PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA -PANDEMI COVID-19 Utilization of the Freedom Teaching Platform for Islamic Education Instruction Post-Pandemic Covid-19

Main Article Content

Rusjdy Sjakyakirti Arifin
Fatma Nurmulia
Ilham
Danish Syifa Anaqi

Abstract

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Pada saat penelitian ini berlangsung, PMM ini sudah dimanfaatkan oleh guru-guru dari sekitar 291.741 sekolah dari seluruh Indonesia, termasuk guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menganalisis pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pendidikan agama Islam di sekolah umum pasca-pandemi Covid-19. Ada tiga subfokus yang akan diteliti dan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan PMM, pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI, serta kendala dalam pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan dan SMA Muhammadiyah 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI dari kedua sekolah tersebut sudah sangat siap memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kinerja pembelajaran mereka. Dari fitur-fitur yang ada, yang terbanyak digunakan adalah fitur Inspirasi dan fitur Mengajar. Sementara itu, fitur pengembangan diri masih kurang diminati oleh guru-guru PAI. Ditemukan juga ada beberapa kendala dalam pemanfaatan PMM ini secara optimal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak yang berkepentingan
The Freedom Teaching Platform or Platform Merdeka Mengajar (PMM) is a technology platform developed by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology to facilitate teachers and principals in teaching, learning, and working. When this research was conducted, PMM had been utilized by teachers from around 291,741 schools all over Indonesia, including Islamic Education teachers. This study analyzes the utilization of PMM to improve the quality of learning, especially in Islamic Education in public schools after the COVID-19 pandemic. Three sub-focuses will be studied and analyzed in this study, namely the readiness of Islamic Education teachers to utilize PMM, the utilization of PMM for Islamic Education learning, and obstacles in utilizing PMM for Islamic Education learning. The research was conducted using a descriptive qualitative approach using interviews, observations, and document reviews. The research was conducted in two schools, namely SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, South Tangerang and SMA Muhammadiyah 2 Padang. The study results showed that Islamic Education teachers from both schools were very ready to utilize PMM to improve their learning performance. Of the existing features, the most used are the Inspiration feature and the Teaching feature. At the same time, the Professional Development feature was still less popular for Islamic Education teachers. It was also found that several obstacles in the optimal use of this PMM need attention from all interested parties.
 
 

Article Details

How to Cite
Arifin, R. S., Nurmulia, F. ., Ilham, & Syifa Anaqi, D. (2024). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA -PANDEMI COVID-19: Utilization of the Freedom Teaching Platform for Islamic Education Instruction Post-Pandemic Covid-19 . Jurnal Teknodik, 1–13. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1125
Section
Articles

References

Alshammary, F. M., & Alhalafawy, W. S. (2023). Digital Platforms and the Improvement of Learning Outcomes: Evidence Extracted from Meta-Analysis. Sustainability, 15(2), 1305. https://doi.org/10.3390/su15021305

Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Sutama, & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arifa, F. N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya. Info Singkat, XIV(9), 25–30.

Arifin, F., Ulfiana, E., & Admojo, W. (2020). Optimalisasi Platform Digital Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23–32. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20

Arifin, R. S., Darmansyah, D. F., Ramadi, R., Alfariji, M. D., Dhaifullah, A. M., & Wijaya, M. F. (2023). Workshop on the Implementation of Blended Learning in Instruction at Vocational Senior High School. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.61650/jip

Arifin, R. S., & Wihda, N. S. (2022). Online Learning for Islamic Education in the Insan Madani Integrated Islamic Junior Secondary School 8 Tangerang Selatan During The Covid-19 Pandemic: A Case Study. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 52–74.

Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

BSKAP Kemdikbudristek. (2023). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 028/H/KR/2023 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2023/2024 (pp. 1–5920). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap I (pp. 1–2466). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar Platform as a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. https://doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858

Cetinkaya, L. (2017). The Impact of Whatsapp Use on Success in Education Process. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(7). https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i7.3279

Darnita, Y., Wibowo, S. H., Toyib, R., Muntahanah, M., & Witriyono, H. (2022). Sosialisasi Platform Teknologi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 96–106. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i1.1710

Decuypere, M., Grimaldi, E., & Landri, P. (2021). Introduction: Critical studies of digital education platforms. Critical Studies in Education, 62(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1866050

Ditjen PAUD Dikdasmen. (n.d.). Data Sekolah. Data Pokok Pendidikan. Retrieved December 19, 2023, from https://dapo.kemdikbud.go.id/sp

Fadillah, H. (2023). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama Pada Sekolah Binaan. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1).

