PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AR ”TEREDAMAN” BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1112Keywords:
multimedia pembelajaran interaktif, Augmented Reality (AR), Pembelajaran IPA SD.Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan Multimedia Interaktif Augmented Reality ‘TereDaman’ berbasis Problem Based Learning (PBL) yang layak digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Subjek pada penelitian ini adalah 17 orang peserta didik kelas V SDN Rawamangun 07 Pagi serta 3 orang ahli sebagai validator yaitu Ahli media, Ahli materi dan Ahli Bahasa yang ketiganya merupakan dosen PGSD FIP UNJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan model ADDIE yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuisioner analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, serta angket respon siswa terhadap media. Hasil Penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji validasi ahli materi sebesar 86,11% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media memperoleh persentase sebesar 96,05% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan ahli bahasa sebesar 87,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kemudian, berdasarkan uji coba peserta didik one to one, small group dan field test memperoleh persentase sebesar 96,43%, 97,62%, dan 96,43% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif AR ‘TereDaman’ Berbasis PBL inilayak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
This research aims to develop Interactive Multimedia Augmented Reality ‘TereDaman’ based on Problem Based Learning (PBL) which is suitable for use and is able to improve science learning outcomes on the Human Circulatory System material. The subjects in this research were 17 class V students at SDN Rawamangun 07 Pagi and 3 experts as validators, namely media experts, material experts and language experts, all three of whom were lecturers at PGSD FIP UNJ. This research uses the R&D (Research & Development) research method with the ADDIE model which is carried out only up to the development stage. This research uses a Mix Methods approach using data collection techniques in the form of interviews and needs analysis questionnaires, expert validation sheets, and student response questionnaires to the media. The results of this research are based on the validation test results of material experts of 86.11% in the Very Good (SB) category, media experts obtained a percentage of 96.05% in the Very Good (SB) category, and language experts 87.5% in the category Very Good (SB). Then, based on one to one, small group and field test student trials, they obtained percentages of 96.43%, 97.62% and 96,43% in the Very Good (SB) category. So it can be concluded that the PBL-based AR Interactive Multimedia ‘TereDaman’ is feasible and effective for use in learning science material on the human circulatory system for fifth grade elementary school students
References
Barus, M. (2022). Literasi Sains dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, 5, 17–23.
Cantika, M. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran PPKN Di Kelas IV SD.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 (1st ed.). Penerbit Kepel Press.
Hasan, M. (2021). Pembelajaran Digital (1st ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Ichsan, Suharyat, Y., Santosa, T. A., & Satria, E. (2023). Effectiveness of STEM-Based Learning in Teaching 21 st Century Skills in Generation Z Student in Science Learning: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 150–166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2517
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model - Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Munawaroh, I., Sulthoni, & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p190
Priyadi, G. (2021). “Pengembangan Media Belajar Interaktif berbasis Game Augmented Reality Card pada muatan IPA Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar”, skripsi (Jakarta). FIP Universitas Negeri Jakarta.
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348
Ramadhan, F. (2022). “Pengembangan Media Ular Tangga Lara Cinta Berbasis Augmented Reality dalam muatan Pembelajaran IPS Sekolah Dasar”, skripsi. FIP Universitas Negeri Jakarta.
Rohmah, N., Sari, N., Yuli, T., Siswono, E., & Lukito, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Android Debit Air Berbasis Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.36526/tr.v%vi%i.1511
Salsabila, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Sumantri, M. syarif. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):