Pengaruh Penggunaan Cd Interaktif Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Dodi Herdiana Institut Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

Interactive CD, Learning Result, Learning Interest, Math

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Pembelajaran menggunakan CD Interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Martematika Sekolah Dasar; dan 2) Minat belajar Matematika siswa sesudah pembelajaran menggunakan CD Interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain penelitiannya menggunakan penelitian kelompok kontrol eksperimen dengan pra-tes dan pasca-tes. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 2 Sudalarang yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan pembelajaran dengan CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Sudalarang 2 Sukawening, Garut; dan 2) Minat belajar siswa pada pelajaran Matematika setelah pembelajaran dengan CD Interaktif lebih tinggi dibandingkan pada pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan CD Interaktif. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada pasca-tes dibandingkan pada saat pra-tes. Nilai rata-rata kelas pada saat pra-tes di mana pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan CD interaktif adalah 39, dan ini masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 60, sedangkan nilai rata-rata kelas pada pasca-tes setelah pembelajarannya menggunakan CD interaktif adalah 65,7. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari hasil pengolahan data secara statistic atas jawaban siswa melalui angket penelitian. Berdasarkan penghitungan secara statistik, diperoleh data bahwa Whitung = 18,5 dan Wtabel untuk n=21 dengan α = 0.05 adalah Wtabel = 59. Kriteria penerimaan Ho jika Whitung > Wtabel. Karena Whitung = 18,5 < Wtabel = 59 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

 

This study aims to find out about: 1) Learning that uses interactive CD to increase the Elementary School students’ Mathematic learning result; and 2) the students’ Mathematic learning interest after using interactive CD. The method applied in this study is the experimental method with a quantitative approach. While the research design uses control group with pre-test and post-test experiments. The population and the samples of this study are all students of class VI SDN Sudalarang 2, amounting 21 students. The study result shows that: 1) Learning with interactive CD for Mathematic in Class VI of State Elementary School Sudalarang 2, Sukawening, Garut can increase the students’ learning result; and 2) The students’ Mathematic learning interest after using interactive CD is higher than before using interactive CD. The increase of students’s learning result is indicated by the increase in class average score in post-test compared to it in pre-test. The class average score in pre-test, when the learning has not applied interactive CD, is 39, and it has not reached the Minimum Completeness Criteria of 60, while the class average score in post-test, when the learning has applied interactive CD, is 65,7. The students’ learning interest increase can be seen from the statistically data processing towards their answers via questionnaire. Based on the statistically calculation, it is recorded that Wcount = 18,5 and Wtable for n=21 with α = 0.05 is Wtable = 59. Acceptance criteria Ho is if Wcount > Wtable. Because Wcount = 18,5 < Wtable = 59, H0 is rejected and Ha is accepted.

References

Adi, A. S., Sugiyanto, & Rusilowati, A. (2018). Identifikasi Profil Kesulitan Belajar Fisika Topik Fluida Statis pada Siswa SMA di Kabupaten Demak. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22475

Andari, I. Y. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263–275. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5765/4138

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (Revisi). Jakarta: Rajawali Pres.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1), 42.

Kemdikbud. (2014a). Kurikulum 2013 (Pedoman Guru Mata Pelajaran Fisika untuk SMA/MA). Kemdikbud.

Kemdikbud. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Kurniawati, I. (2013). Evaluasi Sistem Pemanfaatan Tv Edukasi. Jurnal Teknodik, 17(3), 307–322. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.563

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII. Jurnal Dedikasi, 1(2). http://jurnal.abulyatama.ac.id/index. php/dedikasi/article/viewFile/80/80

Mega, N. A., Nissa, H., & Nugraha, A. (2019). Memfasilitasi Kebutuhan Pemelajar Moderen Melalui Video Instruksional Yang Efektif dan Menarik. Jurnal Teknodik, 23(2), 137–149. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518

Nur Agustiningsih, & Pamungkas, S. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Video Candi Muara Jambi Berbasis Sejarah Lokal pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia.Diakronika, 18(1), 67-87. http:/diakronika.ppj.unp.ac.id.

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2012). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Herdiana, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Cd Interaktif Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 133–146. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1187

Citation Check