Editorial

Main Article Content

Redaksi TEKNODIK

Abstract

Sidang pembaca yang kami hormati, syukur alhamdulillah, berkat rahmat, kurnia dan ijin Allah SWT Jurnal Teknodik Volume IX nomor 3 edisi Desember 2015 dapat hadir di hadapan Anda. Seperti biasa, dalam edisi ini disajikan 10 artikel yang erat kaitannya dengan masalah teknologi pendidikan maupun teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan/pembelajaran. Sepuluh artikel yang kami sajikan berikut ini meliputi tulisantulisan yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian. Selamat menikmati, mudah-mudahan bermanfaat.Siti Rohmah Rohimah dan Ismah, melaporkan hasil penelitiannya yang berjudul Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan microteaching. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan microteaching. Penelitian bersifat kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitiannya adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester 6 yang sedang mengambil mata kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar (Microteaching) tahun ajaran 2012/2013 pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berlokasi di Cirendeu, Tangerang Selatan. Data dikumpulkan dari nilai hasil akhir setiap mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Matematika, dan Perencanaan Pembelajaran Matematika. Nilai kemampuan mengajar dikumpulkan dari kegiatan Microteaching Test Performance setiap mahasiswa yang terintegrasi dalam nilai akhir dari mata kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar. Dari data yang terkumpul dilakukan uji asumsi yang harus dipenuhi dalam regresi linear berganda yaitu uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran (X1), Strategi Pembelajaran Matematika (X2), dan Perencanaan Pembelajaran Matematika (X3) secara bersamaan mempengaruhi nilai mata kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar (Y) secara signifikan. Koefisien determinasi dari model regresi sebesar 0.37. Hal ini berarti bahwa varian nilai mata kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar (Y) mampu dijelaskan sebesar 37% oleh variabel nilai mata kuliah X1, X2, dan X3. Sedangkan 63% sisanya oleh faktor lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan literatur untuk penelitian berikutnya dengan menentukan lebih banyak lagi faktor yang mempengaruhi kemampuan microteaching mahasiswa.

Article Details

How to Cite
TEKNODIK, R. (2016). Editorial. Jurnal Teknodik, 19(3), Hal. ii-v. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.163
Section
Articles