EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO “PERMATA NUSANTARA” UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Authors

  • nFN Suparti Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.183

Abstract

Bercerita, bernyanyi, dan bermain merupakan metode pembelajaran di PAUD. Ketiga metode tersebut
diramu dalam media audio pembelajaran “Permata Nusantaraâ€. Permasalahannya adalah apakah media audio
Permata Nusantara efektif sebagai sebuah model media audio pembelajaran. Tujuan evaluasi ini adalah untuk
menilai efektivitas model media audio Permata Nusantara ditinjau dari aspek edukatif, teknis, dan estetis dalam
mencapai tujuan program. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, catatan harian guru,
pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2015. Populasi yang diambil adalah
guru TK/PAUD di Garut, Jawa Barat dan Mamuju, Sulawesi Barat. Sampel diambil dengan teknik purpossive
sampling dan ditetapkan respondenya 20 orang guru. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat efektifitas
dari aspek edukatif adalah sebesar 75,28%; dari aspek teknis sebesar 78,25%, dan dari aspek estetis sebesar
79,75% dengan beberapa catatan perbaikan. Oleh karena itu, Permata Nusantara sangat efektif digunakan
sebagai media pembelajaran di PAUD. Namun demikian, dalam pengembangan selanjutnya model ini perlu
diperbaharui dari sisi durasi cerita audio dan modifikasi penyajian lirik lagu permainannya.

Published

2016-10-26

How to Cite

Suparti, nFN. (2016). EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO “PERMATA NUSANTARA” UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (PAUD). Jurnal Teknodik, 20(1), 85. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.183

Citation Check