STRATEGI PENINGKATAN PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI POLITEKNIK NEGERI BALI

Main Article Content

I Ketut Darma dan I Gusti Lanang Suta Artatanaya

Abstract

Penelitian evaluatif ini terdiri dari 2 (dua) penelitian, yang saling terkait berkaitan, yaitu tentang penyelenggaraan PKL dan PBM dan dilaksanakan selama 2 tahun. Tujuan dan hasil yang diharapkan, yaitu: tahun pertama untuk mendapatkan draf strategi peningkatan pelaksanaan PKL dan Proses Belajar Mengajar di Politeknik Negeri Bali. Sedangkan pada tahun kedua diperoleh balikan yang handal dan valid berupa strategi untuk peningkatkan kualitas penyelenggaraan PKL. Penelitian menggunakan pendekatan evaluatif model Context-Input- Process-Product (CIPP). Kajian difokuskan pada memvalidasi upaya peningkatan latar penyelenggaraan, daya dukung yang digunakan, prosedur penyelenggaraan, dan produk akhir yang dicapai dalam PKL. Validasi dilihat dari persepsi responden terhadap draf upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PKL. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif maupun kuatitatif. Hasil yang didapatkan pada tahun kedua, yaitu: semua upaya-upaya dari draf model yang didapatkan pada tahun pertama dinyatakan valid sebagai strategi meningkatkan kualitas penyelenggaraan. Draf model tersebut direkomendasi sebagai strategi untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan PKL di Politeknik Negeri Bali.

Article Details

How to Cite
I Gusti Lanang Suta Artatanaya, I. K. D. dan. (2013). STRATEGI PENINGKATAN PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI POLITEKNIK NEGERI BALI. Jurnal Teknodik, Hal. 169 – 184. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.19
Section
Articles