ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUDIO CERITA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI

Main Article Content

NFn Suparti
Mariana Susanti

Abstract

ABSTRAK: Metode pembelajaran yang banyak digunakan tenaga pendidik di PAUD/TK adalah bermain denganslogan ‘bermain sambil belajar’. Selain metode bermain, ada metode bercerita dan bernyanyi. Metode berceritamerupakan salah satu metode yang efektif untuk memperkenalkan nilai-nilai mulia pada anak usia dini. Tujuan penelitianini adalah mendapatkan data dan informasi mengenai: (1) kemampuan guru dalam bercerita; (2) kebutuhan guruakan media audio cerita pendidikan karakter untuk PAUD; (3) media audio pendidikan karakter untuk PAUD; dan (4)nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa disampaikan melalui media audio bercerita. Penelitian ini dilakukan padabulan Juni 2016. Populasi penelitian adalah guru-guru TK di Propinsi DIY. Sebanyak 20 guru TK menjadi sampelpenelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen kuesioner dan panduan wawancaradigunakan untuk menjaring kebutuhan guru PAUD akan media audio cerita pendidikan karakter untuk anak usia dini.Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan gurudalam bercerita cukup baik meskipun masih memiliki keterbatasan; (2) guru membutuhkan media audio yang dapatdigunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter; (3) media audio pendidikan karakter yang dibutuhkan adalah ceritabinatang; dan (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang disampaikan mengacu pada kurikulum PAUD 2013. Dengandemikian, hasil penelitian menegaskan bahwa guru membutuhkan media audio dalam bentuk cerita binatang untukmembantu menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini.Kata Kunci: cerita, media audio, pendidikan karakter.ABSTRACT: The learning methods that are most widely used by kindergarten teachers is ‘by playing’. It is in accordancewith their popular slogan ‘learning while playing’. Beside in playing, learning can also be carried out in story telling orsinging activities. Storyteling is an effective method that can be applied to introduce noble values to early-aged children.The purpose of this research is to get data and information about: (1) teachers’ ability of conducting storytelling; (2)teachers’ need for audio media on character education story for early-aged children; (3) audio media on charactereducation story for early-aged children; and (4) moral values that can be delivered through audio media of storytelling.This research was done in June 2016. The population of this research was kindergarten teachers in YogyakartaProvince. The sample, 20 teachers, were taken by using simple random sampling. This research applies qualitativedescriptive method by using questionnaire and interview guidance to get to know the need of early-aged childrenteachers. The result shows that: (1) the teachers’ storytelling ability is good enough; (2) there is a need of audio mediafor the teachers to deliver character education; (3) the audio media required is about fables; and (4) the charactervalues delivered refer to the 2013 curriculum of early-aged education. Based on the finding, teachers need fable audiomedia for them to deliver character value education to early-aged children.Keywords: story, audio media, character education.

Article Details

How to Cite
Suparti, N., & Susanti, M. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUDIO CERITA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Teknodik, 20(2), 130. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.242
Section
Articles

References

Cholimah, Nur. 2016. Membangun Keaksaraan pada Anak Usia Dini Melalui Model Audio Aku Baca dalam Cerita. Yogyakarta:

disampaikan pada Kegiatan Validasi Rancangan Model untuk PAUD tanggal 18 Mei 2016 di LPP Convention Center,

Demangan.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Davis, Angliah L. 2013. Using Instructional Design Principles to Develop Effective Information Literacy Instruction. The

ADDIE Model. http://crln.acrl.org/content/74/4/205.short. Diakses 20 Juni 2016.

Hackbarth, Steven.1998. The Educational Technology Handbook: A Comprehensive Guide: Process and Products for

Learning. New Jersey: Educational Technology Publications.

Haryati, Isti. 2011. Fabel dalam Pengajaran Literatur dan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pengajaran

Bahasa Asing dan Pendidikan Karakter pada tanggal 10 November 2011 oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryono. 2006. Pengembangan Media Audio. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Naskah Program Audio Pendidikan

BPMR Yogyakarta 17-21 Juli 2006.

Hasanah, L., Dharmayana, I. W., & Delrefi, D. 2014. Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Dengan Menggunakan

Metode Bercerita Berbantuan Media Film/VCD Pada Kelompok B1 TK Gow Curup. Doctoral dissertation, Universitas

Bengkulu

Husaeni, Adian. 2010. Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. http://pf.uad.ac.id/wp-content/

files/pendidikan-islam-membangun-manusia-berkarakter-dan-beradab.pdf. Diakses 22 Juni 2016.

Jaliusril, dkk. 2012. Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek untuk Siswa SMP. Jurnal Teknodik

Pedagogi. Vol.2 No.1 Maret 2012.

KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online. http://kbbi.web.id/karakter. Diakses 22 Juni 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

McCawley, Paul F. 2009. Methods for Conducting an Educational Needs Assessment. https://www.cals.uidaho.edu/edcomm/

pdf/BUL/BUL0870.pdf. Diakses 20 Juni 2016.

Megawangi, Ratna. tt. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. http://

pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG101.pdf. Diakses 22 Juni 2016.

Muhtadi, Ali. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Sekolah. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/

tmp/Implementasi%20Pendidikan%20karakter%20dalam%20kurikulum%20di%20sekolah.pdf. Diakses 22 Juni 2016.

Nuryanto, Sidik. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dengan Dongeng pada Anak Usia Dini. Ponorogo: Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan tanggal 7 November 2015 di

Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Office of Migrant Education. 2001. Comprehensive Needs Assessment. https://www2.ed.gov/admins/lead/account/

compneedsassessment.pdf. Diakses 20 Juni 2016.

Purwanti. 2014. Upaya Meningkatkan Tanggungjawab Anak dengan Metode Bercerita Bermedia Audio Visual pada Kelompok

A di RA Sholichah Gempolan Kulon Trirenggo Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru

Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rahmawati, Zulfrida. 2012. Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan

Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika untuk Penelitian: Administrasi Pendidikan-BisnisPemerintahan-Sosial-Kebijakan-Ekonomi-Hukum-Manajemen-Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rita. 2014. Meningkatkan Kemandirian melalui Cerita Video pada Anak Kelompok B PAUD Al-Mujadid Kota Lubuklinggau.

Skripsi. Program Sarjana Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas

Bengkulu. Diakses dari http://repository.unib.ac.id/8704/1/I,II,III,II-14-rit.FK.pdf pada tanggal 21 Juni 2016.

Shufiyati, Efta. 2013. Keefektifan Metode Penanaman Moral Bermuatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Pendidikan Anak

Usia Dini di Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Politik dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri

Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/19972/1/3301409027.pdf pada tanggal 21 Juni 2016.

Smaldino, Sharon E, dkk. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Susanti, Mariana. 2015. Pendidikan dan Hiburan dalam Drama Radio Pendidikan (Analisis Isi Naskah Drama Radio “Generasi

Eduâ€). Makassar: Jurnal Pekommas Vol. 18 No. 1 Hal. 15-26 , April 2015 ISSN: 1411-0385.

Waldopo. 2008. Pemanfaatan Media Audio dan Radio untuk Pembelajaran: Modul 9. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Watkins, Ryan; Meiers, Maurya; Visser, Yusra. 2012. A Guide to Assessing Needs. Essential Tools for Collecting Information,

Making Decisions, and Achieving Development Results. Washington: The World Bank.