PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Mohamad Adning, S.Pd, M.Pd Mohamad Adning, S.Pd, M.Pd

Abstract

Abstrak:Pemanfaatan dan penggunan sumber belajar di arah kepada pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan karakter. Dari berbagai sumber belajar yang ada, diantaranya adalah perpustakaan. Tanpa disadari Perpustakaan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pendidikan karakter, karena perpustakaan sebagai wadah pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, informasi dan rekreasi bagi peserta didik. Melalui tulisan ini akan digambarkan jenis perpustakaan yang ada, fungsi, peranan dan sumbangan perpustakan sebagai media pengembang pendidikan karakter.Kata Kunci: Perpustakaan, Media Pembelajaran, Pendidikan Karakter.Abstract:Utilization and use of learning resources are driven to the formation of national character through character education. Among the variety of learning resources, library is one of them. Library unwittingly becomes an inseparable part of character education, because the library functions as a forum for managing the collection of stationery, printed works, and/or professional record with a standardized system to meet the needs of education, information and recreation for students. This paper describes the types of existing libraries and its functions, role and contribution as media in developing the character education Keywords: library, character education.

Article Details

How to Cite
Mohamad Adning, S.Pd, M.Pd, M. A. S. M. (2013). PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Teknodik, Hal. 202–212. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.102
Section
Articles
Author Biography

Mohamad Adning, S.Pd, M.Pd Mohamad Adning, S.Pd, M.Pd

Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Pustekkom Depdikbud