Ketertarikan, Perhatian, Perasaaan Senang, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Menggunakan Chatbot Akutansi

Students’ Attraction, Attention, Pleasure, and Engagement in Using Accounting Chatbot

Authors

  • Ardiansyah Politeknik Negeri Ambon, Indonesia
  • Hindri Febri Ana Sari Politeknik Negeri Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1009

Keywords:

accounting, chatbot, student interest, learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengetahui persentase tingkat akurasi chatbot akuntansi; dan b) untuk mengetahui nilai level dan kategori variabel minat dengan indikator ketertarikan, perhatian, perasaan senang, dan keterlibatan dalam menggunakan chatbot akuntansi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data primer merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Responden adalah sebanyak 54 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas dua pengujian, yakni: 1) uji blackbox; dan 2) user acceptance test (UAT). UAT terhadap variabel minat terdiri atas empat indikator: ketertarikan, perhatian, perasaan senang, dan keterlibatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian akurasi blackbox yang mencakup pengujian validasi dan pengetahuan sistem chatbot mencapai 100%. Hasil UAT menunjukkan nilai level variabel minat sebesar 2,89 dengan indikator ketertarikan sebesar 2,90, perhatian sebesar 2,86, perasaan senang sebesar 2,82, dan keterlibatan sebesar 2,96 yang semuanya berada pada kategori tinggi dalam menggunakan chatbot akuntansi. Indikator keterlibatan merupakan satu-satunya indikator yang berada pada nilai level tertinggi. Kebaruan penelitian ini terletak pada implementasi chatbot akuntansi sebagai media belajar di luar kelas.

The objective of this study is a) to find out the percentage of accounting chatbot accuracy; and b) to find out the value level and category of interest variable with its indicators of attraction, attention, pleasure, and engagement in using accounting chatbots. This is a descriptive quantitative study. Primary data is the type of data used in this study. The data collection instrument is a questionnaire. The respondents are 54 students. The data analysis technique in this study consists of two tests: 1) blackbox test; and 2) user acceptance test (UAT). UAT on the interest variable consists of four indicators: attraction, attention, pleasure, and engagement. The result of this study shows that the blackbox accuracy test, which includes validation test and chatbot knowledge system test, reaches 100%. The UAT result indicates the level value of interest variable of 2.89 with the attraction indicator’s level value of 2.90, attention of 2.86, pleasure of 2.82, and engagement of 2.96 which are all in the high category in using accounting chatbots. The engagement indicator is the only indicator with the highest level value. The novelty of this study lies on the implementation of accounting chatbots as learning media outside of the classroom.

References

Abilowo, K., Santoni, M. M., & Muliawati, A. (2020). Perancangan Chatbot Sebagai Pembelajaran Dasar Bahasa Jawa Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 16(3), 139. https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2010

Afrianto, I., Irfan, M. F., & Atin, S. (2019). Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 99–109. https://doi.org/10.34010/komputika.v8i2.2273

Ahmad, N. A., Hafiz, M., Hamid, C., Zainal, A., & Baharum, Z. (2019). UNISEL Bot: Designing Simple Chatbot System for University FAQs. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(2), 4689–4693. https://doi.org/10.35940/ijitee.B9067.129219

Akhirman, A. (2021). Pengaruh Aplikasi Zoom Kuliah Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi – UMRAH Pada Masa Pandemi Covid 19. Bahtera Inovasi, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/bi.v3i2.3327

Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minar Belajar Siswa (Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa). Pustaka Ilmu. https://publication.umsu.ac.id/index.php/bk/article/view/797

Andy, H., & Saiful, A. (2018). PENGARUH PERASAAN, KETERTARIKAN DAN KETERLIBATAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK PADA SMA PABA BINJAI. Visipena Journal, 9(2), 406–426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470

Ardiansyah. (2020a). IMPLEMENTASI AKUNTABILITAS MELALUI EVALUASI ONLINE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JURNAL MANEKSI, 9(1), 355–361. https://doi.org/https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.401

Ardiansyah. (2020b). Efektivitas Praktikum Mandiri Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Youtube Selama Covid-19. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 265–286. https://doi.org/10.21632/saki.3.2.265-286

Ardiansyah. (2022a). Pelatihan Teknologi Informasi Akuntansi untuk Penyusunan Notes to Financial Statements ( CALK ) pada Ponpes Darud Da’wah Wal-Irsyad Mattoanging. SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 6–11. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/sorot/article/view/2380

Ardiansyah. (2022b). Virtual Synchronous Learning of Manufacturing Accounting In Supporting Learning Effectiveness. Jurnal Teknodik, 26(1), 49–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.vi

