Pengaruh Literasi Digital Dengan Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Kewirausahaan Digital Siswa Smk Di Depok

Authors

  • Karima putri IPB University, Indonesia
  • Djuara P Lubis
  • Dwi Sadono

Keywords:

Digital Skills, Hasil Belajar, kewirausahaan, SMK, Hasil Belajar Siswa, literasi digital, kecerdasan emosional, kewirausahaan digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kecerdasan emosional, hasil belajar, dan kewirausahaan digital pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode  penelitian deskriptif korelasional melibatkan 327 siswa kelas X dan XI dari empat SMK dengan tingkat akreditasi yang bervariasi. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara serta dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki literasi digital yang tinggi, yang secara signifikan memengaruhi kecerdasan emosional, capaian pembelajaran, dan kewirausahaan digital mereka. Karakteristik orang tua secara signifikan memengaruhi literasi digital siswa, sedangkan karakteristik siswa dan komunikasi keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Literasi digital meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan memfasilitasi akses ke informasi dan pengembangan keterampilan sosial. Selain itu, literasi digital berkontribusi positif terhadap capaian pembelajaran dan memotivasi kewirausahaan digital melalui pemanfaatan platform e-commerce. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya literasi digital dalam pendidikan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam berbagai aspek kehidupan.

This research aims to analyze the influence of digital literacy on emotional intelligence, learning outcomes and digital entrepreneurship in vocational high school (SMK) students in Depok City. The research used a quantitative approach, with descriptive correlational research methods involving 327 class X and XI students from four vocational schools with varying levels of accreditation. Data was obtained through questionnaires and interviews and analyzed using SEM-PLS. The research results show that the majority of respondents have high digital literacy, which significantly influences their emotional intelligence, learning outcomes and digital entrepreneurship. Parental characteristics significantly influence students' digital literacy, while student characteristics and family communication do not have a significant influence. Digital literacy increases students' emotional intelligence by facilitating access to information and the development of social skills. In addition, digital literacy contributes positively to learning outcomes and motivates digital entrepreneurship through the use of e-commerce platforms. These findings underline the importance of digital literacy in education to increase student competence in various aspects of life.

 

References

Agsania, C.T.A., dan Wahjudi, E. (2024). Pengaruh Literasi Finansial dan Pengelolaan Uang Saku terhadap Perilaku Menabung dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Mediasi. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(11).

Azhary, D.A., Suhendar, S., Nuranti, G. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Biodik. 7(2):1–10. doi:10.22437/bio.v7i2.12820.

Bulya, B., dan Izzati, S. (2024). Indonesia's Digital Literacy as a Challenge for Democracy in the Digital Age. The Journal of Society and Media, 8(2), 640-661.

Cahyanto, R. (2024). Transformasi Digital Masyarakat Desa-Kota Melalui Pengembangan Usaha Penyediaan Internet Bum Desa (Kajian di Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung) [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Dasor Y.W., Mina, H., dan Sennen E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. 2(2):19–25. [diakses 6 Maret 2024]. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/2178.

Doho, Y.D.B., Oktara, T.W.O., Indriana I.H., Kraugusteeliana, Putri, D.M., Sitio, H., Irwanto, Masruroh F., Sidik N.A.H., Cahyadiana, W. (2023). Kecerdasan Emosional (Teori dan Aplikasi). Pertama. Doho, Y.D.B. (Editor). Bandung: Widina Media Utama. www.freepik.com.

Ela, E.I., dan Dermawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 51–62. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.991.

Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional

dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi. 1(1):90–98. [diakses 6 April 2024]. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/320.

Haji-Othman, Y., Yusuff, M.S.S., Hussain, M.N.M. (2024). Data Analysis Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in Conducting Quantitative Research. International Journal of Academic Research in Business and Social Science. 14(10): 2380-2388. https://hrmars.com/index.php/IJARBSS/article/view/23364/Data-Analysis-Using-Partial-Least-Squares-Structural-Equation-Modeling-PLS-SEM-in-Conducting-Quantitative-Research.

Harahap, D.S., Sumarno, S., dan Ayub, D. (2023). Literasi Informasi, Lingkungan Keluarga dan Minat Berwirausaha: Bagaimana Pengaruhnya terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Paedagogy, 10(2), 417-430.

Hasanah, U., Safitri, I., dan Harahap, R.D. (2023). Analisis Karakter Gemar Membaca terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa SMP. Semantik, 12(2), 189-202.

Hasanah U, Sukri M. (2023). Implementasi Literasi Digital dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 11(2):177–188. [diakses 28 April 2024]. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/10426.

Hidayat, F.A.N., Rakhmad, W.N., Luqman, Y. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok dan Intensitas Komunikasi Orang Tua-Anak dengan Prestasi Belajar Siswa SMA di Kota Semarang. Interaksi Online. 11(1):499–511. [diakses 6 Maret 2024]. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/37329.

Hidayati, Wediawati, B., Sari, N. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha di Bidang Start-Up (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen. 11(1):38–45. [diakses 6 April 2024]. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/26502.

