PENGGUNAAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.239Keywords:
students’ activity, microsoft excel formula, learning together, aktivitas siswa, formula microsoft excelAbstract
rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan suatu
model pembelajaran yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa
kelas XII IIS 4 SMA Negeri 2 Pontianak, dalam mempelajari Microsoft Excel pada semester ganjil tahun pelajaran
2015/2016 dengan menggunakan “learning togetherâ€. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas
yang meliputi 2 siklus: (1) Siklus I, yang membahas materi fungsi teks, tanggal, dan waktu; dan (2) Siklus II, yang
membahas materi fungsi statistik dan logika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi
aktivitas siswa, lembar obervasi kegiatan guru, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa. Pada siklus I, persentase
keaktifan siswa adalah 54%, dan pada siklus II, persentase ini naik menjadi 77%. Disarankan kepada guru untuk
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together sebagai model pembelajaran pada materi formula
Microsoft Excel untuk meningkatkan aktivitas siswa. Pembelajaran dengan model learning together mampu membuat
siswa menjadi lebih aktif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Kata Kunci: aktivitas siswa, formula microsoft excel, learning together.
ABSTRACT:Students’ activity in learning information and communication technology (ICT) in classical setting is low.
One of the efforts that teachers can take to cope with this problem is by applying an interresting and innovative
learning model. This research wasaimed to get to know the activity improvement of XII IIS 4 students of SMA Negeri
2 Pontianak, in learning Microsoft Excel in the first semester of 2015/2016 academic year by using “learning togetherâ€.
It applied classroom action research method, that was carried out in two phases: (1) cycle I, i.e. about the material of
text, date, and time functions; and (2) cycle II, i.e. about the material of statistic and logic functions. Data collection was
conducted by using students’ activity observation form, teacher’s activity observation form, and documentation. Data
analysis was conducted by using descriptive qualitative technique. The result indicates some improvement on students’
activity. In cycle I, students’ activeness percentage was 54%, while in cycle II, it increased to be 77%. It is recommended
that teachers should apply cooperative learning with the type of “learning together†as the learning model for the
material of Microsoft Excel formula to improve students’ activity. By using learning together, learning process can
make the students more active so that the learning objectives can be achieved optimally.
Keywords:students’ activity, microsoft excel formula, learning together
References
Arofah, Anastasia Anggarkusuma, dkk.2005. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Menggunakan
Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Surakarta: Jurnal Tata Arta UNS, Vol. 1, No. 1, hlm.
-134 FKIP Universitas Sebelas Maret.
Cahyadi, Nurido, dkk. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together untuk meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Bhineka Karya Surakarta tahun
ajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Nosel Vol 4, No. 2.
Charlinasari, Dyta. 2013. Penerapan Metode Learning Together untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Dalam Pencapaian
Kompetensi Pembuatan Pola Kemeja di SMK Negeri 1 Pandak. Yogyakarta: e-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Khoirun, Moch & Sulistyo, Edy. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Surabaya: Jurnal
Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2 Nomor 3, Tahun 2013, 939 – 944. Universitas Negeri Surabaya.
Kusumah, Wijaya, Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Lesmana, Aris. 2013. Mengenal Formula pada Excel, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013. Bandung: E-book Microsoft
TechNet Wiki. [online], http://arhiez.net diakses 2 September 2015.
Mediatati, Nani. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Keaktifan
dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI B pada Mata Pelajaran Pkn di SMK PGRI Salatiga.Salatiga: Jurnal Penelitian
Pengembangan Kependidikan. Vol.28, No.1, Juni 2012: p.39 -54.
Mujiantini, Yenik, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Surakarta: BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan
Pengajarannya Volume 2 Nomor 1, April 2013, ISSN I2302-6405 Universitas Sebelas Maret.
Nurochmah, Azizah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Together (LT) Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar
Peserta Didik Pada Materi Pokok Lembaga Sosial Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun pelajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Penelitian Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Sosiologi Antropologi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Rahmasari, Santika,dkk.2014. Penerapan Pembelajaran Learning Together (LT) Dilengkapi Adobe Flash untuk Meningkatkan
Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X.6 SMA Negeri Kebakkramat.
Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 4 Tahun 2014 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas
Maret.
Rohman, Arif. 2011. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Sharan, Shlomo. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: CV Familia.
Setyowati, Yuli. 2011. Peningkatan Apresiatif Keunikan Tari Remo melalui Learning Together Siswa Kelas VII-D SMP Negeri
Surabaya, Surabaya: E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 3,[online],http://dispendik.surabaya.go.id/
surabaya belajar/index.php?option=com_fabrik&c=form&view=form&Itemid=2&fabrik=2&tableid=2&rowid=42 diunduh
Juni 2016.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyadi, HM. 2012. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada
Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang: Media Penelitian Pendidikan Vol.
No. 2 Desember 2012.
Syanas, Khusnul Lusi Nursyam, dkk. 2016.Penerapan model learning together (lt) dilengkapi dengan kartu pintar untuk
meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar pada pembelajaran Kimia materi stoikiometri siswa kelas X MIA-1
SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 1 Tahun
Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.
Wahyuni, Sri. 2015. Penerapan Mind Mapping Pada Pembelajaran Kooperatif LearningTogether Dalam Pembelajaran
Matematika Kelas VIII SMPN 12 Padang. Padang: e-journal Universitas Bung Hatta.
Zaini, Hizam, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):