PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID KELAS XII DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KODULAR

Designing an Android-Based Geography Learning Media for 12th Grade Using Kodular Application

Authors

  • Akhmad Huda Huda MAN 1 Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • Faiz Zahro MAN 1 Pasuruan, Indonesia
  • Ita Jazariyah MTsN 1 Pasuruan Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1102

Keywords:

Media Pembelajaran, Geografi, Kelas XII, Android, Aplikasi Kodular, Metode Waterfall, Black-box Testing

Abstract

Pembelajaran Geografi untuk siswa masih mengandalkan metode konvensional. Guru memberikan penjelasan melalui ceramah dengan bantuan media papan tulis, sementara siswa mencermati isi buku pelajaran selama proses pembelajaran. Pendekatan ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif, kurang menarik, serta lambat dipahami oleh siswa. Hal ini pada akhirnya memengaruhi tingkat prestasi mereka sehingga perlu dirancang sebuah media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang menarik khususnya pada mata pelajaran Geografi kelas XII dengan memanfaatkan aplikasi Kodular berbasis Android. Perancangan media pembelajaran ini menggunakan metode waterfall, yang terdiri atas tahap analisis kebutuhan perangkat lunak, desain perangkat lunak, pembuatan kode program, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran menggunakan metode Black-box testing yang difokuskan pada fungsionalitas aplikasi untuk memastikan pemenuhan spesifikasi kebutuhan. Hasil pengujian dengan metode Black-box testing menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid dengan semua tombol dan halaman berfungsi dengan baik. Dampak penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam konteks pendidikan Geografi di tingkat kelas XII.

 

Geography learning for students still relies on conventional methods. Teachers provide explanations through lectures using a chalkboard, while students follow the content of textbooks during the learning process. This approach results in less effective, less engaging, and slower comprehension by students. Consequently, it affects their academic performance, necessitating the design of an attractive learning medium. This research aims to design a Geography learning medium for grade XII using the Kodular application based on Android. The design of this learning medium employs the waterfall method, which consists of software requirements analysis, software design, coding, testing, and maintenance stages. The learning medium was tested using the Black-box testing method, focusing on the application's functionality to ensure it meets the specified requirements. The results of the Black-box testing indicate that the learning medium is valid, with all buttons and pages functioning properly. The impact of this research can contribute positively to the development of relevant and effective learning media in the context of Geography education at the XII grade level

References

Maulana, Khalid, Sesmiarni, Zulfani, Zakir, Supratman, dan M., Iswantir. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 1010–1018. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.214.

Muyasir, Muyasir, dan Musfikar, Rahmat. (2022). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Android Menggunakan Web Kodular. Jintech: Journal of Information Technology, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.22373/jintech.v3i1.1564.

Nuriyanto, Muhammad Zaid, Astutik, Sri, dan Nurdin, Elan Artono. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 144. https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33208.

Purnama, Fery, dan Aminuddin, Fattachul Huda. (2023). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Peta pada Mata Pelajaran Geografi SMPN 16 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 5(1), 145–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.

Purnia, Dini Silvi, Rifai, Achmad, dan Rahmatullah, Syaifur. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek, 1–7. Diambil dari jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.

Puspitasari, Henny, Nurbani, dan Fatmawati, Erni. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 487–497. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2925.

Rahman, Muklis. (2024). Perancangan Augmented Reality Perangkat Jaringan sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.986.

Ridwana, Riki, Nafisyah, Vina Aulia, Yani, Ahmad, Setiawan, Iwan, Waluya, Bagja, Mulyadi, Asep, dan Rosyana, Melina. (2022). Pengembangan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Siswa dan Kualitas Pembelajaran Geografi di Sekolah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 268–286. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5501.

Satriani, Nimas, Ani, Hety Mustika, dan Mardiyana, Lisana Oktavisanti. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android dengan Platform Kodular pada Materi Pengantar Ilmu Ekonomi untuk Siswa Kelas X di SMAN Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 11(2), 122–130. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p122-130.

Tamami, Rosid. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Lingkaran. Jurnal Teknodik, 25(1), 1. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.649.

Wahid, Aceng Abdul. (2020). Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, 1–5. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Aceng-Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf.

Wibowo, Moch Ari. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring dan APK Builder. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 8(1), 58–63. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.7820.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Huda, A. H., Faiz Zahro, & Ita Jazariyah. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID KELAS XII DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KODULAR: Designing an Android-Based Geography Learning Media for 12th Grade Using Kodular Application . Jurnal Teknodik, 15–27. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1102

Citation Check