PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA INTERAKTIF MISCHIEF DAN KONVENSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.243Keywords:
pemahaman konsep matematika, audio visual, mischief, relasi dan fungsi, mathematical concept understanding, relations and functionsAbstract
melalui media interaktif mischief dan media konvensional pada materi relasi dan fungsi. Objek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Kelas VIII-1 ditetapkan sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan
media interaktif mischief sedangkan kelas kontrol menggunakan media konvensional. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen dengan hipotesis terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep matematika siswa melalui
media interaktif mischief dan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat
pemahaman konsep matematika siswa melalui media interaktif mischief dan media konvensional. Hal ini terbukti dari
hasil perhitungan yang menunjukkan hasil uji-t (dua pihak) sebesar 2,162 lebih besar dari ttabel yakni 1,991 (2,162 >
1,992). Selain itu, hasil perhitungan uji-t (satu pihak) menunjukkan t
hitung sebesar 2,162 lebih besar dari ttabel sebesar
1,665 (2,162 > 1,665). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa
yang diajar menggunakan media interaktif mischief lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan media
konvensional. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi pihak sekolah dalam mengembangkan
media pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematika, audio visual, mischief, relasi dan fungsi.
ABSTRACT:The objective of this study was to get to know the comparison between mathemtical concept understanding
by students trough “mischief†interactive media and conventional media on the material of relations and functions. The
object was the students of grade VIII at MTs Negeri 20 Jakarta in 2014/2015 Academic Year. Grade VIII-1 was stated
to be the experimental class and grade VIII-2 was as the control class. The experimental class was taught by using
mischief interactive media while the control class was taught by using conventional media. This study used quasi
experiment with the hypothesis that there was difference in understanding level on mathematical concept by students
taught by using mischief interactive media and those taught by conventional media. The result showed that there was
difference in the use of mischief interactive media and conventional media in terms of the students’ understanding
level on mathematical concept at experimental class and control class. This was proven by the result of calculation
showing the result of t-test (two parties) amounting to 2.162 greater than ttable which was 1.991 (2.162> 1.992). In
addition, the calculation result of t-test (one-party) showed that t
hitung 2.162 was greater than ttabel 1.665 (2.162> 1.665).
Based on the data analysis, it can be concluded that the average of students’ understanding on mathematical concept
taught by using mischief interactive media was higher than those taught by using conventional media. This study
result is expected to be inspiring schools in developing information and communication technology based learning
material.
Keywords: mathematical concept understanding, audio visual, mischief, relations and functions.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 78 Th 2009, tentang Penyelenggaraan
Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: Depdiknas.
Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. PAKEMATIK (Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK). Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuncoro, dkk. 2014. Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 5. No. 2.
Nugroho, D, Setyo. 2014. Penggunaan Media Interaktif Mouse Mischief Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan
Afektif IPA Pada Kelas IV SDN Pucanggading Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbud. 2014. Permendikbud. No 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Rahayuningrum. 2011. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIF di SMP Negeri Imogiri Bantul. LSM XIX
Lomba dan Seminar Matematika. http://eprints.uny.ac.id/6969/1/Makalah%20Peserta%205%20-
%20Rosalia%20Hera%20Rahayuningrum,%20S.Pd.pdf.
Sa’adah, Alliyatus dan Busthon, Muhammad Amil. 2013. Teknologi Multimouse Interaktif Dalam Penilaian Informal Untuk
Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Malang: International Journal of Education and Research. Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Van De Walle, John. 2008. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 1 Edisi Keenam.
Jakarta:Erlangga.
Wash, Pamela D. 2012. The Power of Mouse!. SRATE Journal. Summer 2012, Vol.21, Number 2, page 39-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):