Indriani, R., Yemmardotillah, M. (2021). Literasi Digital bagi Keluarga Milenial dalam Mendidik Anak di Era Digital. Continuous Education: Journal of Science and Research. 2(2):1–13. doi:10.51178/ce.v2i2.223.

Khairunisa, N.A., Sabaria. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Asset: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 6(2):130–140. [diakses 6 Maret 2024]. https://journal.umpo.ac.id/index.php/ASSET/article/view/7807.

Liora, P.J., Yani, A.T., Meldi, N.F. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Tanjungpura. Satya Widya. 39(2):106–117.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 18(2):91–100. doi:10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Mubin, A., Kamal, H., Irsyadiyah, A. (2023). Islam dan Tradisi Keilmuan. Rausyan Fikr. 19(1):98–111. [diakses 28 April 2024]. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/98-111/pdf.

Nada, F., Bahruddin. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Kampung Kalisuren Kab. Bogor. 11(2).

Najmudin, M.F., Khotima, N.A., Lubis, R.F. (2023). Peran Orang Tua terhadap Psikologis Anak Rantau Melalui Komunikasi Jarak Jauh. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan). 10(1):88–99. doi:10.21009/jkkp.101.08.

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(6):9230–9244. doi:10.31004/basicedu.v6i6.3318.

Nurhuda. (2022). Landasan Pendidikan. Gazali N. (Editor). Malang: Ahlimedia Press. www.ahlimediapress.com.

Pramudyo, G.N. (2023). Literasi Web: Definisi, Keterampilan dan Konteksnya di Indonesia. Anuva. 7(2):345–354.

Prasetya, D. (2022). Peran Literasi Digital Keluarga dalam Upaya Mengurangi Kecanduan Gawai pada Anak. Jurnal Syntax Admiration, 3(1), 70-82. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i1.377.

Prihatini, M., Muhid, A. (2021). Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. 6(1):23–40. doi:10.33367/psi.v6i1.1307.

Putra, R.A., Sadono, D. (2024). Examining The Relationship Between Innovation Characteristics and Extension Support When Using Jajar Legowo As An Agricultural Innovation. Jurnal Agrisep: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis., siap terbit.

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah. 8(2):55. doi:10.20961/jpi.v8i2.66437.

Rezeki, M.T., Lucia, R.I. (2022). Pengaruh Pendidikan, Penduduk, Pencari Kerja terhadap Kesempatan Kerja di Jawa Barat 1985-2020. Journal Perdagangan Industri dan Moneter. 10(2):135–150.

Rimporok, P.B. (2015). Intensitas Komunikasi dalam Keluarga untuk Meminimalisir Kenakalan Remaja di Desa Maumbi, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. OLEH. Volume IV.

Ririen, D., Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education. 8(1):210–219. doi:10.30998/rdje.v8i1.11738.

Rohyadi, K., Wicaksono, L., dan Fergina, A. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penggunaan Media Sosial pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 12(3): 1039-1044. Dapat di akses di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb.

Sabah, A., Aljaberi, M.A., Hajji, J., Fang, C.Y., Lai, Y.C., dan Lin, C.Y. (2023). Family Communication as a Mediator between Family Resilience and Family Functioning under the Quarantine and COVID-19 Pandemic in Arabic Countries. Children, 10(11), 1742.

Scharrer, E., dan Ramasubramanian, S. (2021). Quantitative Research Methods in Communication; The Power of Numbers for Social Justice. Routledge Taylor & Francis.

Setiawan Z., Santosa, A.D., Sembel, H. (2023). Kewirausahaan Digital. https://www.researchgate.net/publication/371724102.

Subijanto. (2012). Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18(2):163–173. [diakses 28 April 2024]. https://www.neliti.com/publications/124688/analisis-pendidikan-kewirausahaan-di-sekolah-menengah-kejuruan.

Syahril, R., Priatna, P., Hutomo, A., dan Wulandari, S. (2024). The Impact of Technology on Family Communication. Golden Ratio of Data in Summary, 4(2), 1001-1009. https://doi.org/10.52970/grdis.v4i2.754.

The World Top 20 Project. (2023). International Education Database. [diakses 6 Agustus 2024]. https://worldtop20.org/education-database/.

Tyas, E.F.W., Listiadi, A. (2021). Pengaruh Uang Saku, Pembelajaran Akuntansi Keuangan, dan Pengalaman Kerja terhadap Perilaku Keuangan dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 13(1):95–107. [diakses 6 April 2024]. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/33751.

Ulfah, R.Z., Alrasyid, H., Hidayati, I. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa pada Program AWMM Universitas Brawijaya. El-Aswaq: Islamic Economic and Finance Journal. 3(2):626–638.

Yenes, E., Yusuf, A.M., Afdal. (2021). Bimbingan Karir bagi Siswa SMK sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling. 6(2):95–101. doi:10.23916/08924011.

Yudha, D.K., Irawan, I., Khuntari, D. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMP Pusaka Bangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi. 7(1):17–28. doi:10.56873/jimik.v7i1.261. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1733844.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

putri, K., Lubis, D. P., & Sadono, D. (2024). Pengaruh Literasi Digital Dengan Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Kewirausahaan Digital Siswa Smk Di Depok . Jurnal Teknodik, 119–132. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1193

Citation Check