PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA INTERAKTIF MISCHIEF DAN KONVENSIONAL

Main Article Content

NFn Ismah
Sarah Afifah

Abstract

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat pemahaman konsep matematika siswamelalui media interaktif mischief dan media konvensional pada materi relasi dan fungsi. Objek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Kelas VIII-1 ditetapkan sebagaikelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakanmedia interaktif mischief sedangkan kelas kontrol menggunakan media konvensional. Metode penelitian yang digunakanadalah quasi eksperimen dengan hipotesis terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep matematika siswa melaluimedia interaktif mischief dan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkatpemahaman konsep matematika siswa melalui media interaktif mischief dan media konvensional. Hal ini terbukti darihasil perhitungan yang menunjukkan hasil uji-t (dua pihak) sebesar 2,162 lebih besar dari ttabel yakni 1,991 (2,162 >1,992). Selain itu, hasil perhitungan uji-t (satu pihak) menunjukkan thitung sebesar 2,162 lebih besar dari ttabel sebesar1,665 (2,162 > 1,665). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswayang diajar menggunakan media interaktif mischief lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan mediakonvensional. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi pihak sekolah dalam mengembangkanmedia pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Kata Kunci: pemahaman konsep matematika, audio visual, mischief, relasi dan fungsi.ABSTRACT:The objective of this study was to get to know the comparison between mathemtical concept understandingby students trough “mischief†interactive media and conventional media on the material of relations and functions. Theobject was the students of grade VIII at MTs Negeri 20 Jakarta in 2014/2015 Academic Year. Grade VIII-1 was statedto be the experimental class and grade VIII-2 was as the control class. The experimental class was taught by usingmischief interactive media while the control class was taught by using conventional media. This study used quasiexperiment with the hypothesis that there was difference in understanding level on mathematical concept by studentstaught by using mischief interactive media and those taught by conventional media. The result showed that there wasdifference in the use of mischief interactive media and conventional media in terms of the students’ understandinglevel on mathematical concept at experimental class and control class. This was proven by the result of calculationshowing the result of t-test (two parties) amounting to 2.162 greater than ttable which was 1.991 (2.162> 1.992). Inaddition, the calculation result of t-test (one-party) showed that thitung 2.162 was greater than ttabel 1.665 (2.162> 1.665).Based on the data analysis, it can be concluded that the average of students’ understanding on mathematical concepttaught by using mischief interactive media was higher than those taught by using conventional media. This studyresult is expected to be inspiring schools in developing information and communication technology based learningmaterial.Keywords: mathematical concept understanding, audio visual, mischief, relations and functions.

Article Details

How to Cite
Ismah, N., & Afifah, S. (2017). PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA INTERAKTIF MISCHIEF DAN KONVENSIONAL. Jurnal Teknodik, 20(2), 144. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.243
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 78 Th 2009, tentang Penyelenggaraan

Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar

Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: Depdiknas.

Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. PAKEMATIK (Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK). Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuncoro, dkk. 2014. Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 5. No. 2.

Nugroho, D, Setyo. 2014. Penggunaan Media Interaktif Mouse Mischief Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan

Afektif IPA Pada Kelas IV SDN Pucanggading Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud. No 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rahayuningrum. 2011. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIF di SMP Negeri Imogiri Bantul. LSM XIX

Lomba dan Seminar Matematika. http://eprints.uny.ac.id/6969/1/Makalah%20Peserta%205%20-

%20Rosalia%20Hera%20Rahayuningrum,%20S.Pd.pdf.

Sa’adah, Alliyatus dan Busthon, Muhammad Amil. 2013. Teknologi Multimouse Interaktif Dalam Penilaian Informal Untuk

Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Malang: International Journal of Education and Research. Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Van De Walle, John. 2008. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 1 Edisi Keenam.

Jakarta:Erlangga.

Wash, Pamela D. 2012. The Power of Mouse!. SRATE Journal. Summer 2012, Vol.21, Number 2, page 39-46.