PENGARUH PENGGUNAAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Nadania Intan Nabila Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1112

Keywords:

multimedia pembelajaran interaktif, Augmented Reality (AR), Pembelajaran IPA SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif Augmented Reality ‘TereDaman’ berbasis Problem Based Learning (PBL) yang layak digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Subjek pada penelitian ini adalah 17 orang peserta didik kelas V SDN Rawamangun 07 Pagi serta 3 orang ahli  sebagai validator yaitu Ahli media, Ahli materi dan Ahli Bahasa yang ketiganya merupakan dosen PGSD FIP UNJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan model ADDIE yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuisioner analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, serta angket respon siswa terhadap media. Hasil Penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji validasi ahli materi sebesar 86,11% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media memperoleh persentase sebesar 96,05% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan ahli bahasa sebesar 87,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kemudian, berdasarkan uji coba peserta didik one to one, small group dan field test memperoleh persentase sebesar 96,43%, 97,62%, dan 96,43% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif AR ‘TereDaman’ Berbasis PBL ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

This study aims to find out about: 1) Learning to use the Interactive CD in improving learning outcomes at Martematika Elementary School. 2) Interest in learning mathematics students after learning using Interactive CD.The method used in this study is the experimental method with a quantitative approach. While the research design using control group study pre-test and post-test experiments. The population in this study were all students of class VI SDN Sudalarang 2, amounting to 21 people. While the sample is also berjumlahg 21 students, because in this case the sample size is equal to the total population.Based on the research results, obtained findings related information or data issues raised in this thesis so that it can be concluded that: 1) .Penggunaan learning with Interactive CD can improve student learning outcomes in math class VI in State Primary School Sudalarang 2 Sukawening Garut. This is evident from the acquisition of test scores increased significantly from the average grade on the pretest by 39.0 which has not reached the minimum completeness criteria (KKM) Mathematics 60 were treated with the average value of these to 65.7 in post-test results. 2). Minat student learning in elementary school math after using learning with Interactive CD is higher than a previous study that did not use the CD Interactive Mathematics learning. This is evident from the data processing based on statistical

calculations were taken from the results of the questionnaire responses of the students through research. Based on statistical calculations, data was obtained in the field as a result of the study that Whitung = 18.5 and Wtable for n=21 with α = 0.05 is Wtable = 59. Ho's admission criteria if Whitung > Wtable. Since Whitung = 18.5 < Wtable = 59 then H0 is rejected and Ha is accepted.

 

References

Adi, A. S., Sugiyanto, & Rusilowati, A. (2018). Identifikasi Profil Kesulitan Belajar Fisika Topik Fluida Statis pada Siswa SMA di Kabupaten Demak. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22475

Andari, I. Y. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263–275. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5765/4138

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (Revisi). Jakarta: Rajawali Pres.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1), 42.

Kemdikbud. (2014a). Kurikulum 2013 (Pedoman Guru Mata Pelajaran Fisika untuk SMA/MA). Kemdikbud.

Kemdikbud. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Kurniawati, I. (2013). Evaluasi Sistem Pemanfaatan Tv Edukasi. Jurnal Teknodik, 17(3), 307–322. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.563

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII. Jurnal Dedikasi, 1(2). http://jurnal.abulyatama.ac.id/index. php/dedikasi/article/viewFile/80/80

Mega, N. A., Nissa, H., & Nugraha, A. (2019). Memfasilitasi Kebutuhan Pemelajar Moderen Melalui Video Instruksional Yang Efektif dan Menarik. Jurnal Teknodik, 23(2), 137–149. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518

Nur Agustiningsih, & Pamungkas, S. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Video Candi Muara Jambi Berbasis Sejarah Lokal pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia.Diakronika, 18(1), 67-87. http:/diakronika.ppj.unp.ac.id.

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2012). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Intan Nabila, N., Syarif Sumantri, & Linda Zakiah. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Teknodik, 41–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1112

Citation Check