Editorial
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i1.139Abstract
Penyebarluasan pemanfaatanTIK untuk pendidikan/pembelajaran ke masyarakat luas merupakan salah satu misi yang diemban oleh jurnal Teknodik. Untuk mengawali edisi ini, Jurnal Teknodik menyajikan tulisan Saripudin yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0. Menurutnya, perkembangan di bidang TIK yang begitu cepat menuntut adanya perubahan yang cepat pula dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya bidang pendidikan/pembelajarn. Selanjutnya, Saripudin menyatakan bahwa karakteristik umum model pembelajaran abad pengetahuan berbeda dengan karakteristik pembelajaran abad industrialisasi. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad industrial, seperti belajar fakta, drill dan praktik, kaidah dan prosedur digantikan dengan belajar dalam konteks dunia nyata, otentik melalui problem dan proyek, inkuiri, discovery, dan invensi. Pola belajar yang diterapkan pada masa industrialisasi sudah dianggap tidak cocok lagi di abad pengetahuan, di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, dan teknologi tersebut kini menjadi katalis penting untuk gerakan menuju model pembelajaran di abad pengetahuan. Sehubungan dengan hal ini, Saripudin membahas tentang perancangan model pembelajaran abad 21 dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning, Project Oriented Learning, dan Cooperative Learning dengan teknologi informasi Web 2.0.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):