PENGGUNAAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Arofah, Anastasia Anggarkusuma, dkk.2005. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Menggunakan
Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Surakarta: Jurnal Tata Arta UNS, Vol. 1, No. 1, hlm.
-134 FKIP Universitas Sebelas Maret.
Cahyadi, Nurido, dkk. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together untuk meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Bhineka Karya Surakarta tahun
ajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Nosel Vol 4, No. 2.
Charlinasari, Dyta. 2013. Penerapan Metode Learning Together untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Dalam Pencapaian
Kompetensi Pembuatan Pola Kemeja di SMK Negeri 1 Pandak. Yogyakarta: e-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Khoirun, Moch & Sulistyo, Edy. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Surabaya: Jurnal
Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2 Nomor 3, Tahun 2013, 939 – 944. Universitas Negeri Surabaya.
Kusumah, Wijaya, Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Lesmana, Aris. 2013. Mengenal Formula pada Excel, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013. Bandung: E-book Microsoft
TechNet Wiki. [online], http://arhiez.net diakses 2 September 2015.
Mediatati, Nani. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Keaktifan
dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI B pada Mata Pelajaran Pkn di SMK PGRI Salatiga.Salatiga: Jurnal Penelitian
Pengembangan Kependidikan. Vol.28, No.1, Juni 2012: p.39 -54.
Mujiantini, Yenik, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Surakarta: BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan
Pengajarannya Volume 2 Nomor 1, April 2013, ISSN I2302-6405 Universitas Sebelas Maret.
Nurochmah, Azizah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Together (LT) Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar
Peserta Didik Pada Materi Pokok Lembaga Sosial Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun pelajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Penelitian Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Sosiologi Antropologi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Rahmasari, Santika,dkk.2014. Penerapan Pembelajaran Learning Together (LT) Dilengkapi Adobe Flash untuk Meningkatkan
Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X.6 SMA Negeri Kebakkramat.
Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 4 Tahun 2014 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas
Maret.
Rohman, Arif. 2011. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Sharan, Shlomo. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: CV Familia.
Setyowati, Yuli. 2011. Peningkatan Apresiatif Keunikan Tari Remo melalui Learning Together Siswa Kelas VII-D SMP Negeri
Surabaya, Surabaya: E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 3,[online],http://dispendik.surabaya.go.id/
surabaya belajar/index.php?option=com_fabrik&c=form&view=form&Itemid=2&fabrik=2&tableid=2&rowid=42 diunduh
Juni 2016.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyadi, HM. 2012. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada
Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang: Media Penelitian Pendidikan Vol.
No. 2 Desember 2012.
Syanas, Khusnul Lusi Nursyam, dkk. 2016.Penerapan model learning together (lt) dilengkapi dengan kartu pintar untuk
meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar pada pembelajaran Kimia materi stoikiometri siswa kelas X MIA-1
SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 1 Tahun
Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.
Wahyuni, Sri. 2015. Penerapan Mind Mapping Pada Pembelajaran Kooperatif LearningTogether Dalam Pembelajaran
Matematika Kelas VIII SMPN 12 Padang. Padang: e-journal Universitas Bung Hatta.
Zaini, Hizam, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.