STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.109Abstract
Abstrak:
Kegagalan proses pembelajaran tidak selamanya karena faktor kemampuan siswa, melainkan ada faktor lain yang lebih menentukan yaitu aspek komunikasi. Iklim komunikasi akan mempengaruhi minat siswa dalam mengikutin kegiatan pembelajaran. Untuk itu guru harus mampu menggunakan komunikasi yang baik agar dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi komunikasi guru dalam memotivasi siswa untuk belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi komunikasi verbal dan nonverbal dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Strategi verbal meliputi penggunaan kata-kata yang positif dan kata-kata yang memotivasi, sedangkan strategi nonverbal dengan menjalin kedekatan dengan siswa dan memperhatikan gerakan tubuh. Oleh karena itu guru disarankan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara verbal dan nonverbal melalui pelatihan-pelatihan terutama pelatihan-pelatihan komunikasi.
Kata kunci: guru, strategi komunikasi, verbal dan nonverbal, motivasi belajar.
Â
Abstract:
Students’ ability is not always the factor in the failure of the learning process, but there is other factor which is communication. The aspect of communication will affect the students’ interest in the learning activities. Consequently, teachers must be able to use good communication in order to motivate students to learn. This study aims to look at the communication strategies of teachers in motivating students to learn. The method used is a qualitative method. The subjects of the study were students, teachers and principals. The data were collected and obtained through observation and in-depth interviews. The data was analyzed by using qualitative descriptive. The result of the study indicates that the teachers use verbal and nonverbal communication strategies in fostering student motivation. Verbal strategies include the use of the positive and motivating words, whereas non-verbal strategies implemented by establishing close proximity with students and observing their movement of the body. It is therefore recommended that teachers have communication training to improve the ability to communicate verbally and nonverbally.
Keywords: teacher, communication strategy, verbal and nonverbal, motivation to learn.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):