EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO “PERMATA NUSANTARA” UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Main Article Content

nFN Suparti

Abstract

Bercerita, bernyanyi, dan bermain merupakan metode pembelajaran di PAUD. Ketiga metode tersebutdiramu dalam media audio pembelajaran “Permata Nusantaraâ€. Permasalahannya adalah apakah media audioPermata Nusantara efektif sebagai sebuah model media audio pembelajaran. Tujuan evaluasi ini adalah untukmenilai efektivitas model media audio Permata Nusantara ditinjau dari aspek edukatif, teknis, dan estetis dalammencapai tujuan program. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, catatan harian guru,pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2015. Populasi yang diambil adalahguru TK/PAUD di Garut, Jawa Barat dan Mamuju, Sulawesi Barat. Sampel diambil dengan teknik purpossivesampling dan ditetapkan respondenya 20 orang guru. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat efektifitasdari aspek edukatif adalah sebesar 75,28%; dari aspek teknis sebesar 78,25%, dan dari aspek estetis sebesar79,75% dengan beberapa catatan perbaikan. Oleh karena itu, Permata Nusantara sangat efektif digunakansebagai media pembelajaran di PAUD. Namun demikian, dalam pengembangan selanjutnya model ini perludiperbaharui dari sisi durasi cerita audio dan modifikasi penyajian lirik lagu permainannya.

Article Details

How to Cite
Suparti, nFN. (2016). EVALUASI MODEL MEDIA AUDIO “PERMATA NUSANTARA” UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (PAUD). Jurnal Teknodik, 20(1), 85. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.183
Section
Articles