PENGEMBANGAN MODEL MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAGI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.182Abstract
mengembangkan kemampuan sosialnya. Penguasaan keterampilan sosial dalam masyarakat dimulai dengan
kemampuan berbahasa, dan dimulai sejak dini. Salah satu aspek tolok ukur dari keterampilan berbahasa adalah
menyimak. Menyimak akan mendukung kemampuan kosakata seseorang sehingga memperlancar kemampuan
berkomunikasinya. Peningkatan kemampuan menyimak pada anak usia dini akhir-akhir ini banyak diabaikan. Beberapa
bahkan hanya fokus pada pengenalan huruf dan angka. Untuk itu, melalui kelebihan-kelebihan media audio, BPMRPK
mengembangkan salah satu model pembelajaran yang memfokuskan pada peningkatan kemampuan menyimak anak
usia dini, yaitu program Aku Kenal Suara Itu (AKSI).Selain pengembangan AKSI, artikel ini juga membahas efektivitas
model media audio pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode mix research yang menggabungkan metode
penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melibatkan 300 anak usia dini dan 88 pendidik PAUD dari 8 propinsi di
Indonesia. Hasil dari penerapan model AKSI untuk peserta didik usia dini menunjukkan nilai 150,50 yang berarti
bahwa desain pembelajaran AKSI layak atau sesuai untuk digunakan sebagai model pembelajaran.Sedangkan hasil
penerapan oleh pendidik dalam pembelajaran, menunjukkan nilai rata-rata 44,50 yang berarti bahwa model ini efektif
untuk digunakan sebagai salah satu desain model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyimak bagi
anak usia dini. Oleh karena itu, model AKSI sesuai dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu model pembelajaran
dalam meningkatkan kemampuan menyimak bagi anak usia dini kelompok usia 4-6 tahun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):