Furman, O., & Baryshevskiy, A. (2024, February 5). E-Learning Website Development: Building an Online Learning Platform in 2024. Mind Studios. https://themindstudios.com/blog/online-learning-platform-development/#typesofelearningplatforms

Gupta, A. (2020). Role of Video-Conferencing Platforms to Change the Face of Communication During the Lockdown. In Multidisciplinary Subjects for Research (Vol. 1, pp. 322–327). Redshine Publication. https://www.researchgate.net/publication/343921484

Indrayanti, W. M., Suci, K. W., Duhita, M., Prihartanti, N., & Lestari, S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bagi Guru Sekolah Dasar: Tantangan dan Hikmah. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1/6-6/6.

Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D. H., Hasibuan, U. R. A., & Wirahayu. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. Journal on Education, 05(03).

Kemendikbudristek. (2022a). BUKU SAKU PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. https://drive.google.com/file/d/1hmEcflRkbSCR1Gi-IUxkfwOdShrX_LO_/view

Kemendikbudristek. (2022b). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Rrepublik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix%20Salinan%20JDIH_Kepmen%20Perubahan%2056%20Pemulihan%20Pembelajaran.pdf

Kemendikbudristek. (2022c). Apa Itu Platform Merdeka Mengajar? https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar-

Kemendikbudristek. (2022d). Merdeka Mangajar Ruang Kolaborasi. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4813507899801-Tentang-Platform-Merdeka-Mengajar#:~:text=Platform%20Merdeka%20Mengajar%20adalah%20platform,Pembelajaran%20(belajar.id).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Source Book (3rd ed.). SAGE Publication.

Nissa, H., & Jamalullail. (2023). Difusi Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Pemanfaatan Bantuan Kuota Internet. Jurnal TEKNODIK, 27(1), 63–80. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/994/525

Nur, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di MTS Negeri 1 Makassar. Jurnal Educandum, 8(1), 121–128.

Ouadoud, M., Rida, N., & Chafiq, T. (2021). Overview of E-learning Platforms for Teaching and Learning. International Journal of Recent Contributions from Engineering, Science & IT (IJES), 9(1), 50. https://doi.org/10.3991/ijes.v9i1.21111

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (n.d.). Kenali Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran. Retrieved December 19, 2023, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Rivas, A. (2021). The Platformization of Education: A framework to Map the New Directions of Hybrid Education Systems. In Learning and Assessment.

Sa’diyah, I. S., Oktavia, R., Bisyara, R. S., & Badrudin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA. Khazanah Multidisiplin, 4(2), 348–362. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/kl

Saptomo, W. L. Y., & Rimawati, E. (2020). Path Analisis Technology Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 130–138. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.235

Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, & Suliana, R. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(01), 63–72. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas

Setyawan, D., & Syamsuryawati, S. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Terhadap Pemahaman Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 428–436. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2917

Suryati, S., Wahyuningsih, S., Disurya, R., Ermini, E., Sardana, L., Husnulwati, S., Jumroh, J., Najib, M., Sukardi, S., Puspita, Y., & Rukiyah, S. (2021). Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital Dimasa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Edmodo. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 97. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5455

Tim Pusdatin. (2023, March). Kemendikbudristek Bersama Komunitas Mendorong Pemanfaatan Teknologi dalam Kurikulum Merdeka . Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/kemendikbudristek-bersama-komunitas-mendorong-pemanfaatan-teknologi-dalam-kurikulum-merdeka

Turiekeeva, A. J. (2021). The Importance of Distance Education. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(02), 1626–1633. https://doi.org/10.47750/cibg.2021.27.02.171

Valencia, H. G., Enriquez, J. A. V., & Agredo, P. M. (2017). Strategies Used by Professors through Virtual Educational Platforms in Face-To-Face Classes: A View from the Chamilo Platform. English Language Teaching, 10(8), 1. https://doi.org/10.5539/elt.v10n8p1

Yamin, M. (2022). Blended Learning Model Pembelajaran Pasca Pandemi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 285–289. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2762