POLA KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH

Authors

  • Bambang Warsita

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.113

Abstract

Abstrak:

Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pola pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh dapat berbentuk belajar mandiri, belajar kelompok, tutorial, dan layanan bantuan belajar. Selain itu, hasil kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh menempati posisi dan peranan yang sangat penting. Inti dari pembelajaran adalah bagaimana proses belajar itu terjadi pada diri peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar.

Kata kunci: pendidikan jarak jauh, pembelajaran, belajar mandiri, belajar kelompok, tutorial.

 

Abstract:

This study aims to describe the patterns of learning in distance education. The results of this study indicate that the pattern of learning in distance education can take the form of independent learning, group learning, tutorials, and learning support services. In addition, the results of this study indicate that the learning in distance education has position and a very important role. The essence of learning is how the learning process happened to the learners. Therefore, learning is a process of interaction between educators with learners and learning resources.

Keywords: distance education, learning, self study, study group, tutorial

Author Biography

Bambang Warsita

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud
Jalan RE Martadinata, Ciputat -Tangerang Selatan, Banten 15411, Telepon: 021-7418808

Published

2015-03-08

How to Cite

Warsita, B. (2015). POLA KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH. Jurnal Teknodik, 18(1), Hal. 73 – 83. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.113

Citation Check