PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK

Main Article Content

Dina Ampera
Naomi Juliarti

Abstract

Abstrak:Membatik memerlukan tata cara pembuatan yang bertahap. Akan lebih baik jika tahap-tahap tersebut dijelaskan melalui materi audio-visual sehingga lebih mudah dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media CD Tutorial terhadap hasil belajar membatik siswa SMK Negeri I Berastagi dan seberapa efektifkah penggunaan CD Tutorial tersebut terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam membatik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014, dengan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membatik Kelas Eksperimen cenderung cukup (83%), dan hasil belajar membatik Kelas Kontrol juga cenderung cukup (80%). Uji normalitas data pada taraf signifikan 5% dengan dk = 35, diperoleh data hasil belajar membatik Kelas Eksperimen berdistribusi nomal, Lh<Lt(0,0890<0,1610) dan Kelas Kontrol berdistribusi normal, Lh<Lt(0,0911<0,1610). Uji homogenitas, diperoleh Fh<Ft yaitu 1,53 < 1,89 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians sama (homogen). Hal ini membuktikan bahwa terdapat keselarasan antara data hasil penelitian Kelas Eksperimen dengan Kelas Kontrol. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai Sg sebesar 1,28, nilai th sebesar 6,74, sedangkan nilai tt pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60 sebesar 1,679. Dengan demikian, th>tt (6,74>1,679). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan Media CD Tutorial terhadap hasil belajar membatik. Selain itu, penggunaan CD tutorial menimbulkan kegairahan dan motivasi dalam belajar, yang bermuara pada pencapaian tujuan pembelajaran.Kata Kunci: Membatik, media CD tutorial, tujuan pembelajaranAbstract:Making batik requires step by step procedure. It is better to explain the steps in audio-visual material so that the students can understand them better. This study aims to find out the effect of Media CD Tutorial usage towards batik learning outcomes of SMKN 1 Berastagi students and its effectiveness in improving the students batik learning outcomes. This research was carried out in the second semester of 2013/2014 academic year, with quasiexperimental methods. The result shows that the Experimental Class’ batik learning outcomes tends to be fair (83%), and the Control Class’ batik learning outcomes also tends to be fair (80%). Normality test data on a significant level of 5% with df = 35 results in normal distribution of Experimental Class’ batik learning outcomes, Lh <Lt (0.0890 <0.1610) and normal distribution of Control Class too, Lh <Lt (0.0911 <0, 1610). Homogenity test results in Fh <Ft namely 1.53 <1.89, so both classes have the same variance (homogeneous). This proves that there is harmony between the data of Experimental Class resulted from the research and those of Control Class. Hypothesis test by using t-est results in Sg value of 1.28, the th value of 6.74, whereas tt value at significance level of 5% with n = 60 is 1,679. Thus Th>Tt (6.74> 1.679). It was concluded that there is a significant effect from the Media CD Tutorial usage towards batik learning outcomes. Besides, Media CD Tutorial usage creates passion and motivation of the students to learn, which, in turn, results in the learning objective achievement.Keywords: Making batik, media CD tutorial, learning objective

Article Details

How to Cite
Ampera, D., & Juliarti, N. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK. Jurnal Teknodik, 19(3), Hal. 239–248. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.166
Section
Articles
Author Biographies

Dina Ampera

Fakultas Teknik Universitas Negeri MedanJl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Naomi Juliarti

Fakultas Teknik Universitas Negeri MedanJl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate