KONTRIBUSI DIKLAT ONLINE TERHADAP CALON PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Authors

  • Arie Kurniawan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK-Kemendikbud), Indonesia
  • Sudirman Siahaan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk-Balitbang, Kemendikbud), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.241

Keywords:

Diklat Online, Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran, Online Training, Functional Office of Instructional Designers

Abstract

ABSTRAK: Masalah yang menjadi fokus di dalam penelitian ini adalah mengenai kontribusi diklat online bagi calon
pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP) melalui fasilitas portal Rumah Belajar (Portal
Rumbel). Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengkaji sejauh mana kontribusi diklat online terhadap calon pejabat
fungsional PTP, ditinjau dari aspek: (1) jumlah peserta; (2) persentase kelulusan; dan (3) kesulitan-kesulitan yang
dihadapi dalam penyelenggaraan diklat online itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif
yaitu mengolah dan menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari responden dan dokumen serta menyajikannya
secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diklat online mempunyai kontribusi yang cukup besar bagi
calon pejabat fungsional PTP karena: (1) mampu meningkatkan jumlah peserta diklat bagi calon pejabat fungsional
PTP; (2) mampu menghemat biaya pelaksanaan dan transportasi peserta; (3) mampu meningkatkan persentase
kelulusan pada tahun pertama; dan (4) diperlukan kerjasama antara Pustekkom-Kemendikbud selaku penyelenggara
diklat online dengan instansi asal peserta mengenai pemberian tugas tambahan selama mengikuti diklat online.
Kata Kunci: Diklat Online, Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran.
ABSTRACT: The problem focused in this study is about online training contribution for functional official candidates of
instructional designers through the government-managed learning portal called Rumah Belajar. The aim of this study
is to review online training contribution for official candidates of instructional designers from the aspects of: (1) the
number of participants; (2) graduation percentage; and (3) problems encountered in the online training implementation.
The method used is a descriptive analysis by processing and analyzing the data and information obtained from the
respondents and available documents, and then presenting it descriptively. The result shows that online training has
great a contribution for functional official candidates of instructional designers because: (1) it increases the number of
online training participants for functional official candidates; (2) it saves some training cost; (3) it increases the graduation
percentage at the first year; and (4) it needs some collaboration between ICT Centre for Education and Culture
(Ministry of Education and Culture) and the institutions of the participants on the job awarding during the training.
Key Words: Online Training, Functional Office of Instructional Designers.

References

Chaeruman, Uwes A. 2008. Mendorong Penerapan E-learning di Sekolah, artikel dalam Jurnal Ilmiah TEKNODIK Vol. XII No.

, Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional.

Dabbagh, Nada dan Bannan-Ritland, Brenda. 2005. Online Learning: Concepts, Strategies, and Application. New Jersey:

Pearson Education, Inc.

Haryono, Anung. 2001. Belajar mandiri: konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan terbuka/jarak

jauh. Sumber: http://lppm.ut.ac.id/ptjj/ PTJJ%20Vol%202.2%20september%202001/22anung.htm (diakses tanggal 25

Februari 2015).

Jolliffe, Alan & Ritter, Jonathan & Stevens, David. 2001. The Online Learning Handbook: Developing and Using Web-Based

Learning. London: Kogan Page.

Kompas.com. 2011. “Belajar Tanpa Batas di Rumah Belajarâ€. Sumber: Website: http:// edukasi.kompas.com/read/2011/07/

/18332747/Belajar.Tanpa.Batas.di.Rumah. Belajar (diakses tanggal 16 Februari 2015).

Lasmono, Suharto. 2011. Modul belajar mandiri pada pendidikan terbuka jarak jauh. Ciputat-Tangerang Selatan: PustekkomKemdiknas.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Diklat Online Guru Matematika.

Sumber: http://Diklatonline.p4tkmatematika.org/(diakses tanggal 18 Februari 2015).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) Bandung.

Diklat Online Guru IPA. Sumber: http://118.98.221.68/files/pedoman.pdf (diakses tanggal 18 Februari 2015).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan

Luar Biasa (P4TK TK dan PLB) Bandung. Penyusunan dan Penyelesaian KTI. Sumber: http:// etraining.tkplb.org/mod/

page/view.php? id=436 (diakses tanggal 18 Februari 2015).

Pustekkom-Kemdikbud, 2013. Panduan Orien-tasi Peserta Diklat Online Calon Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi

Pembelajaran. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemdikbud.

Pustekkom-Kemdikbud, 2014a. Laporan Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Pejabat Fungsional Pengembang

Teknologi Pembelajaran Secara Online/Daring. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemdikbud.

Pustekkom-Kemdikbud, 2014b. Petunjuk pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Calon Pejabat fungsional pengembang

teknologi pembelajaran secara online/daring. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemdikbud.

Pustekkom-Kemdikbud, 2014c. Data peserta Diklat calon pejabat fungsional PTP tahun 2012-2014. Ciputat-Tangerang

Selatan: Pustekkom-Kemdikbud.

Sadiman, Arief S. 2008. Pemanfaatan ICT untuk Pendidikan Pencegahan HIV/AIDS di Daerah Perbatasan Greater Mekong

Subregion, artikel dalam Jurnal Ilmiah TEKNODIK Vol. XII No. 1, Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi

dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian: model praktis penelitian kuantitatif dan kualitatif, bahan ajar perkuliahan. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tanggal 15 Januari 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Kementerian

Sekretariat Negara Republik Indonesia. Sumber Internet:http://kelembagaan.ristekdikti.go. id/wp-content/uploads/2016/

/UU5-2014_Aparatur_Sipil_Negara.pdf). (diakses tanggal 2 Maret 2015).

Warsita, Bambang. 2011. Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran, artikel

dalam Jurnal Ilmiah TEKNODIK Vol. XV No. 1 (Terakreditasi LIPI), Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi

dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional.

Warsita, Bambang. 2016. Evaluasi bahan belajar Diklat online calon pejabat fungsional pengembang teknologi pembelajaran,

artikel dalam Jurnal Ilmiah TEKNODIK Vol. 20 No. 1, Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan

Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Website:http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/15/18332747/Belajar.Tanpa.Batas.di.Rumah.Belajar (diakses tanggal 2

Maret 2015).

Website:http://djj.pusDiklatteknis.kemenag.go.id/ (diakses tanggal 18 Februari 2015).

Website:www.belajar.kemdikbud.go.id/ptp/ (diakses tanggal 17 Februari 2015).

Website: http://www.pusDiklatteknis.kemenag.go. id/index.php/berita-ilmiah/artikel/125-menuju-Diklat-jarak-jauh-fully-online

(diakses tanggal 31 Oktober 2016).

Published

2017-03-24

How to Cite

Kurniawan, A., & Siahaan, S. (2017). KONTRIBUSI DIKLAT ONLINE TERHADAP CALON PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 20(2), 121. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.241

Citation Check