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). ANALISIS ANTUSIASME SISWA DALAM EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN PLATFORM QUIZIZZ. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Bagaskara, A. D. B., & Putra, I. N. T. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Secara Daring Aplikasi Google Classroom Di SMPTK Galang Kasih. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.21009/JPI.051.06

Chandra, A. Y., Kurniawan, D., & Musa, R. (2020). Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 208. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1505

Damayanti, S., Rusmiati, R., & Sinta, V. (2020). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XDI SMK ISTIQLAL SIDOMULYO. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.635

Dutta, D. (2017). Developing an Intelligent Chat-bot Tool to assist high school students for learning general knowledge subjects. Georgia Institute of Technology, 13. https://smartech.gatech.edu/bitstream/handle/1853/59088/final_paper_ddutta31.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://smartech.gatech.edu/handle/1853/59088

Guntoro, G., Loneli Costaner, & Lisnawita, L. (2020). Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 291–300. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.5049

Hidayah, D. U. (2022). Prototipe Knowledge Sharing System Kerajinan Tangan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 326–339.

Ika, K., Sarifudin, S., & Widawati. (2021). Need Analysis For The Development Of Instructional Video On Physics For Senior High School. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 107–118. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/733/503

Janah, N. M., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 98–116. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.54

Lestari, K. ., & Mokhammad, R. . (2017). Peneltian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Martiningsih, R. R. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8. Jurnal Teknodik, 35. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.344

Mohammad, S. J., Hamad, A. K., Borgi, H., Thu, P. A., Sial, M. S., & Alhadidi, A. A. (2020). How artificial intelligence changes the future of accounting industry. International Journal of Economics and Business Administration, 8(3), 478–488. https://doi.org/10.35808/ijeba/538

Muhammad, A. F., & Adila, F. (2021). PENGEMBANGAN CHATBOT PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN DIALOGFLOW. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 25–37. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1821

Muhammad, A. F., & Alimudin, A. (2019). Developing web-based english reading-aloud practice app with dictation method using speech recognition technology. International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing, IES-KCIC 2018 - Proceedings, 268–273. https://doi.org/10.1109/KCIC.2018.8628497

Nuryani, E., Asrori, K., & Ruhiawati, I. Y. (2022). Aplikasi Absensi Mengajar Dosen Berbasis Web Dengan Menerapkan Schedule Access Control. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 23–38. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1362

O. El-Saadawi, A. El-Saadawi, and M. E.-S. (2019). A Proposed Framework of an Intelligent Arabic Chatbot for Teaching Islamic History. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, 5(4), 14–24. http://www.sign-ific-ance.co.uk/index.php/IJASAT/article/view/1865

Purwitasari, N. A., & Soleh, M. (2022). Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Parocessing. Jurnal IPTEK, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.31543/jii.v6i1.192

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 67. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5002

Rahmawati, K. P., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 61–68. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448

Ruindungan, D. G. S., & Jacobus, A. (2021). Pengembangan Chatbot untuk Layanan Informasi Interaktif Akademik menggunakan Framework Rasa Open Source. 10(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.10.1.2021.31150

Rusnawati, R., Abustang, P. B., Alam, S., & Cayati, C. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Minat Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 463–469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1980

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sarosa, M., Kusumawardani, M., Suyono, A., & Sari, Z. (2020). Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 6(3), 317. https://doi.org/10.26418/jp.v6i3.43191

Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2021). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899

Senduk, H. Y., & Sitokdana, M. N. N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Gudang Berbasis Website (Studi Kasus Slingbag Salatiga). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 373–383. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1503

Setiawan, A., Saragih, N., Kurniawan, H., & Sari, A. B. P. (2020). Aplikasi Layanan Informasi Penjualan Pada Pt . Ouzen Anugerah Indonesia Menggunakan Api . Ai Berbasis Android. Ftik, 4(2), 519–531.

Sihombing, D. J. C., & Wirapraja, A. (2018). Tren Penerapan Artificial Inteligence Pada Bidang Akuntansi, Energi Terbarukan Dan Proses Industri Manufaktur (Studi Literatur). Jurnal EKSEKUTIF, 15(2), 302–315.

Situmorang, B. J., Kirana, K. C., & Kurniawan, I. S. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan kampus, dan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 105–115. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38514

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura publishing.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Wijaya, T., Rusli, M., Syah Rany, E., & Fryonanda, H. (2020). Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV. Unomax Indonesia. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 110. https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v6i2.45

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ardiansyah, & Sari, H. F. A. . (2023). Ketertarikan, Perhatian, Perasaaan Senang, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Menggunakan Chatbot Akutansi : Students’ Attraction, Attention, Pleasure, and Engagement in Using Accounting Chatbot. Jurnal Teknodik, 33–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1009

Citation Check