PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR (MODUL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK AKUNTANSI

Authors

  • I Nyoman Sukra
  • Luh Nyoman Chandra Handayani

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i1.150

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan buku ajar (modul) terhadap hasil belajar Bahasa Inggris untuk akuntansi. Penelitian dilakukan pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali.
Sebagai sampelnya dipilih dua kelas yang perolehan nilai hasil pre-tesnya hampir sama (sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil pre-tes ini juga sekaligus digunakan sebagai dasar untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan buku ajar. Data berupa hasil belajar bahasa Inggris selama eksperimen diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa Tes Prestasi. Hasil pre-tes dan hasil tes selama eksperimen dibandingkan untuk mengetahui
berapa yang mengalami dan tidak mengalami peningkatan. Kemudian hasilnya dimasukan ke dalam tabel kontingensi dua kali dua untuk diuji dengan Chi Kwadrat dengan tingkat signifikansi 0,5. Hasil perhitungannya menunjukkan
bahwa nilai x2 selalu lebih besar dari nilai kritisnya (3,841). Ini artinya bahwa penggunaan buku ajar memberi pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris. Pengaruh positif ini diberikan karena buku ajar
ini mampu memfasilitasi kegiatan belajar mandiri mahasiswa. Buku ajar ini dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas, isi materi yang lengkap dan mendalam, mudah dipelajari, metode belajar menyenangkan, menggunakan
bahasa komunikatif, dan alat evaluasi beserta kunci jawabannya.

Kata kunci: buku ajar mandiri (modul), hasil belajar, Bahasa Ingris untuk Akuntansi.

Abtract: This experimental research aims at finding out the influence of using self-instructional book (module) toward learning outcomes of English for accounting. This research was conducted at the Accounting Department of
Bali State Polytechnic. The samples of this research were two accounting classes whose students got almost the same score on pre-test (experimental group and control group).The results of the test was also used as a reference
to find if the utilization of self-instructional book has or does not have positive influence in improving student’s achievement. Data in the form of student’s English Scores during the experiment were collected by using achievement
test. The result of pre-test was compared with the result of test during the experiment to find how many students whose scores got and did not get improvement. The result then inserted in two-times-two Contingency Table to be
tested by using Chi Square with a significance on 0,05 level. The result of Chi Square test shows that x2 value is always higher than x2 critical value (3,841). It means that the use of self instructional book has positive influence on
the result of student’s achievement.This influence is positive because it can facilitate the student’s self-learning activity. The book is completed with clear instructional objectives, complete material, is easy to learn, uses communicative language, has interesting method, and is equipped with evaluation test with key answers.

Keywords: self instructional book, learning outcomes, English for Accounting.

Author Biographies

I Nyoman Sukra

Politeknik Negeri Bali
Bukit Jimbaran, P. O. Box. 80364, Kuta Selatan Tuban, Badung, Bali

Luh Nyoman Chandra Handayani

Politeknik Negeri Bali
Bukit Jimbaran, P. O. Box. 80364, Kuta Selatan Tuban, Badung, Bali

Published

2015-06-16

How to Cite

Sukra, I. N., & Handayani, L. N. C. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR (MODUL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK AKUNTANSI. Jurnal Teknodik, 19(1), Hal. 096 – 103. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i1.150

Citation Check