Editorial

Authors

  • Redaksi TEKNODIK

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i2.151

Abstract

Sidang pembaca yang terhormat, selamat bertemu kembali dengan kami melalui Jurnal TEKNODIK di edisi kedua bulan Agustus tahun 2015. Kami hadir dengan menyajikan 10 (sepuluh) artikel yang terbagi atas hasil penelitian dan kajian. Dengan demikian, kami mengharapkan semoga ke-10 artikel yang kami sajikan melalui Jurnal TEKNODIK Volume 19 Nomor 2, edisi Agustus 2015 ini dapat memberikan manfaat dan keluasan wawasan kita semua. Kami juga mengharapkan bahwa para pembaca yang budiman berkenan untuk dapat berbagi, baik pengalaman, hasil-hasil penelitian atau kajian, maupun hasil pengamatan di bidang pengembangan
atau penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran.


Artikel pertama adalah hasil penelitian Ririn Widiyasari tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan metode power teaching konstruktif berbasis e-learning untuk materi program linier yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian mengambil sampel mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester 6, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, menekankan proses pembelajaran yang aktif yang melibatkan aktivitas visual, verbal, dan kinestetik. Tujuan penelitian adalah pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan metode power teaching konstruktif berbasis e-learning. Penelitian menggunakan perangkat pembelajaran model 4-D Thiagarajan yang mencakup pengembangan silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), e-Learning, worksheet, dan Tes Hasil Belajar (THB). Melalui penelitian ini, Ririn Widiyasari berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan metode power teaching konstruktif berbasis e-learning yang mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi, yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Published

2016-04-12

How to Cite

TEKNODIK, R. (2016). Editorial. Jurnal Teknodik, 19(2), Hal. ii-iv. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i2.151

Citation Check