PERILAKU AKSES INTERNET MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH DI SURAKARTA

Authors

  • Djoko Rahardjo Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, PPS – IPB, Indonesia
  • nFN Sumardjo Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, PPS – IPB, Indonesia
  • Djuara P. Lubis Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, PPS – IPB, Indonesia
  • Sri Harijati Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, PPS – IPB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.177

Abstract

Media internet sudah banyak diterapkan untuk berbagai kepentingan dalam dunia pendidikan. Meskipun media internet sudah dikenal luas, mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh yang tinggal di daerah perdesaan di beberapa wilayah Indonesia masih menghadapi permasalahan dalam mengaksesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perilaku mahasiswa dalam mengakses internet dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Perilaku akses internet mencakup tiga komponen utama yaitu kogintif, afektif, dan konatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku akses internet meliputi faktor lingkungan, karakteristik pesan, dan kredibilitas sumber. Penelitian survei ini dilaksanakan di wilayah Surakarta dengan sampel 320 responden. Data dianalisis dengan metode Model Persamaan Struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor lingkungan berpengaruh nyata terhadap perilaku mahasiswa dalam mengakses internet. Ternyata peningkatan akses internet lebih mudah dilakukan dengan peralatan berupa handphone yang lebih murah, namun dibutuhkan pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan peralatan tersebut. Strategi lain yang mendukung peningkatan akses adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menelusur informasi.

Published

2016-10-26

How to Cite

Rahardjo, D., Sumardjo, nFN, P. Lubis, D., & Harijati, S. (2016). PERILAKU AKSES INTERNET MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH DI SURAKARTA. Jurnal Teknodik, 20(1), 1. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.177

Citation Check