PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN BANK SOAL DAERAH
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Anwas, O.M., 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang.
Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 21 no 3. hlm 207-220.
Bagus, H.C. 2012. Administrasi Ujian Nasional (UN) Dengan Menggunakan Model Camputerized Adaptive Testing
(CAT).Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol18 no1 hlm 45-53.
Bagus, H. C. 2013. Camputerized Adaptive Testing (CAT) Salah Satu Alternatif Pengganti Paper Based Test (PBT). Jakarta:
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jurnal
Evaluasi & Asesmen Pendidikan. Volume II/No. 01/Juni/2013 ISSN 2303-0070. hlm. 60-72.
Basuki, I., dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2005. Himpunan Peraturan Ketentuan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan
Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah.
Evranita, S.P. 2009. Pemanfaatan Teknologi Di Sekolah Dasar.Jakarta: Fasilitator (4),hlm. 27-33.
Gregory. R. J., 2013. Tes Psikologi Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Edisi Keenam Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Haryanto. 2009. Pengembangan Camputerized Adaptive Testing (CAT) dengan Algoritma Logika Fuzzy. Yogyakarta: Disertasi
Doktor (tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Yogyakarta.
Hermawan, I.K.D., 2011. Evaluasi Program SMP Standar Nasional Berdasarkan Stanndar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 17 (6), hlm 619-635.
Keppell, M. dan Carleess, D. 2006. Learning-oriented assessment:a technology-based case study Assessment in Education:
Principles Policy & Practice. Vol 13 (2), hlm 179-192.
Luecht, R, M., and Sireci, S. G. 2011. A Review of Models for Computer-Based Testing. College Board.
Muslich, M. 2011. Autentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Atif.
Nitko, A.J., dan Susan M. B., 2011. Educational Assessment of Students (Sixth Edition). Boston, M.A: Pearson Education
Inc., Publishing as Allyn & Bacon.
Nizam. 2014. Makalah Kepala Puspendik pada Pengembangan Bank Soal Daerah. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan
Nurhayati, A.S. 2016. Mengintegrasikan TIK Ke Dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Sesuai Kurikulum
Jakarta: Pustekkom, Kemdikbud,Jurnal Teknodik Volume 20 Nomor 1, Juni 2016. hlm 029-046.
Pakpahan, R. 2016. Model Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1 (1) hlm.19-
Panjaitan, M.O., 2014. Implementasi Pendekatan Belajar Aktif di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan 20 (1) Maret 2014 hlm. 194-205.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Pusat Penilaian Pendidikan. 2013. Disain Pengembangan Pemberdayaan Bank Soal di Daerah. Jakarta: Pusat Penilaian
Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putra, N., dan Hendarman. 2012. Metodologi Penelitian Kebijakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Raharjo, S.B. 2014. Kontribusi Delapan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Jakarta: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan 16 (2) hlm. 194-205.
Rogers P. 2015. Makalah Pengembangan Bank Soal Daerah. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Santosa, A. 2009. Computerized Adaptive Testing (CAT) untuk pengukuran hasil belajar mahasiswa unistersitas terbuka.
Yogyakarta:Disertasi doktor, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Siahaan, S. 2014. Pemanfaatan Teknologi lnformasi dan Komunikasi Untuk Pembelajaran: Sebuah Kajian. Pustekkom,
Kemdikbud, Jurnal Teknodik Volume 18 Nomor 3 hlm 273-283.
Suprananto, 2012. Model Computerized Adaptive Test (CAT) Untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan.Jakarta: Pusat Penilaian
Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Value Jurnal Evaluasi &
Asesmen Pendidikan. I (03), hlm. 1-36.
Tilaar, H.A.R., 2015. Pedagogik Teoritis Untuk Indonesia. Jakarta: Kompas.
Triwiyanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Waldopo. 2011. Analisis Kebutuhan Untuk Program Multi Media Interaktif Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan 17 (2) hlm. 244-253.
White, R. C., 2005. Curriculum Innovation. A Celebration of Classroom Practice. Pembaharuan Kurikulum Sebuah Perayaan
Praktik Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Uno, H.B., dan Nina L. 2014. Teknologi Komunikasi & InformasiPembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.