ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUDIO CERITA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Cholimah, Nur. 2016. Membangun Keaksaraan pada Anak Usia Dini Melalui Model Audio Aku Baca dalam Cerita. Yogyakarta:
disampaikan pada Kegiatan Validasi Rancangan Model untuk PAUD tanggal 18 Mei 2016 di LPP Convention Center,
Demangan.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Davis, Angliah L. 2013. Using Instructional Design Principles to Develop Effective Information Literacy Instruction. The
ADDIE Model. http://crln.acrl.org/content/74/4/205.short. Diakses 20 Juni 2016.
Hackbarth, Steven.1998. The Educational Technology Handbook: A Comprehensive Guide: Process and Products for
Learning. New Jersey: Educational Technology Publications.
Haryati, Isti. 2011. Fabel dalam Pengajaran Literatur dan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pengajaran
Bahasa Asing dan Pendidikan Karakter pada tanggal 10 November 2011 oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryono. 2006. Pengembangan Media Audio. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Naskah Program Audio Pendidikan
BPMR Yogyakarta 17-21 Juli 2006.
Hasanah, L., Dharmayana, I. W., & Delrefi, D. 2014. Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Dengan Menggunakan
Metode Bercerita Berbantuan Media Film/VCD Pada Kelompok B1 TK Gow Curup. Doctoral dissertation, Universitas
Bengkulu
Husaeni, Adian. 2010. Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. http://pf.uad.ac.id/wp-content/
files/pendidikan-islam-membangun-manusia-berkarakter-dan-beradab.pdf. Diakses 22 Juni 2016.
Jaliusril, dkk. 2012. Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek untuk Siswa SMP. Jurnal Teknodik
Pedagogi. Vol.2 No.1 Maret 2012.
KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online. http://kbbi.web.id/karakter. Diakses 22 Juni 2016.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.
McCawley, Paul F. 2009. Methods for Conducting an Educational Needs Assessment. https://www.cals.uidaho.edu/edcomm/
pdf/BUL/BUL0870.pdf. Diakses 20 Juni 2016.
Megawangi, Ratna. tt. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. http://
pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG101.pdf. Diakses 22 Juni 2016.
Muhtadi, Ali. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Sekolah. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/
tmp/Implementasi%20Pendidikan%20karakter%20dalam%20kurikulum%20di%20sekolah.pdf. Diakses 22 Juni 2016.
Nuryanto, Sidik. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dengan Dongeng pada Anak Usia Dini. Ponorogo: Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan tanggal 7 November 2015 di
Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Office of Migrant Education. 2001. Comprehensive Needs Assessment. https://www2.ed.gov/admins/lead/account/
compneedsassessment.pdf. Diakses 20 Juni 2016.
Purwanti. 2014. Upaya Meningkatkan Tanggungjawab Anak dengan Metode Bercerita Bermedia Audio Visual pada Kelompok
A di RA Sholichah Gempolan Kulon Trirenggo Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Rahmawati, Zulfrida. 2012. Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan
Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012.
Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika untuk Penelitian: Administrasi Pendidikan-BisnisPemerintahan-Sosial-Kebijakan-Ekonomi-Hukum-Manajemen-Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Rita. 2014. Meningkatkan Kemandirian melalui Cerita Video pada Anak Kelompok B PAUD Al-Mujadid Kota Lubuklinggau.
Skripsi. Program Sarjana Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Bengkulu. Diakses dari http://repository.unib.ac.id/8704/1/I,II,III,II-14-rit.FK.pdf pada tanggal 21 Juni 2016.
Shufiyati, Efta. 2013. Keefektifan Metode Penanaman Moral Bermuatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Pendidikan Anak
Usia Dini di Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Politik dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri
Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/19972/1/3301409027.pdf pada tanggal 21 Juni 2016.
Smaldino, Sharon E, dkk. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Susanti, Mariana. 2015. Pendidikan dan Hiburan dalam Drama Radio Pendidikan (Analisis Isi Naskah Drama Radio “Generasi
Eduâ€). Makassar: Jurnal Pekommas Vol. 18 No. 1 Hal. 15-26 , April 2015 ISSN: 1411-0385.
Waldopo. 2008. Pemanfaatan Media Audio dan Radio untuk Pembelajaran: Modul 9. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.
Watkins, Ryan; Meiers, Maurya; Visser, Yusra. 2012. A Guide to Assessing Needs. Essential Tools for Collecting Information,
Making Decisions, and Achieving Development Results. Washington: The World Bank.