. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Wardhani, IGAK.dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):