Kumpulan Abstrak

Authors

  • nFN Tim Editorial Jurnal Teknodik

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.176

Abstract

PERILAKU AKSES INTERNET MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH DI SURAKARTA

 

INTERNET ACCESS BEHAVIOUR OF DISTANT HIGHER EDUCATION STUDENTS IN SURAKARTA

 

Djoko Rahardjo; Sumardjo; Djuara P. Lubis; Sri Harijati

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, PPS – IPB

dj.rahardjo@ut.ac.id; sumardjo252@gmail.com; djuaralubis@gmail.com; harijati@ut.ac.id

 

(Artikel ini merupakan bagian dari Disertasi:  Rahardjo, D. 2015. Model Akses dan Pemanfaat Internet dalam Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh.  Bogor: Pascasarjana IPB)

 

ABSTRAK:

Media internet sudah banyak diterapkan untuk berbagai kepentingan dalam dunia pendidikan. Meskipun media internet sudah dikenal luas, mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh yang tinggal di daerah perdesaan di beberapa wilayah Indonesia masih menghadapi permasalahan dalam mengaksesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perilaku mahasiswa dalam mengakses internet dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Perilaku akses internet mencakup tiga komponen utama yaitu kogintif, afektif, dan konatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku akses internet meliputi faktor lingkungan, karakteristik pesan, dan kredibilitas sumber. Penelitian survei ini dilaksanakan di wilayah Surakarta dengan sampel 320 responden. Data dianalisis dengan metode Model Persamaan Struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor lingkungan berpengaruh nyata terhadap perilaku mahasiswa dalam mengakses internet. Ternyata peningkatan akses internet lebih mudah dilakukan dengan peralatan berupa handphone yang lebih murah, namun dibutuhkan pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan peralatan tersebut. Strategi lain yang mendukung peningkatan akses adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menelusur informasi.

 

Kata kunci: akses internet, pendidikan jarak jauh, perilaku belajar mahasiswa

 

 

ABSTRACT:

Internet has been widely applied for educational purposes. Although the media is well known, distant higher education students who live in remote or rural areas in Indonesia are still facing problems in accessing it. The purpose of this study is to analyze the relationship between the behavior of the students in accessing the Internet and the factors that influence it. Internet access behavior includes three main components, namely cogintive, affective, and conative components. Factors that influence the behavior include environmental factors, message characteristics, and source credibility. This survey research was conducted in seven districts in Surakarta with a sample of 320 respondents. Data were analyzed in Structural Equation Model method. The result shows that environmental factors significantly affect the behavior of students in accessing the internet. It turns out that the increase in internet access is more easily done with cheaper equipment such as mobile phones, but it is necessary to develop appropriate software for such equipment. Another strategy that supports increased access is improving students’ capability in information searching on the internet.

 

Key words: internet access, distant education, student learning behavior

Published

2016-10-26

How to Cite

Tim Editorial Jurnal Teknodik, nFN. (2016). Kumpulan Abstrak. Jurnal Teknodik, 20(1), v. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.176

Citation Check